ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Investasi Emas yang Halal Untung Berlipat!

2 min read

cara investasi emas

Cara Investasi Emas – Sebagian besar masyarakat di Indonesia bahkan hingga seluruh dunia pasti memiliki banyak rencana untuk masa depan mereka. Baik itu dari segi ilmu, teknologi, bahkan investasi. Ketiganya merupakan hal yang sama pentingnya untuk menunjang masa depan masing-masing individu. Investasi sendiri memiliki arti menanam sebuah modal yang dapat berupa uang dan lain-lain baik di perusahaan atau bank dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan.

Khusus untuk investasi sendiri banyak dari mereka yang berinvestasi dalam beberapa bentuk. Ada yang menginvestasikan dalam bentuk uang, saham, properti, hingga investasi dalam bentuk emas. Namun banyak pro kontra yang terjadi pada investasi dalam bentuk emas. Hal tersebut terjadi karena khusus di dalam agama islam sendiri menegaskan bahwa tidak bolehnya menyiman emas dan perak untuk mendapat keuntungan dan tidak menafkahkannya di jalan Allah SWT.

Karena banyak pro kontra yang terjadi mengenai investasi emas ini, maka dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci tentang cara investasi emas yang halal di dalam sudut pandang syariat Islam. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Cara Investasi Emas yang Halal dalam Islam

1. Menentukan Tujuan Pokok Investasi Emas

tujuan pokok investasi emas

Sudah bukan lagi menjadi rahasia umum bahwa investasi merupakan salah satu cara orang mendapatkan keuntungan. Meskipun begitu, pasti banyak dari mereka yang memiliki alasan tertentu untuk menjadikan emas sebagai investasi. Misalnya dalam 10 tahun ke depan ingin berangkat haji atau umrah sekeluarga tentulah membutuhkan biaya yang tak sedikit. Atau misalnya untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak. Jadi kita berinvestasi emas bukan hanya sekedar untuk gaya saja, tetapi memang memiliki rencana masa depan yang membutuhkan biaya banyak.

2. Mengecek Harga Emas

tujuan pokok investasi

Langkah kedua yang harus kita lakukan adalah mengecek harga emas setiap gramnya. Kita bisa cek harga emas melalui situs resmi PT Pegadaian, atau bisa juga dari PT Antam, toko emas dan lain sebagainya. Jika harga emas sedang turun, maka saat itulah yang paling tepat bagi kita untuk membeli emas untuk dijadikan investasi.

3. Menentukan Jenis Emas yang Diinvestasikan

jenis emas

Setelah kita mengetahui harga emas tiap gramnya kita bisa menentukan jenis emas yang akan kita investasikan. Alangkah lebih baiknya jika kita berinvestasi emas yang berbentuk batang atau koin. Sangat tak disarankan jika membeli perhiasan sebagai investasi. Hal ini berkaitan dengan kadar emas yang ada pada emas batangan atau koin berbeda dengan emas yang biasa dijadikan sebagai perhiasan. Selain itu, jika kita membeli emas perhiasan kita akan terkena biaya administrasi dan potongan harga pakai emas sebesar 2% tiap gramnya jika kita akan menjualnya kembali. Oleh sebab itu, pilihlah emas batangan atau koin untuk dijadikan sebagai investasi masa depan.

Baca Juga:

4. Menentukan Berat Emas

berat emas

Mahal tidaknya harga emas sangat tergantung dengan kadar emas dan beras emas itu sendiri. Biasanya emas dalam bentuk batangan dan emas koin memiliki kadar emas 24 karat atau hampir setara dengan emas murni. Namun harga tersebut juga bergantung dengan beratnya emas yang akan kita beli. Semakin berat harga emas tentu saja harganya akan semakin mahal. Sesuaikanlah berat emas yang akan dibeli dengan dana yang kita miliki.

5. Menentukan Tempat Pembelian Emas

tempat beli emas

Setelah menentukan berapa berat emas yang akan kita beli maka langkah selanjutnya adalah memilih tempat pembelian emas yang sudah terpercaya. Tidak disarankan membeli emas disembarang tempat karena banyak sekali penipuan yang terjadi atas nama tempat investasi emas. PT Pegadaian Syari’ah merupakan tenpat investasi emas yang sangat direkomendasikan karena sudah terpercaya dan telah menganut prinsip syariah sehingga tak perlu khawatir lagi berinvestasi emas bagi umat muslim.

6. Membeli Secara Tunai

membeli emas tunai

Dalam syariah lebih baik jika kita membeli emas secara tunai untuk dijadikan sebagai investasi masa depan. Jangan lupa untuk mengeluarkan zakat emas jika telah mencapai nisab dan haulnya.

Itulah pemaparan lengkap tentang cara investasi emas yang halal bagi umat muslim. Berinvestasi itu merupakan suatu hal yang penting untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik lagi. Namun alangkah lebih baiknya jika dibarengi dengan investasi yang nilainya akhirat yang dapat berupa sedekah dan ilu yang bermanfaat.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan