ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Contoh Investasi Jangka Panjang yang Sangat Menguntungkan

3 min read

contoh investasi jangka panjang

Contoh Investasi Jangka Panjang – Saat kita berada pada masa-masa tanggal tua tentunya kita sangat mengharapkan gaji bulanan segera turun. Nah pada saat-saat seperti itu banyak orang terutama ibu rumah tangga telah melakukan perencanaan keuangan yang akan digunakan dalam jangka 1 bulan ke depan. Seorang ibu rumah tangga biasanya akan lebih pandai mengatur manajemen keuangan rumah tangga dibandingkan dengan laki-laki.

Bagi ibu rumah tangga, masa yang sudah dekat dengan tanggal gajian pasti sudah merencanakan pembagian uang tersebut dalamm beberapa kategori. Tentunya pebagian itu tak boleh salah, karena harus disesuaikan dengan prioritas kebutuhan. Namun tak hanya soal kebutuhan sehari-hari saja, investasi pun tak boleh luput dari perencanaan. Jika ingin melakukan investasi perlu tahu ilmu investasi di sini. (Baca: Pengertian, manfaat, dan Tips Investasi)

Terdapat 2 jenis investasi yang bisa kita jalankan yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Sebelumnya kita telah membahas mengenai contoh investasi jangka pendek secara lengkap. Investasi jangka pendek cocok diperuntukkan bagi pemula karena tidak terlalu ribet dan lebih fleksibel.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang sendiri merupakan sebuah investasi membutuhkan jangka waktu yang relatif lama. Ada beberapa contoh investasi jangka panjang yang bisa kalian pertimbangkan jika sudah berniat untuk menjadi investor dalam jangka panjang. Yuk simak uraian lengkapnya berikut ini!

Contoh Investasi Jangka Panjang

1. Contoh Investasi Jangka Panjang, Emas

cara investasi emas

Emas merupakan contoh pertama investasi jangka panjang. Emas dijadikan sebagai aset untuk investasi jangka panjang karena emas sendiri merupakan logam mulia yang memiliki nilai yang tinggi. Hal tersebut karena harga emas juga cenderung naik setiap tahunnya. Keuntungan lain dari investasi emas yaitu tahan pada kondisi inflasi parah sekalipun. Jadi sangat menguntungkan sekali jika kita memiliki emas sebagai investasi masa depan.

Meskipun begitu, tak sembarangan jenis emas yang bisa kita jadikan sebagai investasi. Hanya emas berbentuk batangan dan koin saja yang bisa dijadikan sebagai investasi. Mengapa demikian? Mungkin banyak orang yang senang mengenakan perhiasan emas, dan menurut mereka perhiasan emas yang dikenakan juga merupakan investasi.

Padahal emas dalam bentuk perhiasan belum bisa dikatakan aset investasi. Hal tersebut dapat terjadi karena perhiasan emas yang kita miliki jika di kembali akan dikenakan biaya administrasi. Selain itu, emas dalam bentuk perhiasan juga nilainya bisa berkurang seiring dengan pemakaiannya setiap hari.

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Halal Untung Berlipat!

2. Properti, Investasi Jangka Panjang

bisnis properti

Contoh investasi jangka panjang yang selanjutnya adalah properti. Investasi properti merupakan investasi yang sangat digemari banyak orang karena keuntungan yang didapatkan dari properti ini sangat besar. Selain itu, aset investasi properti juga aman dari serangan inflasi sehingga memperkecil kerugian yang akan terjadi. Namun jika kita ingin berinvestasi properti kita harus lebih giat mengumpulkan modal terlebih dahulu. Yap, memang dibutuhkan modal yang lumayan untuk investasi properti.

Bukan hanya rumah atau apartemen saja, investasi properti ini  juga sering kita temukan dalam bentuk rumah kos. Bisnis rumah kos ini akan menjadi ladang yang subur jika kita membangunnya di sekitar lingkungan kampus.

Baca Juga: Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Untung Milyaran!

3. Investasi dengan Asuransi

asuransi

Contoh investasi jangka panjang yang satu ini juga sangat cocok dijalankan bagi kita yang masih pemula. Mengapa demikian? Karena asuransi merupakan jenis investasi yang memiliki resiko yang kecil akan keruagian, kerusakan, dan lain-lain. Fungsi lain dari asuransi adalah adanya proteksi atau perlindungan baik aset maupun jiwa tergantung dengan jenis asuransi yang kita pilih. Contoh investasi asuransi yang sangat menguntungkan adalah dengan ikut daftar CAR 3i Networks. Keuntungan yang didapat adalah kita bisa mendapatkan Asuranasi, Investasi, dan Penghasilan. (Baca: Cara Daftar CAR 3i Networks)

4. Investasi Reksadana

reksadana

Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang sangat berkembang. Jenis investasi ini sangat cocok dijalankan untuk investor-investor besar dengan modal yang besar pula. Reksadana memberikan keuntungan yang besar, namun memiliki resiko yang cukup besar pula. Keuntungan lain dari reksadana yaitu terdapatnya diversifikasi investasi atau lebih jelasnya penyebaran investasi yang diwujudkan dalam bentuk portofolio. Investasi ini juga sangat dikenal dengan biayanya yang rendah. Efisiensi biaya tersebut merupakan kumpulan dari berbagai permodalan.

5. Investasi dengan Obligasi

investasi obligasi

Contoh investasi jangka panjang yang selanjutnya adalah obligasi. Obligasi sendiri merupakan investasi yang berbentuk surat hutang dan surat bukti peminjaman kepada pihak yang telah emnerbitkan obligasi dalam jangka waktu minimal 1 tahun. Obligasi dapat secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta yang harus dilunasi saat jatuh tempo. Keuntungan yang bisa diperoleh dari obligasi sendiri adalah dengan membandingkan bunga tahuanan yang ita dapatkan.

6. Investasi Saham

investasi saham

Salah satu contoh investasi jangka panjang sekaligus jangka pendek yaitu saham. Sekarang untuk investasi saham semua kalangan sudah bisa investasi ini. Banyak perusahaan yang menawarkan saham dengan modal yang kecil. Agar investasi saham menguntungkan perlu mengetahui cara bisnis saham yang benar, usahakan ada mentornya.

Dengan kamu memiliki saham dari suatu perusahaan berarti kamu berhak mendapatkan deviden atau keuntungan dari perusahaan tersebut sesuai dengan banyaknya saham yang kamu beli. Saham-saham yang memiliki nilai yang tinggi yaitu perusahaan yang mempunyai brand yang terkenal.

Baca Juga: Cara Bisnis Saham untuk Pemula Agar Untung Berlipat

7. Tabungan Berjangka

tabungan berjangka

Tabungan berjangka ini adalah investasi yang bisa kamu ambil untungnya ketika sudah mencapai waktu yang ditentukan. Ketentuan waktu disepakai antara investor dengan perusahaan investasi. Contoh dari tabungan berjangka misalnya auto debet. Manfaat dari investasi jenis ini untuk biaya masa depan ketika jiwa sudah mulai lemah tinggal duduk di rumah saja.

8. Program Pensiun

program pensiun

Banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa program pensiunan. Contoh saja adalah perusahaan asuransi. Dana program pensiun ini akan dikelola oleh perusahaan dan untungya nanti akan ditambahkan dengan dana investor ketika masa pensiun. Program ini banyak diikuti oleh seorang yang kerja di kantor dan  medapatkan gaji tiap bulan. Ayok buruan ikut program dana pensiun agar nanti ketika lanjut usia tinggal santai-santai di rumah.

9. Ilmu Pengetahuan

ilmu pengetahuan

Investasi yang terakhir sering sekali dilupakan oleh semua orang. Yaps, investasi ilmu pengetahuan yang bermanfaat dunia maupun di akhirat. Sebagai orang tua seharusnya membantu anaknya untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya agar kelak nanti ketika dewasa ilmu tersebut akan bermanfaat. Dengan ilmu pengetahuan yang banyak, seseorang akan mudah mencari pekerjaan dan diangkat derajatnya. Baik itu derajat dalam urusan dunia maupun di akhirat kelak.

Yap, itulah beberapa contoh investasi jangka panjang yang bisa jadi referensi bagi kita para pemula. Apapun jenis investasi yang kita pilih alangkah lebih baiknya jika disesuaikan dengan kapasitas yang kita miliki. Karna sejatinya setiap investasi akan menghasilkan keuntungan. Besarnya keuntungan yang akan kita dapatkan bergantung pada modal dan resiko yang mengancam. Siak terus informasi tentang berbagai macam bisnis, kuliner, wisata, dan lain sebagainya hanya di elrajab.com.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan