makanan khas sunda

Makanan Khas Sunda yang Populer

Kuliner Indonesia memang memiliki kelezatan masing-masing. Salah satu kuliner yang bisa membuat kamu tergiur adalah Makanan Khas Sunda. Suku Sunda ini berada di bagian barat pulau Jawa. Sunda juga memiliki kuliner khas yang lezat dan bisa membuat kamu tergiur untuk mencobanya.

Lantas, apa sajakah makanan khas Sunda yang bisa membuat kamu tergiur dan tergiur? Untuk mengetahui penjelasan terkait hal tersebut, yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Makanan Khas Sunda Nasi Liwet

Makanan khas Sunda yang pertama adalah nasi liwet. Nasi liwet merupakan makanan yang biasanya disajikan saat ada acara. Nasi liwet biasanya disajikan dengan ikan teri, tahu, ayam goreng, dan lainnya. Hal yang unik dari nasi liwet ini adalah nasinya yang terasa sedikit manis dengan wangi yang menguar dari santan kelapa.

2. Kuliner Khas Sunda Nasi Timbel

Sebenarnya, nasi timbel ini hampir sama dengan nasi liwet. Yang membedakan nasi liwet dengan nasi timbel ini adalah penyajiannya. Umumnya, nasi timbel disajikan dengan bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Untuk lauk pelengkap nasi timbel, kamu dapat menambahkan sayur, ikan asin, atau lauk lainnya. Sangat menggiurkan bukan?

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom juga termasuk makanan khas Sunda yang bisa membuat kamu tergiur. Makanan satu ini berasal dari Sunda tepatnya dari Tasikmalaya. Nasi tutug oncom merupakan campuran nasi dengan olahan kedelai alias oncom.

Biasanya, nasi tutug oncom disajikan dengan tambahan lauk pelengkap. Misalnya seperti ikan asin, tempe, dan lain-lain. Makanan khas ini akan semakin lengkap dan unik karena adanya sambal hijau dalam hidangannya.

4. Makanan Khas Sunda Karedok

Sebagian orang menganggap bahwa karedok ini sama dengan gado-gado atau pun lotek. Namun, ketiga makanan ini berbeda. yang membedakan karedok dengan gado-gado dan lotek adalah bumbu kacang pada karedok yang lebih banyak dan melimpah. Karedok ini disajikan dengan sayuran mentah. Untuk pelengkapnya, kamu bisa menambahkan kerupuk bawang di atasnya.

5. Makanan Khas Sunda Lotek

Kuliner khas Sunda yang selanjutnya adalah lotek. Lotek ini hampir sama dengan karedok yang menggunakan bumbu kacang dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Bedanya dengan karedok, lotek ini menyajikan sayuran yang sudah direbus. Misalnya seperti bayam, kapri, dan kacang panjang. Lotek ini dapat kamu nikmati dengan lontong, nasi, atau pun mi.

6. Soto Bandung

Soto Bandung juga termasuk makanan khas Sunda yang bisa membuat kamu tergiur. Pada umumnya, soto Bandung menggunakan daging sapi khas dan juga daging tetelan. Perbedaan soto Bandung dengan soto lainnya adalah tambahan kacang kedelai goreng dan lobak pada kuahnya.

7. Makanan Khas Sunda Sate Maranggi

Sate maranggi termasuk makanan dari Sunda yang sangat terkenal. Pastinya kuliner satu ini bisa membuat kamu tergiur untuk mencobanya. Sate maranggi biasanya menggunakan daging ayam dan juga sapi. Sate maranggi ini juga mempunyai asal usul yang unik dan menarik.

Pada awalnya, sate maranggi merupakan makanan untuk orang China yang menetap di Indonesia, daging yang digunakan pun adalah daging babi. Sebelum dibakar, daging akan direndam terlebih dahulu dalam bumbu. Tentu rasa yang dihasilkan akan sangat lezat dengan bumbu yang meresap sempurna.

8. Makanan Khas Sunda Empal Gentong

Jajanan khas Sunda yang terakhir adalah empal gentong. Empal gentong ini berbeda dari empal pada umumnya. Empal gentong dimasak dalam sebuah gentong dengan kayu bakar. Bahan utama dari empal gentong ini bukan hanya daging saja, ada usus dan babat sapi juga. Empal gentong ini sangat cocok jika dihidangkan dengan nasi dan kucai. Akan terasa lebih nikmat jika dimakan dengan tambahan kuah santan.

9. Kupat Tahu

Makanan ini tergolong dalam makanan yang sangat berat. Terbuat dari bahan nasi dan di lapisi daun kelapa atau plasti kemudian di rebus hingga matang.

Cara penyajian dengan ditambah tahu goreng, tauge, dan di sirami bumbu kacang. Cocok untuk sarapan dan makan siang karena sangat mengeyangkan perut ketika saat akan bekerja.

10. Makanan Bakakak Hayam

Makanan dari Sunda ini memiliki nama yang unik. Sesuai dengan namanya berarti makanan yang mempunyai bahan ayam.

Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu ayama di bumbui kemudian dibakar. Setelah matang biasanya dimakan secara beramai-ramai.

11. Mie Kocok

Sesuai dengan namanya mie kocok terbuat dari mie yang di kocok dengan kaldu sapi. Mie ini biasa terlihat disekitar Bandung. Mie kocok tersaji bersama beberapa topping seperti tauge, sledri, dan bakso.

Cara memakan mie ini dengan mencelupkan ke kuat sapi kemudian di tunggu sampai matang. Setelah matang di angkat dan siap untuk dimakan secara bersama-sama.

12. Batagor

Siap yang tidak kenal dengan nama makanan ini? Hampir semua orang di Indonesia mengenal makana batagor. Batagor singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini terbuat dari campuran ikan tenggiri, sagu, aci, dan kulit pangsit.

Cara membuatnya dengan digoreng kemudian setelah matang biasanya dimakan dengan kecap manis. Banyak sekali orang menjual batagor disekolah dan pinggir jalan.

Selain makanan khas Sunda ini, ada beberapa kuliner khas Sunda lainnya seperti Surabi, Tahu gejrot, Bakso goreng, peuyuem, Dodol garut, kue gemblung, kue cucur, dan es goyobod.

Demikian makanan khas yang ada di Sunda yang terkenal. Ada banyak makanan khas dari Bandung seperti makanan khas Cimahi Bandung yang enak dan terkenal.

Tinggalkan komentar

×