strategi trading saham

Strategi Trading Saham Profesional

Hai sobat pemula trader! Apa kabar kalian, tentu dalam keadaan baik, Tahukan kalian kalau ada strategi trading saham yang kebanyakan orang gunakan?

Bagi mungkin seorang pemula belum terlalu tahu tentang janis gaya trading. Untuk trading saham, forex, dan crypto pasti sama untuk jenis gaya trading.

Di sini akan membahas trading saham saja yaa gaes. Setiap orang memiliki gaya trading sendiri sesuai dengan profil resiko trading. Jika kamu seorang pemula usahakan trading pada saham yang memiliki fundamen bagus.

Namun jika sudah terbiasa dan profesional bisa trading pada saham yang bisa di katakan saham gorengan. Kenapa saham gorengan? Karena saham ini bisa di goreng oleh bandar dan harganya akan naik drastis.

Sekedar informasi saja jika kalian pemula, maka baca dulu artikel ini sampai selesai mungkin kedepannya bisa trading dengan metode ini.

1. Strategi Trading Saham Scalping

Trading scalping merupakan gaya trading dengan cepat mungkin hanya beberapa menit bahakan detik. Seorang trader scalping akan membeli saham hari itu dan dijual hari itu juga. Ntah itu untung atau rugi akan menjualnya dengan memperhatikan win rate tertentu.

Untuk trading saham ini membutuhkan modal yang besar dan punya waktu cukup untuk memantau pergerakan harga saham. Trader scalping tidak menganalisa fundamental, tetapi hanya dengan teknikal saja.

2. Strategi Trading Saham Swing

Trading jenis ini memiliki waktu yang cukup lama, sekitar seminggu atau satu bulan. Trader swing lebih santai dan bisa dilakukan oleh seorang pekerja kantor atau yang sibuk.

Waktu masuk trading swing ketika market sedang down. Lalu para trader swing akan memilih saham yang mempunyai fundamental bagus namun sedang dalam keadaan harga murah. Diharapkan nanti harga akan kembali ke harga wajar sesuai dengan historis harga waktu yang lalu.

Modal untuk trading gaya swing bisa dengan modal kecil. Tentukan harga target untuk take profit dan tentukan juga berapa persen cut loss jika harga turun terus.

3. Day Trading (Trading Saham Harian)

Gaya trading yang ketiga adalah day trading, yang mana trader gaya ini akan membeli dan menjual pada hari itu juga. Memanfaatkan fluktuasi harga pada hari itu.

Analisis yang digunakan hanya teknikal saja seperti menggunakan indikator Moving Avereg, garis trends, Bollinger Band, MACD, dan lainnya. Trader akan masuk ketika harga menyentuh support dan akan take profit ketika menyentuh garis resisten.

Chart yang digunakan dengan waku menitndan time frame harian. Modal untuk gaya trading saham ini disarankan besar agar terlihat hasil. Untuk bahan belajar bisa menggunakan modal kecil juga bisa.

4. Strategi Position Trading

Trading ini merupakan trading dengan jangka yang cukup lama, hampir seperti investasi tetapi dengan waktu lebih pendek. Jangka waktu trading ini bisa seminggu sampai maksimal 1 tahun dengan mengikuti trend harga saham.

Cocok untuk orang yang sibuk dan bekerja dikantor. Bisa pake analisa fundamental dan teknikal kapan akan masuk. Tentukan harga target untuk take profit dan tentukan harga cutloss jika harga turun.

Banyak aplikasi trading yang memiliki fitur untuk analisa fundamental dan teknikal. Gunakan time frame satu tahun dengan chart harian.

5. Investasi Saham

Investasi juga termasuk dalam kategori trading namun jangka panjang. Investasi memiliki waktu yang lama sekitar antara satu tahun hingga 10 tahun bahkan lebih. Investasi biasa di lakukan untuk mencapai tujuan atau impian yang jangka panjang seperti untuk biaya pendidikan anak dan dana pensiun.

Keuntungan investasi jangka panjang adalah bisa mencicil saham sebelum waktu yang ditentukan. Disarankan untuk membeli on weekend agar mendapatkan harga yang bagus.

Demikian beberapa jenis gaya trading saham yang kebanyakan orang gunakan dalam memperoleh cuan atau untung dalam pasar modal. Saran saya belajar banyak ketikan akan mulai trading agar tidak rugi banyak.

Gunakan uang dingin agar tidak pusing ketika nanti rugi. Anggap saja itu uang modap belajar trading sama seperti sekolah juga membutuhkan biaya. Jika ada yang belum paham tentang saham bisa menghubungi kontak kami di bawah mungkin bisa membantu.

Tinggalkan komentar

×