Contoh Diksi dalam Puisi Agar Puisi Semakin Bermakna

Contoh Diksi dalam Puisi – Apakah kamu pernah mengenal tentang contoh diksi dalam puisi? Penggunaan diksi dalam sastra, khususnya puisi, memiliki sebuah peran yang sangat penting. Pemilihan diksi ini berhubungan dengan sebuah irama musikal yang akan tercipta dari puisi tersebut.

Lantas, apakah sebenarnya pengertian diksi itu? Dan bagaimanakah contoh diksi dalam puisi? Untuk mengetahui penjelasan terkait hal tersebut, simaklah ulasannya di bawah ini.

Perlu diketahui bahwa diksi merupakan sebuah pilihan kata. Maksud pilihan kata di sini adalah memilih sebuah kata yang tepat untuk menyatakan suatu hal. Pilihan kata ini sangatlah penting, khususnya dalam dunia sastra. Dalam memilih sebuah kata yang tepat, kita bisa berpedoman pada kamus. Kamus ini akan memberikan ketepatan dalam pemilihan kata. Jadi dalam hal ini, yang diperlukan sebenarnya adalah suatu makna kata.

Sebuah pilihan kata yang tepat akan membantu seorang pengarang untuk mengungkapkan sesuatu melalui tulisannya dengan tepat. Selain itu, pilihan kata juga harus sesuai dengan sebuah situasi dan tempat dari penggunaan kata tersebut.

Sebenarnya, diksi ini tidak hanya digunakan dalam menulis puisi saja. Diksi juga digunakan saat menulis karya sastra yang lain. Misalnya seperti menulis cerpen, esai, artikel, bahkan sebuah karya ilmiah juga.

Puisi merupakan sebuah karya tulis yang tidak menggunakan banyak kata. Puisi juga cenderung tidak deskriptif dan juga naratif. Maka dari itulah, contoh diksi dalam puisi yang tepat untuk menunjukkan maksud dari tulisan sangat penting dan harus dicermati dengan baik. Misalnya seperti pengulangan kata yang terlalu sering, pemilihan sinonim yang tepat, serta penggunaan tanda baca dan susunan bahasanya.

Misalnya seperti pilihan kata saat kita ingin mengungkapkan sebuah kesepian. Kata manakah yang akan kamu pilih? Sunyi, diam, sepi, sendiri, senyap ataukah hening? Kata tersebut memiliki konotasi yang sama, namun setiap kata memiliki sebuah warna atau maksud yang berbeda jika digunakan dalam sebuah puisi.

Cara Memilih Diksi

contoh diksi dalam puisi

Lalu, bagaimanakah cara memilih diksi dalam puisi yang tepat? Caranya adalah dengan banyak membaca puisi, artikel, surat kabar, bahkan tulisan yang berisi sebuah kritik sekalipun. Jika kamu sudah mengetahui banyak kosakata, kamu akan mempunyai pilihan yang beragam dalam memilih kata untuk puisi. Sehingga puisi tersebut dapat mempunyai warna dan sebuah jiwa.

Penyair Indonesia biasanya menggunakan diksi sederhana dan mudah dimengerti. Namun, puisi yang mereka hasilkan sangatlah indah. Berikut ini adalah contoh diksi dalam puisi yang perlu kamu tahu.

1. Contoh Diksi dalam Puisi Perahu Kertas

contoh diksi dalam puisi

Contoh diksi dalam puisi yang pertama diambil dari puisi karya Sapardi Djoko Damono.

Waktu masih kanak-kanak kau membuat perahu kertas dan kau layarkan di tepi kali; alirnya Sangat tenang, dan perahumu bergoyang menuju lautan.

“Ia akan singgah di bandar-bandar besar,” kata seorang lelaki tua. Kau sangat gembira, pulang dengan berbagai gambar warna-warni di kepala.

Sejak itu kau pun menunggu kalau-kalau ada kabar dari perahu yang tak pernah lepas dari rindumu itu.
Akhirnya kau dengar juga pesan si tua itu, Nuh, katanya.

“Telah kupergunakan perahumu itu dalam sebuah banjir besar dan kini terdampar di sebuah bukit.”
(Perahu Kertas – Kumpulan Sajak, 1982)

2. Contoh Diksi dalam Puisi Sepisaupi

contoh diksi dalam puisi

Contoh diksi dalam puisi yang kedua diambil dari puisi karya Sutardji Calzoum Bachri. Penyair satu ini membebaskan puisinya dari ikatan teori. Misalnya seperti penggunaan imaji kata, bahasa majas, dan juga rima.

Penyair ini membuat puisi yang menggunakan imajinasi kata dengan sangat liar.

sepisau luka sepisau duri
sepikul dosa sepukau sepi
sepisau duka serisau diri
sepisau sepi sepisau nyanyi.

sepisaupa sepisaupi
sepisapanya sepikau sepi
sepisaupa sepisaupi
sepikul diri keranjang duri.

sepisaupa sepisaupi
sepisaupa sepisaupi
sepisaupa sepisaupi
sampai pisau-Nya ke dalam nyanyi.
(1973)

Demikian contoh diksi dalam puisi yag dapat saya buat semoga bermanfaat untuk bahan refrensi adek-adek di sekolah. Jangan lupa baca artikel tentang puisi lainnya di blog ini yaa!

Tinggalkan komentar

More in Pendidikan
hitungan weton
Hitungan Weton Jawa, Jodoh, Pernikahan dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

cara membuat proposal sponsor
Cara Membuat Proposal Usaha, Skripsi, Penelitian, Kegiatan, Magang

Close