Menguak Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Dan Peninggalannya

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno – Kerajaan Mataram Kuno adalah salah satu kerajaan hindu yang terletak di Jawa Tengah yang dikelilingi oleh beberapa pegunungan dan gunung seperti gunung tangkupan perahu, gunung merbabu dan pegunungan lainnya. Selain pegunungan juga dialiri oleh beberapa sungai seperti sungai Bogowonto, sungai progo, dan bengawan solo.

Kerajaan yang disebut sebagai bumi mataram ini, juga memiliki banyak sekali sejarah yang terkuak. Selain itu kerajaan mataram kuno juga memiliki berbagai banyak sekali peninggalannya. Ingin mengetahui sejarah kerajaan mataram kuno lebih lanjut ? berikut ini adalah ulasan tentang sejarah kerajaan mataram kuno. Yuk simak ulasannya di bawah ini

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno dan Berbagai Peninggalannya

1. Berdirinya Kerajaan Mataram Kuno

sejarah kerajaan mataram kuno
edusejarah.blogspot.com

Berdasarkan sumber sejarah yaitu prasasti canggal, kerajaan mataram kuno didirikan oleh seseorang yang bernama sanjaya. Berdasarkan prasasti canggal juga, kerajaan mataram kuno berdiri pada abad ke 7. Dalam prasasti itu, sanjaya juga menyebutkan raja sebelumnya yang memerintah pulau jawa yaitu raja sanna dari kerajaan galuh. Kerajaan galuh ini sebelumnya merupakan bagian dari kerajaan sunda dan akhirnya memisahkan diri.

Berdirinya kerajaan mataram kuno berawal dari kekuasaan sanna yang digulingkan dari tahta kerajaan galuh. Dan kemudian ia melarikan diri ke kerajaan sunda dan memperoleh perlindungan dari raja sunda yaitu tarusbawa. Akhirnya, tarusbawa mengangkat keponakan sanna yaitu sanjaya sebagai menantunya.

Pada saat sanjaya naik tahta, ia berusaha menguasai kerajaan galuh. Dan kemudian ia berhasil menguasai kerajaan galuh. Setelah ia berhasail mengusai kerajaan galuh, sunda dan kalingga, ia mendirikan kerajaan baru yaitu kerajaan mataram kuno ini.

2. Kehidupan Ekonomi, Sosial dan Budaya Kerajaan Mataram Kuno

sejarah kerajaan mataram kuno
epigraphyscorner.blogspot.com

Berbicara tentang kehidupan ekonomi kerajaan mataram kuno, sebagaian masyarakatnya bergantung pada sektor pertanian. Oleh karena itu, kerajaan mataram kuno disebut sebagai kerajaan agraris. Daerah kerajaan mataram kuno adalah daerah yang subur dan cocok untuk ditanami berbagai jenis tumbuhan.

Kerajaan mataram kuno juga aktif dalam mengeskpor bahan rempah-rempah. Faktor perdagangan pun juga sangat didukung penuh ketika Raja Balitung telah berkuasa. Raja balitung memerintahkan untuk membangun pusat-pusat perdagangan di sekitar sungai bengawan solo. Penduduk yang tinggal di sekitar daerah tersebut juga mendapatkan imbalan yaitu dibebaskan pungutan pajak. Sehingga pada masa ini rakyat di kerajaan mararam kuno hidup dengan sejahtera.

Selain kehidupan ekonomi, kita juga akan mengetahui kehidupan sosial dan budaya yang ada di kerajaan mataram kuno. Pada masa kerajaan mataram kuno terdapat dua agama yaitu hindhu dan budha. Namun walaupun berbeda agama, mereka tetap hidup berdampingan dan menjalankan gotong royong. Hal ini dibuktikan masyarakat hindu dan budha bekerja sama untuk membangun candi borobudur.

Kehidupan sosial di kerajaan mataram kuno ini juga tertata secara teratur. Dibuktikan dengan adanya kepatuhan hukum dari berbagai pihak. Semua rakyatnya sangat mematuhi perintah yang dibuat oleh kerajaan.

