ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tips, Manfaat, dan Pengertian Investasi yang Wajib Kamu Tau!

3 min read

pengertian investasi

Pengertian Investasi – Kata investasi sekarang ini tak luput dari perbincangan di berbagai lapisan masyarakat dan tokoh sosial. Namun, mungkin saja tak semua orang tau apa sebenarnya yang dimaksud dengan investasi itu sendiri. Kebanyakan dari mereka hanya mengikuti trend yang sedang berkembang saja tanpa mengetahui arti dan tujuan dari investasi sendiri.

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini banyak bermunculan beberapa jenis investasi. Kemunculannya tersebut banyak dicari dan di jalankan oleh masyarakat dari berbagai lapisan. Tak hanya itu saja, investasi ternyata juga dapat dijadikan sebagai ladang bisnis bagi mereka yang telah mengetahui ilmunya. Cara yang dapat dilakukan ketika kita hendak berinvestasi sangatlah beragam. Begitu pula dengan jenisnya. Investasi yang paling mudah dilakukan adalah cara investasi emas yang halal, investasi tanah, apartemen, investasi properti, dan masih banyak lagi investasi lainnya yang bisa kita lakukan.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan investasi itu? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas mulai dari pengertian investasi, tips melakukan investasi yang baik dan benar, serta fungsi dari investasi itu sendiri. Oke sebelum kita mulai pembahasan kali ini, alangkah lebih baiknya kalian menyiapkan secangkir teh atau kopi hangat dan cemilan ringan sebagai untuk menemani kalian belajar santai kali ini. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Investasi secara Lengkap!

 

Investasi merupakan suatu penanaman modal dalam perusahaan atau instansi tertentu yang ditujukan untuk membeli barang modan dan perlengkapan produksi yang dibutuhkan. Lebih jelasnya lagi investasi adalah suatu aktivitas menempatkan sebuah dana pada perusahaan dalam satu periode tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penanaman modal yang telah dilakukan.

Seseorang yang melakukan sebuah investasi biasa disebut dengan investor. Istilah dari investasi sendiri sudah menjadi hal yang biasa di dunia bisnis. Hal tersebut disebabkan karena investasi sendiri sangat berkaitan erat dengan hal-hal yang menyangkut keuangan dan perekonomian.

Tips Investasi dengan Minim Modal

tips investasi

1. Menabung Menggunakan Toples Roti

Berinvestasi tak melulu diperuntukan bagi orang yang memiliki banyak modal. Orang yang hanya memiliki modal minim juga bisa berinvestasi. Kita dapat mulai berinvestasi dengan cara menyisihkan sebagian uang kita untuk kemudian kita tabung di toples kue. Mungkin banyak orang yang meremehkan dengan cara ini, namun jika kita bisa terus konsisten menjalankannya itu sangat membantu kita di masa depan.

2. Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Biasanya banyak perusahaan atau instansi pemerintah yang menyediakan fasilitas dana pensiun. Nah, jika dalam perusahaan yang kita tempati juga memberikannya maka segera ikutlah bergabung. Dana pensiun ini sangat bermanfaat untuk kehidupan kita di masa senja. Tak perlu khawatir masalah modal, ikut dalam dana pensiun ini tidak membutuhkan biaya yang banyak. Cukup menyisihkan sebagian kecil dari pendaptan yang kita miliki untuk mempersiapkan masa pensiun.

3. Mulai Berinvestsi Reksadana

Reksadana juga merupakan cara investasi yang tepat karena dapat dijalankan hanya dengan modal terbatas. Bagi para investor pemula dan belum memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang investasi bisa menyisihkan sebagian dari pendapatannya ke dalam reksadana. Jika kita berinvestasi ke dalam reksadana, maka uang yang kita miliki secara otomatis akan dikelola oleh manajer investasi. Jadi kita tak perlu repot-repot menganalisis instrumen investasi apa yang paling baik untuk digunakan.

4. Investasi Online P2P Leading

P2P Leading merupakan singkatan dari Peer to Peer Leading.  Jenis investasi yang satu ini merupakan salah satu jenis investasi yang dapat dilakukan dengan modal yang terbatas. Investasi ini mirip dengan investasi reksadana. Sederhananya, peer to peer leading bekerja dengan cara mempertemukan kita sebagai investor dengan pihak peminjam yang sangat membutuhkan dana untuk digunakan dalam perusahaan atau menambah modal bisnis. Tingkat keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita berinvestasi dengan peer to peer leading ini mampu bersaing dengan investasi reksadana dan saham.

