Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya yang Harus Kamu Kuasai

Teknik Dasar Bola Voli – Permainan bola voli merupakan suatu permainan menggunakan bola yang dimainkan menggunakan tangan tanpa menyentuh lantai. Yang unik dari bola voli adalah, permainan ini bisa dimainkan baik di lapangan indoor maupun outdoor. Pada permainan outdoor bola voli sering disebut dengan voli pantai. Ukuran lapangan untuk bermain bola voli 18 × 9 meter dengan net untuk putra 2,43 meter dan putri 2,24 meter. Pada voli indor terdiri dari 6 pemain dan voli pantai terdiri dari 2 pemain. Meski demikian, baik voli indoor maupun outdoor memiliki teknik dasar bola voli yang sama.

Meski terlihat mudah untuk memainkannya, nyatanya harus berlatih cukup keras untuk memainkan bola voli ini. Selain itu perlu juga untuk mengetahui teknik dasar bola voli agar bisa memainkannya dengan baik. Bila ingin menjadi pemain bola voli profesional haruslah mempelajari teknik-teknik permainan, yang jelas tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Sebelum mempelajari teknik yang lain, untuk menjadi seorang profesional kita harus mempelajari teknik dasar bola voli terlebih dahulu.

Sejarah Permainan Bola Voli

Apa SajaTeknik dasar bola voli?

Pada dasarnya teknik dasar bola voli ini dibagi menjadi 4 bagian. Teknik dasar ini terdiri dari Service, Smash atau Spike, Passing dan Block. Berbagai teknik ini harus dicoba dan dilatih oleh para pemain voli. Meski sulit untuk dilakukan namun bisa dilatih secara perlahan. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing gerakan teknik dasar tersebut

Teknik Dasar Bola Voli Service

Service merupakan bekal utama seorang pemain voli. Kita diharuskan bisa melakukan service untuk membuat permainan bisa dimulai. Service merupakan pukulan awalan untuk memulai suatu pertandingan. Service ini dilakukan dari belakang garis lapangan. Service dilakukan dengan memukul bola agat menyeberangi net dan sampai di bagian dalam lapangan lawan. Apabila bola yang di service jatuh di luar lapangan ataupun menyentuh net maka service dinyatakan gagal.

Teknik dalam melakukan service sendiri masih dibagi ke dalam 4 macam Service. Ada Service Bawah, Service mengapung, Overhand round-house service, dan jumping service.

  1. Teknik service bawahteknik dasar bola voli

Teknik melakukan service bawah bisa dilakukan melalui cara sebagai berikut. Pertama pegang bola dengan posisi tangan kiri sejajar dengan pinggang dan tubuh sedikit membungkuk. Gerakan dilakukan dengan mengayunkan tangan kanan dan pukul bola tersebut.

  1. Teknik service mengapung

Teknik service mengapung merupakan teknik dimana bola di dorong keatas hingga melambung. Service ini bisa dilakukan dengan cara berdiri menghadap lurus ke lapangan, lebar kedua kaki harus sama dengan bahu, selanjutnya lempar bola ke atas dan pukul bola.

  1. Overhand around house service

Cara melakukan service ini yakni dengan genggam bola dengan tangan kiri lalu lempar bola keatas, dan pukul bola Jadikan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan.

  1. Jumping service

teknik dasar bola voli

Jika dibanding dengan service yang lain, jumping service ini memiliki tingkat kesulitan yang paling tinggi. Keutamaan dari teknik ini yakni akan menyulitkan lawan. Service jenis ini lebih sulit di tahan ataupun dikembalikan lawan karena bola yang sangat deras. Cara melakukan teknik ini dengan berdiri agak jauh dari belakang lapangan, pegang bola dengan kedua tangan. Selanjutnya lempar bola yang tinggi lalu pukul dengan keras.

Teknik Dasar Bola Voli Passing Bawah Dan Passing Atas

Gerakan merupakan teknik dilakukan untuk menerima,menahan dan mengendalikan bola service dari pemain lawan teknik passing di bagi menjadi dua macam yaitu passing atas dan passing bawah, Berikut adalah penjelasan dari masing masing.

  1. Teknik dasar passing atas

teknik dasar bola voli

Teknik Passing Atas ini merupakan teknik yang biasa digunakan untuk memberikan umpan dari toser ke pemain yang akan melakukan smash. Cara melakukan passing atas yakni dengan membuka kaki selebar bahu dengan posisi lutut sedikit ditekuk. Perhatikan bahwa kedua tangan berada di depan dahi dan kedua ibu jari dan telunjuk membentuk segitiga. Perhatikan ketika bola datang, terima bola dengan jari jari tangan, dorong bola dengan menggerakan pergelangan tangan ke arah luar kemudian dilanjutkan dengan gerakan meluruskan siku.

  1. Teknik dasar passing bawah

teknik dasar bola voli

Teknik dasar passing bawah ini, juga merupakan salah satu teknik yang penting bagi pemain bola voli. Teknik ini  biasanya dilakukan pemain guna untuk menerima bola service dan juga smash dari lawan. Teknik Passing Bawah ini sendiri masih dibagi menjadi 2, yakni teknik dasar passing bawah satu tangan dan teknik dasar passing bawah dua tangan.

Untuk melakukan teknik dasar passing bawah satu tangan dimulai dengan membungkukkan sedikit badan sehingga tangan bisa mengjangkau bola yang sudah terlanjur turun ke bawah. Namun jika dirasa jarak terlalu jauh, pemain bisa melompat sambil menjatuhkan diri untuk mengambil bola.

Teknik ini juga memiliki dua macam metode yaitu The Dig dan juga Thumb Over Palm methode. Pada teknik The Dig adalah suatu posisi dimana tangan berada dalam posisi mengepalkan kedua tangan. Pada thumb overpalm tangan kiri ini mengepal sedangkan tangan kanan menggenggam tangan kiri.

Teknik Dasar Bola Voli Blocking

teknik dasar bola voli

Teknik Blocking hanya digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari lawan saat melakukan smash. Teknik ini biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki badan yang tinggi. Cara melakukan teknik blocking secara umum:

  1. Pertama anda harus bersiap di depan net
  2. Selanjutnya tekuk lutut dan bersiap untuk melompat, posisi tangan di depan dada bersiap untuk menghalau bila bola datang.
  3. Disaat bola terasa sudah dekat dan akan menelwati net, lompatlah setinggi mungkin dengan tangan rapat dan mengarah keatas. Yang perlu diperhatikan bahwa posisi tangan haruslah rapat agar bola tidak menebus celah tangan anda.
  4. Mendarat dengan kaki sedikit mengeper untuk meminimalisir resiko cedera.

 Teknik Dasar Bola Voli Smash

Teknik Dasar Bola Voli

Teknik smash atau spike merupakan suatu senjata untuk mendapat poin pada permainan bola voli. Teknik ini merupakan suatu gerakan melompat dan memukul bola voli dengan derajat kemiringan terkecil dan kekuatan terbesar kearah daerah lawan. Secara umum cara melakukan Smash adalah:

  1. Awalan

Awalan dilakukan dengan mengambil jarak sekitar 3 meter dari letak bola. Selanjutnya ambil langkah sedikit lebar dan dengan menggunakan satu kaki diikuti kaki yang lain. Gerakan tangan dijulurkan ke depan diayunkan ke belakang.

  1. Loncatan

Pada saat ini meloncatlah setinggi mungkin. Harus diperhatikan bahwa saat meloncat harus dipastikan tangan terayun kedepan kemudian keatas. Hal ini untuk persiapan melakukan smash. Loncat dengan sekuat tenaga untuk memberikan daya tekan lebih keras pada bola yang akan di pukul.

  1. Pukulan

Pukul bola ke daerah lawan dengan arah turun dan menukik. Jangan sampai bola yang dipukul keluar lapangan karena justru akan membuang point.

  1. Pendaratan

Sesudah meloncat selanjutnya mendarat. Sebaiknya mendarat dengan sedikit mengeper agar mengurangi resiko cedera.

Menurut arah bolanya smash ini dibagi menjadi 2 yaitu smash silang dan smash lurus. Smash silang adalah smash yang diarahkan secara menyilang baik dari kiri ke kanan maupun  sebaliknya dari kanan ke kiri. Teknik smash lurus adalah smash yang dilakukan dengan arah lurus ke depan. Smash atau Spike menurut set-up atau umpannya dibagi menjadi 4 macam yaitu open smash, semi smash, quick smash, push smash.

Variasi Smash Bola Voli

  1. Open Smash

Open Smash dilakukan setelah pengumpan melepaskan bola umpan. Bola dipukul saat berada di puncak loncatan dengan kekuatan penuh dan arahkan pada bidang yang kosong.

  1. Semi Smash 

Semi smash berbeda dengan open smash. Bila open smash dilakukan saat pemain berada di depan net maka semi smash ini dilakukan dengan cara pemain berjalan perlahan dan bila bola sudah berada pada jangkauannya bola tersebut di smash.

  1. Quick Smash

Quick smash dilakukan dengan cepat. Bahkan tanpa ancang-ancang untuk berlari. Biasanya pemain sudah berada di depan net pas. Saat bola sudah ada di depannya pemain tersebut langsung loncat dan men smash bola tersebut. Pukulan juga dilakukan dengan sangat cepat bahkan kadang mengagetkan lawan.

  1. Push Smash 

Push smash dilakukan dengan pemain bersiap dari luar lapangan dekat net kemudian berlari dan memukul bola dengan cepat.

Teknik ini di bagi menjadi tiga macam yaitu Drive Smash, Top Spin, dan Lob. Berikut cara melakukannya.

  1. Drive Smash

Teknik drive smash ini dilakukan dengan memukul bola yang arahnya sesuai dengan kurva mengarah ke luar net. Smash ini dilakukan dengan telapak tangan membentuk sendok.

  1. Top Spin Smash

Teknik spin smash adalah pukulan bola yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapat putaran yang tajam ke area pertahanan lawan.

  1. Lob Smash

Lob smash adalah pukulan yang lebih mementingkan putaran bola dari pada kecepatan bola. Lob smash dilakukan dengan sedikit melambungkan bola namun sasarannya tetap agar jatuh di pinggir garis lapangan lawan. Sehingga lawan menjadi terkecoh mengira bola akan keluar.

Teknik Smash Bola Voli dari Gerakannya

Teknik Smash ditinjau dari gerakannya awal nya ini dibagi menjadi empat macam yaitu smash tanpa awalan, dengan awalan, dengan 1 kaki dan dengan 2 kaki. Berikut Cara melakukannya

  1. Smash tanpa awalan

Gerakan ini dilakukan saat posisi pemukul telah berada di dekat net dari awal. Teknik ini biasa digunakan sebagai taktik untuk mengecoh lawan karena banyak pemain yang berdiri disana, sehingga musuh akan kebingungan siapa yang akan melakukan smash.

  1. Smash dengan awalan

Gerakan smash dengan awalan ini seperti smash pada umumnya, dengan awalan kita bisa mendapat kekuatan powerfull.

  1. Smash dengan 1 kaki

Teknik ini dilakukan dengan melakukan lompatan satu kaki di depan serta satu kaki di belakang sehingga pemain mendapat lecutan dari dorongan kaki untuk melakukan smash.

  1. Smash dengan 2 kaki

Gerakan smash dengan 2 kaki adalah posisi pemain saat akan melakukan lompatan dengan dua kaki sejajar seperti pada umumnya.

Meski berbagai macam teknik dasar bola voli sangat sulit dan terasa berat. Namun, dengan berlatih keras dan rutin serta disiplin, seluruh teknik dasar tadi akan dapat dikuasai dengan mudah. Untuk belajar jelas akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bila berlatih dengan keras dan sungguh-sungguh, kamu bisa menjadi pemain bola voli profesional.

Tinggalkan komentar