Pada masa kerajaan mataram kuno ini, masyarakatnya juga mengenal semangat kebudayaan yang sangat tinggi. Di masa ini, masyrakat sudah mengenal bahasa sanksekerta dan huruf pallawa. Masyarakat krajaan mataram kuno juga telah mampu membuat berbagai syair.

3. Kejayaan pada Masa Kerajaan Mataram Kuno

sejarah kerajaan mataram kuno
www.muttaqin.id

Pada masa pemerintahan raja balitung pada tahun 898 sampai 910 M, kerajaan mataram kuno mencapai masa puncak kejayaan. Di masa ini, kerajaan mataram kuno berhasil memperluas daerah kekuasaannya dengan menaklukkan kerajaan-kerajaan kecil yang berada di sebelah timur kerajaan mataram kuno.

Selain hal tersebut ada beberapa faktor penyebab kejayaan mataram kuno. Faktor yang pertama yaitu kenaikan tahtanya sanjaya yang sangat ahli didalam peperangan, dan dilanjutkan dengan pembangunan waduk yang bertujuan untuk mengatur aliran sungai berangas. Dengan pembangunan waduk ini, banyak kapal dari negara lain yang datang ke waduk itu.

Faktor yang kedua penyebab kejayaan pada masa kerajaan mataram kuno yaitu karena daerah ini terletak di daerah dekat aliran sungai yang sangat strategis untuk melakukan perdagangan. Selain itu, daerah ini juga terletak di tanah yang subur sehingga berbagai jenis perkebunan dapat tumbuh dengan mudah di daerah ini.

4. Keruntuhan Kerajaan Mataram Kuno

sejarah kerajaan mataram kuno
www.muttaqin.id

Faktor utama yang menybabkan keruntuhan kerajaan mataram kuno karena permusuhan antara daerah jawa dan daerah sumatra yang berawal dari pengusiran balaputra dewa oleh rakai pikatan. Kemudian mulai runtuh ketika dharmawangsa memimpin kerajaan mataram kuno. Permusuhan antara kerajaan sriwijaya dan mataram kuno pun juga semakin memanas. Dan akhirnya raja dharmawangsa ini gugur ketika kerajaan sriwijaya ini menyerang.

5. Berbagai Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

a. Candi-Candi Bercorak Hindu

sejarah kerajaan mataram kuno
www.eviindrawanto.com

Peninggalan kerajaan mataram kuno yang pertama yaitu candi yang bercorak hindu yang tersebar di berbagai daerah di jawa tengah. Seperti candi dieng, candi brahma, candi wisnu, candi boko dan candi gedong songo.

b. Prasasti Canggal

sejarah kerajaan mataram kuno
nurfaizianshori.blogspot.com

Prasasti ini merupakan sumber sejarah utama bagi para ahli sejarah untuk menguak tentang kerajaan mataram kuno. Candi ini dibuat oleh raja sanjaya pada tahun 732 M. Isi dari prasasti ini tentang pendirian sebuah bukit lingga.

c. Prasasti Balitung

sejarah kerajaan mataram kuno
epigraphyscorner.blogspot.com

Menurut ahli sejarah, prasasti Balitung ini sudah ada sejak tahun 907 M. Dalam prasasrti iini tertulis tentang keluarga raja-raja keturunan sanjaya. Dan pada saat itu, ditafsirkan bahwa dinasti sanjaya dan dinasti sailendra sama-sama sangat berperan di jawa tengah.

Nah itulah sejarah kerajaan mataram kuno beserta peninggalannya. Dengan mempelajari dan mengetahui sejarah kerajaan mataram kuno, kamu bisa mengetahui persebaran agama hindhu di indonesia. Selain itu, dengan mempelajari sejarah kamu bisa mengambil pelajaran yang sangat berharga bagi kehidupan.

Tinggalkan komentar