5. Investasi Emas

Emas adalah salah satu barang yang kerap kali dijadikan aset investasi seseorang. Alasan dari kebanyakan orang lebih memilih berinvestasi emas karena emas merupakan barang investasi yang memiliki nilai jual tinggi dan senantiasa naik setiap tahunnya. Kalian dapat mulai berinvestasi emas dengan baik dan benar agar mendapatkan keuntungan yang besar. Cara investasi emas yang halal adalah salah satu ilmu yang wajib kalian ketahui terutama untuk umat islam.

Nah jika kalian sudah siap berinvestasi emas, pilihlah emas dalam bentuk batangan atau koin untuk dijadikan sebagai aset investasi. Banyak orang beranggapan bahwa berinvestasi emas itu bisa sembarang jenis. Anggapan tersebut salah besar, karena jika kita berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan maka kita akan dikenakan biaya admin dan berkurangnya kadar emas dalam pemakaian sehari-hari.

Oleh karena itu, lebih baik tidak menjadikan perhiasan sebagai aset investasi karena kita tak akan mendapatkan keuntungan seperti apa yang kita inginkan.

6. Tempat Investasi Terpercaya

Jika ingin investasi hal pertama yang dilakukan tentu harus mencari sumber tentang tempat atau perusahaan yang menerima investasi terpercaya. Jangan mudah terpercaya dengan ajakan orang untuk gabung investasi. Cek secara detail nama perusahaan yang akan dijadikan tempat investasi seperti profil perusahaan, penghargaan, reputasi, masalah keuangannya, dll.

Dilansir dari Mehran School, berikut ini daftar perusahaan investasi yang sudah diawasi oleh OJK sehingga bisa dikatakan aman:

  1. PT Schroder Investment Management Indonesia
  2. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
  3. PT Eastpring Investments Indonesia
  4. PT Bahana TCW Investments Partners
  5. PT BNP Paribas Investments Partners
  6. PT Mandiri Manajemen Investasi
  7. PT Danareksa Investments Management
  8. PT BNI Asset Management
  9. PT Panin Asset Management
  10. PT CIMB Principal Asset Management
  11. PT Sinarmas Asset Management
  12. PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  13. PT Ashmore Asset Management Indonesia
  14. PT Trimegah Asset Management
  15. PT Syailendra Capital
  16. PT PNM Investment Management
  17. PT RHB OSK Asset Management
  18. PT First State Investments Indonesia
  19. PT AXA Asset Management Indonesia
  20. PT MNC Asset Management

Artikel Terkait:

Manfaat Investasi dalam Kehidupan

manfaat investasi

Dari pengertian investasi yang telah dijelaskan di atas, maka berikut ini akan kita paparkan tentang manfaat investasi bagi masa depan.

1. Menambah Aset

Fungsi investasi yang pertama adalah meningkatkan aset. Misalnya kita membeli sebuah properti dan akan kita jual 20 tahun yang akan datang dengan untung yang berkali lipat.

2. Menjamin Kebutuhan di Masa Depan

Selain sebagai tambahan aset, investasi juga berfungsi untuk menjamin kehidupan kita di masa mendatang. Misalnya suatu produk yang kita investasikan sekarang di masa depan bisa dijual untuk keperluan yang lebih penting misalnya untuk membiayai kuliah anak dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Investasi di CAR 3i Networks

3. Memiliki Gaya Hidup Hemat

Ketika seseorang berinvestasi akan secara otomatis memiliki prioritas tambahan sebagai modal investasi. Hal inilah yang akan membuat kita hidup lebih hemat dan apa adanya.

4. Menghindari Jeratan Hutang

Fungsi investasi lainnya adalah untuk menghindari jeratan hutang ketika kita menghadapi kebutuhan yang mendesak dan dalam jumlah yang besar. Orang yang berkomitmen untuk berinvestasi biasanya merupakan orang yang sangat memperhatikan kehidupan masa depan.

Nah, itulah pengertian investasi, tips, serta manfaat investasi untuk masa depan secara lengkap. Melihat dari keuntungan yang sangat menjanjikan dari investasi, siapkah kalian untuk mulai berinvestasi dari sekarang?

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan