Cara Membuat Proposal Usaha, Skripsi, Penelitian, Kegiatan, Magang

Cara Membuat Proposal – Proposal merupakan suatu rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan secara sistematis dan terperinci. Proposal ini banyak digunakan pada berbagai macam kegiatan. Salah satunya dengan tujuan untuk mendapatkan persutujuan dari pihak lain. Proposal harus di tulis secara jelas dan runtut agar mudah di mengerti oleh pembaca. Oleh karenanya penting untuk mengetahui dasar-dasar membuat proposal yang baik dan benar. Agar proposal yang ditulis bisa dengan mudah di terima pihak tertuju dan di setujui. Untuk mengetahui cara membuat proposal dari masing-masing diatas, simak berikut ini.

Cara Membuat Proposal Usaha

cara membuat proposal usaha

Cara membuat proposal usaha tidak berbeda dengan lainnya. Dengan susunan pendahuluan, isi dan penutup. Dibagian akhir bisa memberikan lampiran-lampiran yang dianggap perlu. Berikut cara membuat proposal usaha yang baik dan benar.

  1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan berisi perkenalan. Yang mana isinya terdapat latar belakang usaha, visi, misi, gambaran usaha dan kondisi pasar bisnis.

  1. Isi

Pada bagian isi terdapat banyak sub bab, yang pertama yakni profil badan usaha. Pada bagian ini terdapat jenis usaha, nama perusahaan dan lokasi. Bagian jenis usaha ini berisi bidang usaha yang di jalankan. Nama perusahaan biasa di isi dengan nama perusahaan atau brand/merk dari produk usaha. Usahakan memberika nama perusahaan atau nama brand yang unik agar membuat pembaca tertarik. Terakhir pada lokasi usaha, sebutkan lokasi usaha.

Bagian kedua yakni struktur organisasi perusahaan. Apabila perusahaan memiliki struktur organisasi yang jelas mulai dari pemilik hingga para pegawai, sebutkan dengan lengkap dan jelas.

Bagian ketiga ada produk usaha. Ini merupakan bagian yang penting. Salah satu faktor yang akan menentukan proposal akan diterima atau tidak. Pada bagian ini tuliskan jenis produk usaha, langkah dan cara membuat produk serta apa keunggulan produk dibandingkan dengan produk dari perusahaan lain.

Bagian keempat terkait target pasar. Selain produk, target pasar ini juga menjadi hal yang penting. Uraikan secara rinci apa saja yang menjadi target pasar. Target pasar harus ditulis secara jelas agar sasaran dari produk tersebut juga benar-benar bisa sampai di tangan konsumen.

Bagian kelima adalah promosi dan pemasaran. Pada bagian harus dituliskan secara jelas bagaimana promosi yang akan dilakukan dan bagaimana metode pemasaran yang akan digunakan. Apakah menggunakan direct selling, atau melalui media sosial dan lain sebagainya.

Bagian keenam berupa laporan keungan. Disini bisa dijelaskan secara rinci alokasi dana, perhitungan laa dan perhitungan bagi hasil usaha.

  1. Penutup

Bagian penutup harus dibuat dengan menarik. Buat semacam kesimpulan dan kalimat yang menarik untuk meyakinkan investor agar tertarik untuk menyetujui proposal tersebut. Dan jangan lupa ucapkan terimakasih pada investor.

  1. Lampiran

Pada bagian ini bisa disertakan bisa tidak. Namun akan lebih baik bila memberikan lampiran seperti biodata pemilik usaha, surat izin usaha, sertifikat usaha dan surat perjanjian usaha.

Cara Membuat Proposal Skripsi

cara membuat proposal skripsi

Dibanding proposal lainnya, proposal skripsi ini lebih bersifat ilmiah. Artinya apa yang ditulis harus bisa di pertanggung jawabkan secara ilmiah. Proposal skripsi ini terdiri dari bab 1, bab 2 dan bab 3. Berikut cara membuat proposak skripsi

  1. BAB 1. PENDAHULUAN

Bab 1 proposal skripsi biasa ditulis dengan BAB 1. PENDAHULUAN. Pada bab 1 ini berisi latar belakang mengapa memilih judul tersebut, rumusan masalah yang berisi permasalahan yang akan diteliti berdasarkan latar belakang, kemudian tujuan dan manfaat yang ingin dicapai dengan meneliti hal tersebut.

  1. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Bab 2 pada proposal skripsi ditulis dengan BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA. Di dalamnya terdapat beberapa sub bab lagi. Untuk penelitian kuantitatif berisi Penelitian terdahulu, landasan teori dan hipotesis. Sedangkan pada penelitian kualitatif hanya terdapat penelitian terdahulu dan tinjauan pustaka. Namun, ada beberapa penelitian kualitatif yang juga menggunakan hipotesis.

  1. BAB 3. METODOLOGI PENELITIAN

Pada bab 3 ini berisi metodologi penelitian. Pada bagian metodologi ini berisi jenis penelitian, tempat dan waktu penelitian, cara pengambilan sampel, cara penentuan lokasi penelitian, data dan sumber data, dan cara analisis data. Bab 3 ini lebih kepada desain atau rancangan yang akan digunakan saat proses penelitian.

Cara Membuat Proposal Penelitian

cara membuat proposal penelitian

Cara membuat proposal penelitian ini hampir sama dengan membuat proposal skripsi. Langkah-langkahnya sebagai berikut

  1. BAB 1 PENDAHULUAN

Pada latar belakang berisi latar belakang permasalahan, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian.

  1. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Tinjauan pustaka ini berisi landasan teori, kerangka teori, kerangka konsep penelitian dan hipotesis.

  1. BAB 3. METODE PENELITIAN

Bab ini berisi rancangan dari penelitian yang akan dilakukan isinya antara lain jenis penelitian, populasi dan sampel, lokasi dan waktu penelitian, variabel, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, teknik pengolahan data dan metode analisis data.

  1. DAFTAR PUSTAKA

Pada bagian ini berisi daftar sumber yang digunakan atau di kutip baik dalam bab 1,  bab 2, maupun bab 3. Aturan penulisan daftar pustaka bisa dilihat pada panduan.

  1. LAMPIRAN

Lampiran ini berisi dokumen pendukung atau dokumen tambahan untuk memperkuat isi dari proposal penelitian.

Cara Membuat Proposal Kerja Praktek

cara membuat proposal kerja praktek

Kerja praktek dilakukan untuk mendapat pengalaman biasanya dilakukan oleh mahasiswa aktif kuliah. Cara membuat proposal kerja praktek sebagai berikut

  1. BAB. PENDAHULUAN

Bab 1 berisi latar belakang perlunya dilakukan kerja praktek. Selanjutnya berisi dasar pemikiran yang alasan ilakukannya kerja praktek.

  1. BAB 2. TUJUAN

Bab 2 berisi tujuan dan manfaat yang akan dicapai dari kerja praktek tersebut

  1. BAB 3. PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK

Bab 3 berisi sub bab waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, aspek kerja yang diinginkan, bentuk kerja praktek, dan laporan kerja praktek.

BAB 4. PENUTUP

Pada bab ini berisi kesimpulan dan harapan dari penulis agar proposal kerja praktek tersebut di setujui.

Cara Membuat Proposal Bisnis

cara membuat proposal bisnis

Proposal bisnis ini bersifat lebih luwes dibanding yang lainnya. Cara membuat proposal bisnis bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut

  1. Background usaha

Jelaskan secara rinci apa jenis usaha dan bagaimana proses pembuatannya. Jika terdapat pihak-pihak yang ikut berkontribusi bisa disebutkan.

  1. Modal bisnis

Pada bagian ini bisa menjelaskan tentang apa saja kebutuhan dari bisnis anda, mulai perlengkapan, peralatan, sampai biaya listrik.

  1. Progress

Pada tahap ini anda harus menjelaskan apa saja yang telah anda lakukan untuk bisnis anda. Serta menjelaskan tentang keuntungan dan kerugian dari usaha tersebut.

  1. Penutup

Bagian penutis di isi dengan promosi atau membujuk dan memberikan alasan mengapa donatur harus menerima proposal bisnis tersebut.

Cara Membuat Proposal Kewirausahaan

cara membuat proposal kewirausahaan

Proposal kewirausahaan pada umumnya hampir sama dengan proposal bisnis dan proposal usaha. Cara membuat proposal kewirausahaan tidaklah sulit. Perhatikan cara-cara berikut ini.

  1. Bab 1. Latar belakang

Pada latar belakang ini berisi 2 sub bab yakni alasan pendirian usaha dan tujuan usaha tersebut di dirikan.

  1. Bab 2. Aspek umum

Pada aspek umum berisi informasi lebih detail tentang usaha tersebut. Pertama jelaskan nama usaha, kemudian tempat atau lokasi usaha, pemilik usaha, bidang usaha, visi dan misi serta moto.

  1. Bab 3 Aspek permodalan dan Biaya

Bab 3 berisi perincian keuangan dan rencana penghasilan

  1. Bab 4. Aspek pasar dan pemasaran

Pada bab 4 ini berisi situasi persaingan usaha, sasaran usaha, promosi penjualan, analisis SWOT, pasar yang di target dan strategi pemasaran.

  1. Bab 5 Resiko usaha

Pada bab 5 paparkan tentang risiko usaha dan hambatan usaha tersebut. Serta situasi dan kondisi persaingan produk.

  1. Penutup

Pada bagian penutup berisi kesimpulan dari keseluruhan proposal dan saran serta sedikit membujuk agar pihak yang dituju setuju dengan proposal tersebut.

Cara Membuat Proposal Sponsor

cara membuat proposal sponsor

Cara membuat proposal sponsor bisa dilakukan sebagai beriku

  1. Halaman judul/cover
  2. Latar belakang

Latar belakang ini berisi apa pentingnya kegiatan tersebut dilakukan

  1. Tujuan kegiatan

Bagian ini berisi tujuan apa yang akan diperoleh dari kegiatan tersebut.

  1. Nama dan Tema kegiatan
  2. Bentu kegiatan
  3. Peserta
  4. Penyelengara
  5. Jadwal dan lokasi kegiatan
  6. Susunan kegiatan
  7. Susunan panitia
  8. Rencana anggaran
  9. Penutup

Cara Membuat Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan mengalami struktur dan sistematika yang berbeda dengan proposal lainnya. Meski secara umum, semua bentuk proposal hampir sama. Berikut merupakan bagian-bagian dari proposal kegiatan

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Dasar kegiatan
  4. Tujuan kegiatan
  5. Nama kegiatan
  6. Waktu dan Tempat kegiatan
  7. Susunan acara kegiatan
  8. Susunan panitia kegiatan
  9. Anggaran kegiatan
  10. Lampiran

Pada umumnya membuat proposal kegiatan ini lebih mudah di bandingkan dengan proposal yang lain, terutama proposal penelitian yang lebih bersifat ilmiah. Namun, agar lebih jelasnya akan dijelas cara membuat proposal kegiatan secara lebih detail

  1. Judul proposal kegiatan

Pada penulisan juduls ebaiknya tuliskan judul yang dianggap bisa mempresentasikan kegiatan yang akan di selenggarakan.

  1. Pendahuluan proposal kegiatan

Pada bagian pendahuluan ini terdapat 2 sub bab yakni Latar belakang dan tujuan kegiatan. Pada bagian latar belakang ini berisi penjelasan atau alasan yang melatar belakangi kenapa suatu kegiatan dilakukan. Pada sub bab berikutnya yakni tujuan kegiatan, yang isinya terkait dengan hasil yang di harapkan dari kegiatan yang dilakukan tersebut.

  1. Isi proposal kegiatan

Yang paling penting dari proposal adalah bagian isi. Pada bagian ini harus ditulis dengan jelas, sistematis dan terperinci agar mudah dipahami. Pada bagian isi proposal ini terdapat 8 sub bab diantaranya

  1. Tema kegiatan
  2. Macam-macam kegiatan
  3. Peserta
  4. Peralatan yang dibutuhkan
  5. Waktu dan tempat kegiatan
  6. Susunan acara kegiatan
  7. Susunan kepanitiaan
  8. Anggaran dana
  9. Penutup proposal kegiatan

Pada bagian penutup proposal kegiatan ini di isi dengan harapan dari penyelenggara atau pembuat proposal kepada pihak terkait agar kegiatan yang direncanakan dapat diselenggarakan dengan lancar.

Cara Membuat Proposal Magang

cara membuat proposal magang

Cara membuat proposal magang ini dinilai lebih mudah dibandingkan dengan membuat proposal yang lain. Lebih simpel dan mudah dikerjakan. Berikut  caranya

  1. Latar belakang

Pada bagian latar belakang ini sampaikan alasan apa perlunya kegiatan magang itu dilakukan. Selanjutnya desain pemikiran, tujuan dan manfaat kegiatan.

  1. Isi

Pada bagian isi ada sasaran kegiatan magang yang dilakukan dengan  tempat dan waktu kegiatan magang dilakukan.

  1. Penutup

Bagian penutup berisi kalimat yang membujuk agar permohonan proposal magang ini diterima oleh pihak terkait.

Demikian tadi uraian mengenai tata cara membuat proposal yang baik dan benar. Proposal yang baik akan mudah dipahami oleh pihak yang membaca proposal tersebut. Dengan menulis proposal secara runtut, sistematis, jelas dan lengkap maka peluang proposal akan disetujui menjadi lebih besar.

Tinggalkan komentar

More in Pendidikan
komponen peta
12 Komponen Peta dan Penjelasannya yang Harus Kamu Tahu

teknik dasar bola voli
Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya yang Harus Kamu Kuasai

Close