Kerajaan Islam Pertama Di Nusantara, Ini Sejarah Kerajaan Samudra Pasai

Sejarah Kerajaan Samudra Pasai – Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan islam pertama di Nusantara. Kerajaan Samudra pasai merupakan pelopor perkembangan agama islam di Indonesia. Kerajaan ini, terletak di daerah Aceh tepatnya di Kota Lhoksumawe.

Semenjak ditemukan berbagai macam raja , seta peninggalan berupa koin, sejarah dari kerajaan samudra pasai pun mulai terkuak mulai dari awal berdirinya, hingga keruntuhannya. Penasaran dengan sejarah samudra pasai secara lengkap ? berikut ini adalah berbagai macam ulasan tentang sejarah kerajaan samudra pasai. Yuk simak ulasan lengkapnya!

Sejarah Kerajaan Samudra Pasai, Kerajaan Islam Pertama

1. Sejarah Kerajaan Samudra Pasai, Awal Berdirinya

sejarah kerajaan samudra pasai
belajarsejarahonline.blogspot.com

Menurut para ahli sejarah, kerajaan samudra pasai ini didirikan oleh seorang laksamana dari laut mesir yang bernama Nazimudin Al Kamil pada Abad ke-13. Pada tahun 1238 M Nazimudin Al Kamil diperintahkan untuk merebut pelabuhan di Gujarat. Tujuannya adalah untuk menguasai dan menjadikannya tempat-tempat pemasaran barang perdagangan yang berasal dari daerah timur.

Dalam menjalankan misinya merebur Pelabuhan di Gujarat, Nazimudin Al Kamil ini mendirikan sebuah kerajaan yang terletak di pulau sumatra bagian utara. Dan pada saat awal berdirnya kerajaan samudra pasai ini, ia kemudian mengangkat silu dan yang berganti nama menjadi sultan malik al saleh.

2. Raja Raja yang Berkuasa di Kerajaan Samudra Pasai

a. Sultan Malik Al Saleh

sejarah kerajaan samudra pasai
alhabsyitour.blogspot.com

Sebelum memimpin kerajaan samudra pasai dan memeluk agama islam , nama asli dari sultan malik al saleh yaitu meruah silu. Sultan malik al saleh memimpin kerajaan samudra pasai pada tahun 1267. Pada masa pemerintahan sultan malik al saleh ini, kerajaan samudra pasai mulai berkembang.

Sultan malik al saleh selain memimpin kerajaan samudra pasai, ia juga dikenal sebagai tokoh utama dalam penyebaran agama islam di seluruh nusantara dan asia tenggara pada abad ke 13. Berkat usaha sultan malik al saleh dalam menyebarkan agama islam, agama islam pun mulai mengalami perkembangan di seluruh wilayah nusantara.

b. Sultan Malik At Tahir

sejarah kerajaan samudra pasai
balubu.com

Sultan Malik At Tahir merupakan seorang putra dari Sultan Malik Al Saleh. Nama lengkap dari Sultan Malik At Tahir yaitu Muhammad Malikul Zahir. Pada masa pemerintahan Sultan Malik At Tahir, kerajaan samudra pasai telah mencapai masa kejayannya. Hal ini dibuktikan dengan catatan Ibnu Batutah yang mengungkapkan bahwa kerajaan samudra pasai merupakan kerajaan yang maju, memiliki tanah yang subur dan merupakan pusat perdagangan dari berbagai wilayah.

Berdasarkan catatan Ibnu Batutah, ia juga menyebutkan bahwa sultan malik at tahir merupakan seorang raja yang sangat mentaati perintah-perintah islam dan memiliki semangat untuk mendalami agama islam.

Sebagai raja, Sultan Malik At Tahir merupakan seorang raja yang sangat bijaksana, pemurah, rendah hati dan selalu memperhatikan rakyatnya. Di masa pemerintahan sultan malik at tahir ini juga, kerajaan samudra pasai berhasil menjadi kerajaan yang sebagai pusat perdagangan dan pembelajaran agama islam dari berbagai wilayah.

Sultan Malik Al Tahir memiliki dua orang putra yaitu Sultan Malikul Mahmud dan Sultan Malikul Mansur. Setelah sultan malik at tahir wafat, ia digantikan oleh kedua anaknya. Namun, kedua pangeran ini tidak begitu akur karena persetuan diantara mereka.

c. Sultan Malik Az-Zahir

sejarah kerajaan samudra pasai
steemit.com

Sultan Malik Az-Zahir merupakan cucu dari sultan malik at tahir dan anak dari sultan malikul mahmud. Dalam sejarah sultan malik az-zahir memiliki citra sebagai pemimpin yang buruk. Karena sultan malik az zahir ini di ungkapkan menyukai kedua anak perempuannya sendiri yaitu tun medan peria dan tun takirah darah. Hal ini menimbulkan berbagai kemurkaan dari semua pihak.

d. Sultanah Nahrasiyah

sejarah kerajaan samudra pasai
steemit.com

Sultanah Naharasiyah merupakan pemimpin wanita pertama di kerajaan samudra pasai. Dalam menjalankan kepemimpinannya ia didampingi oleh seorang penasehat kerajaan yang bernama Ariya Baakoy dengan gelar maharaja bakooy ahmad permala. Dalam kisahnya ia telah membunuh 40 para ulama. Penyebabnya yaitu ketika ariya bakooy memberikan peringatan kepada kaum ulama agar tidak mengawini anak perempuannya sendiri, namun peringatan ariya bakooy ditentang dengan keras oleh para ulama.

Dalam pemerintahan Sultanah Nahrasiyah, kerajaan samudra pasai juga mengalami masa kejayaan seperti dalam pemerintahan sultan malik at tahir.

3. Kejayaan Kerajaan Samudra Pasai

sejarah kerajaan samudra pasai
ibnudin.net

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kerajaan samudra pasai mengalami masa kejayaannya pada masa pemerintahan sultan malik at tahir. Dalam masa kejayaannya, kerajaan samudra pasai telah berhaasil menjadi pusat perdagangan dan sebagai pusat pembelajaran agama islam dari berbagai wilayah di nusantara maupun negara lain seperti persia, cina dan afrika.

Selain pada masa pemerintahan sultan malik at tahir, samudra pasai mencapai masa kejayaannya pada pemerintahan sultanah naharsiyah. Pada masa pemerintahan sultanah naharsiyah ia berkali-kali di datangi armada laut dari china yang bernama cheng ho.

4. Runtuhnya Kerajaan Samudra Pasai

sejarah kerajaan samudra pasai
informasiana.com

Ada beberapa faktor runtuhnya kerajaan samudra pasai. Faktor yang pertama yaitu dikarenakan seringnya terjadi pertikaian antara keluarga kerajaan. Perang saudara pun juga semakin sering dilakukan. Hingga akhirnya raja yang berkuasa di samudra pasai pada saat itu meminta bantuan kepada raja malaka untuk menghentikan perang saudara. Namun sayangnya, kerajaan malaka sudah jatuh ke tangan portugal. Dan beberapa tahun kemudian, di tahun 1521 kerajaan samudra pasai di serang oleh pasukan portugal dan akhirnya runtulah kerajaan samudra pasai ini.

Itulah sejarah kerajaan samudra pasai mulai awal berdiri hingga runtuhnya kerajaan ini. Dengan membaca tentang kerajaan samudra pasai, selain mengerti tentang kerajaan itu sendiri kamu juga akan mengerti awal perkembangan agama islam di nusantara.

Tinggalkan komentar