Yuk Cobain 5 Makanan Khas Jambi yang Lezat ini, Pasti Kamu Ketagihan

2 min read

makanan khas jambi

Makanan Khas Jambi – Jambi merupakan sebuah provinsi yang berada di bagian tengah pulau Sumatera yang mungkin tidak banyak didatangi wisatawan. Namun ternyata Jambi menyimpan keindahan alam serta wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan loh! Terdapat banyak makanan khas Jambi yang lezat serta dapat dijadikan oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Penasaran? Yuk cobain 5 makanan khas Jambi yang lezat berikut ini.

1. Makanan Khas Jambi Nasi Gemuk

makanan khas jambi
image.google.com

Kamu mungkin tidak familiar dengan makanan khas Jambi yang satu ini. Nasi gemuk ini memang hampir mirip seperti nasi uduk yang ada di Jakarta, ataupun nasi lemak khas Malaysia. Makanan ini terbuat dari beras yang ditambahkan dengan daun pandan, santan, daun salam serta daun jeruk yang akan membuat aromanya semakin menyegarkan. Nasi Gemuk sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan yang disajikan dengan ayam goreng dan telur.

2. Makanan Khas Jambi Daging masak itam

makanan khas jambi

Salah satu makanan khas dari Jambi yang lezat dan wajib kamu coba adalah daging masak itam. Makanan ini terbuat dari daging sapi khas dalam yang diolah dengan tambahan kelapa, jintan, kecap, dan pala bubuk yang membuat tampilannya hitam seperti gosong.

Namun jangan salah, daging masa itam tidaklah gosong. Hanya saja memang warnanya yang pekat akan membuatnya nampak tidak menarik. Padahal daging masak ini sangatlah lezat dan hampir mirip dengan kelezatan semur daging. Sudah mencobanya ? dijamin pasti akan membuatmu ketagihan loh!

3. Makanan Khas Jambi Sup Tulang

makanan khas jambi

Siapa yang tidak tahu sup tulang ? makanan khas Jambi ini memang menjadi favorit banyak orang, hal ini karena kelezatannya yang tidak mungkin bisa kamu lewatkan. Sup tulang memiliki rasa yang hampir sama dengan sup iga, namun rasa sup tulang lebih gurih dan juga unik.

Meskipun namanya sup tulang, bukan berarti kamu hanya mendapatkan tulang dan tidak bisa merasakan lezatnya daging sapi loh! Karena saat menyantap sup tulang ini, pastinya akan ada sisa daging yang masih menempel pada tulang yang disajikan tersebut. Sup tulang ini memilikia aroma kaldu sapi yang khas dan sangat menggiurkan, dijamin akan membuatmu ketagihan.

4. Makanan Khas Jambi Gulai Tepek Ikan

makanan khas jambi
google.com

Gulai tepek ikan merupakan salah satu makanan khas Jambi yang biasanya disajikan pada saat – saat penting saja, seperti acara adat, upacara pernikahan maupun hari raya. Hal ini karena Gulai Tepek Ikan dianggap sebagai makanan bersejarah, serta menjadi makanan yang sangat spesial bagi masyarakat Jambi.

Gulai Tepek Ikan berbahan utama ikan gabus yang dimasak seperti gulai ikan pada umumnya. Namun perbedannya adalah terletaka pada kuahnya yang diberi campuran potongan tomat dan sayuran segar yang menambah cita rasanya. Kamu berkunjung ke Jambi? Yuk cobain masakan khas Jambi yang lezat satu ini!

5. Makanan Khas Jambi Kue Srikaya

makanan khas jambi
image.google.com

Selain kuliner khas Jambi yang berkuah dan bersantan seperti diatas, ternyata Jambi juga mempunyai kudapan khas yang sangat lezat dan legit. Salah satu makanan khas Jambi yang cocok untuk pelengkap minum teh mu di sore hari adalah kue srikaya.

Meskipun dinamakan kue srikaya, makanan ini ternyata terbuat dari tape yang diolah dengan santan loh. Untuk pewarna alaminya, kue srikaya menggunakan daun pandan dalam memberikan warna hijau yang segar dan menarik mata. Jadi selain warnanya yang menarik, aroma nya yang khas pandan akan menggugah selera.

× Kirim Pesan