ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Cara Bisnis Saham untuk Pemula Agar Untung Berlipat

2 min read

cara bisnis saham

Cara Bisnis Saham untuk Pemula – Apa itu yang disebut dengan saham? Masih banyak perbincangan di tengah masyarakat mengenai bisnis saham yang masih asing di telinga mereka. Saham adalah salah satu investasi yang paling terkenal saat ini. Berinvestasi saham lebih memiliki kesempatan mendapat keuntungan yang lebih besar dari pada investasi lain. Tak hanya keuntungannya saja, ternyata bisnis saham juga memiliki resiko yang sangat tinggi, apalagi jika kita menggeluti bisnis saham tanpa dibekali dengan ilmu pengetahuan yang cukup.

Nah, bagi kalian yang baru mengenal dunia saham jangan langsung memutuskan untuk berinvestasi. Hal penting yang pastinya harus kalian perhatikan jika ingin berinvestasi saham adalah meluangkan waktu untuk belajar tentang dunia saham.

Oke, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas tentang cara bisnis saham yang cocok bagi kalian yang baru mengenal dunia saham. Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di elrajab.com!

Cara Bisnis Saham untuk Pemula

1. Memilih Satu atau Lebih Target Perusahaan yang Akan Diinvestasikan

perusahaan saham

Langkah pertama yang harus kita lakukan jika akan berinvestasi saham adalah menentukan perusahaan mana yang akan kita investasikan. Untuk lebih jelasnya kita bisa membuka BEI atau bursa efek Indonesia terlebih dahulu. Di sana kita akan mendapatkan daftar perusahaan lengkap yang telah terdaftar resmi di bursa efek Indonesia.

Kita harus pandai menyeleksi perusahaan yang sesuai dengan anggaran kita. Selain masalah anggaran kita juga harus selektif dalam memilih perusahaan dengan kinerja yang baik. Nah untuk pemula, sebaiknya kita membeli saham dadri satu atau dua perusahaan terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu jika kita sudah berpengalaman maka kita dapat mengelola saham dari berbagai berusahaan.

2. Memilih Saham yang Akurat

saham yang akurat

Bagi kita yang masih pemula di dunia saham, alangkah lebih baiknya jika kita tidak menanamkan investasi kita pada perusahaan dengan nilai kapitalisasi yang kecil. Hal tersebut dikarenakan harga saham di perusahaan berkapitalisasi kecil akan fluktuatif. Selain itu biasanya jenis saham di perusahaan seperti itu akan lebih mudah untuk dimanipulasi oleh para investor dengan modal yang sangat besar. Oleh karena itu jika kita hendak membeli saham maka alangkah lebih baiknya jika kita membeli saham di perusahaan dengan kinerja keuangan yang bagus dan yang sudah pasti memiliki prospek bagus untuk kedepannya.

3. Sering Memantau Pergerakan Ekonomi Dalam dan Luar Negeri

pergerakan ekonomi

Sebagai pemula kita harus sering memantau pergerakan ekonomi saat ini dan prediksi untuk kedepannya. Mengapa kita harus sering memantau pasar saham dunia? Yap jawabannya sangat mudah, karena situasi pasar saham akan selalu mengikuti pergerakan perekonomian dunia. Jika kondisi perekonomian dunia sedang booming atau bahkan normal, pada saat itulah saat yang tepat untuk berinvestasi. Namun sebaliknya, jika kondisi pasar sedang mengalami penurunan atau depresi alangkah lebih baiknya jika kita menjual saham yang kita miliki sebelumnya dan hindari segala bentuk pembelian saham baru.

Baca Juga:

4. Melihat Sentimen Pasar

sentimen pasar saham

Cara bisnis saham selanjutnya adalah dengan melihat sentimen pasar. Sentimen pasar sendiri merupakan salah satu faktor yang menyebabkan naik turunnnya harga saham. Sentimen pasar sendiri ini dapat mumcul dari pengaruh berbagai kebijakan dan trend yang ada di suatu negara atau bahkan di dunia.

5. Memperbanyak Pengetahuan Tentang Saham dari Buku

pengetahuan saham

Selain memantau pergerakan pasar global dari TV ataupun internet kita juga dapat terus menambah ilmu kita mengenai saham dari berbagai buku sumber. Banyak buku yang membahas tuntas tentang saham baik dari pengarang lokal maupun dari manca negara. Siapapun pengarannya, yang pasti buku-buku tersebut merupakan seuber ilmu dari mereka yang sudah merasakan pahit manisnya dunia saham.

6. Memulai Investasi dengan Jumlah Dana yang Sedang

dana saham

Cara yang harus dipatuhi ketika kita akan menanamkan saham sebagai seorang pemula adalah dengan menanam modal kecil terlebih dahulu. Perlu banyak waktu bagi kita para pemula untuk mengetahui dan memahami tentang dunia saham. Oleh karena itu jangan sekali-kali menanamkan modal yang sangat besar untuk berinvestasi saham walaupun kita memiliki banyak uang.

Banyak orang yang rugi karena menanam saham dengan modal awal besar dikarenakan mereka tidak menguasai ilmu saham dan langsung menginvestasikan modal yang besar. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa jika kita menanamkan modal yang besar mamka akan mendapat keuntungan yang besar pula. Anggapan seperti itu salah bagi kita para pemula.

7. Pandai Mengontrol Emosi

mengontrol emosi

Kontrol emosi merupakan hal yang sangat penting dalam bermain saham. Karna banyak kasus di luar sana penanam saham banyak mengalami kerugian yang cukup besar akibat kurang bisa mengontrol emosi. Intinya terus berpikir positif baik saat untung ataupun rugi. Jangan biarkan emosi membuat kita memutuskan untuk menjual atau membeli saham seketika.

Nah itulan cara bisnis saham bagi pemula. Khusus untuk para pemula jangan lupa ikuti tips jitu dalam bermain saham bagi pemula seperti yang telah di paparkan di atas. Pantau terus artikel menarik kita selanjutnya!

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan