12 Makanan Khas Tulungagung yang Terkenal Akan Kelezatannya, Pasti Kamu Suka!

Makanan Khas Tulungagung- Tulungagung terkenal sebagai kota penghasil marmer terbesar di Indonesia. Tak hanya terkenal dengan potensi marmernya, Tulungagung juga mempunyai beragam potensi wisata alam dan wisata kuliner.

Makanan khas Tulungagung ini sudah tak diragukan lagi soal cita rasa dan kelezatannya. Tak heran jika makanan khas Kota Tulungagung ini memiliki banyak penggemar dan sangat populer dikalangan masyarakat Kota Tulungagung sendiri maupun wisatawan asing.

Apa saja sih makanan khas Kota Tulungagung yang memiliki rasa tiada tara itu? Penasaran ya? Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di elrajab.com! Jangan sampai terlewatkan yaa guys..

Menu Makanan Khas Kota Tulungagung yang Terkenal Enak

1. Makanan Khas Tulungagung, Ayam Lodho Bakar

makanan khas tulungagung
beritagar.id

Makanan Khas Kota Tulungagung yang pertama adalah Ayam Lodho Bakar. Makanan Kota Tulungagung yang satu ini merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit semua kalangan, mulai dari masyarakat sekitar Kota Tulungagung sendiri, wisatawan lokal, bahkan hingga wisatawan asing sangat menyukai makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini.

Ayam Lodho Bakar ini dimasak dengan bahan dasar Ayam Bakar yang telah  diberi tambahan bumbu kuning serta rempah-rempah yang khas sehingga dapat menciptakan cita rasa yang istimewa dari makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini. Makanan ini juga hampir mirip dengan makanan khas Trenggalek yakni Nasi Lodho.

2. Kue Sagon, Oleh-oleh Khas Tulungagung

makanan khas tulungagung
cookpad.com

Makanan khas Kota Tulungagung yang selanjutnya adalah Kue Sagon. Kue Sagon merupakan salah satu camilan berjenis kue tradisional yang sering kita jumpai di berbagai daerah khususnya di Pulau Jawa.

Kue sagon ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar yakni berupa kelapa, tepung sagu ataupun tepung kanji, serta tepung ketan. Camilan khas tradisional ini diberi nama Kue Sagon karena diambil dari bahan dasar yang digunakan untuk pembuatannya yakni tepung sagu.

3. Makanan Khas Tulungagung, Sompil

makanan khas tulungagung
www.tulungagungtourism.com

Makanan khas KOta Tulungagung yang selanjutnya adalah Sompil. Apa sih Sompil itu? Mungkin kebanyakana dari kalian belum familiar dengan nama makanan khas dari Kota Tulungagung yang satu ini,

Sompil merupakan salah satu makanan khas Kota Tulungagung yang dalam dihidangkan dengan menggunakan lontong. Selain lontong, biasanya makanan khas ini juga disandingkan dengan sayur lodeh dengan tambahan kedelai bubuk serta tak lupa peyek kacang sebagai pelengkapnya.

4. Enting-enting Kacang, Oleh-oleh Khas Tulungagung

makanan khas tulungagung
cookpad.com

Enting-enting atau biasa dijuluki dengan geti ini merupakan salah satu makanan khas Kota Tulungagung yang bisa kita jumpai di mana saja. Yap, Kota Tulungagung memang merupakan produsen geti yang sangat terkenal.

Geti ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kacang tanah dan wijen yang dicampurkan ke dalam larutan gula merah dan dimasak hingga kering. Cita rasa yang tawarkan makanan khas KOta Tulungagung yang satu ini sangatlah pas, tidak terlalu manis dan disertai dengan rasa gurih sehingga banyak orang yang menyukai makanan ini.

5. Makanan Khas Kota Tulungagung, Getuk Pisang

makanan khas tulungagung
jajanjogja.com

Getuk Pisang merupakan salah satu makanan khas dari Kota Tulungagung yang sangat banyak diminati oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Jajanan khas Kota Tulungagung ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Selain itu peoses pembuatan Getuk Pisang ini juga relatif mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Tak heran jika makanan khaas Kota Tulungagung ini menjadi oleh-oleh favorit bagi para wisatawan.

6. Ayam Goreng Khas Tulungagung

makanan khas tulungagung
www.danemkitchen.com

Makanan khas Kota Tulungagung yang selanjutnya adalah Ayam Goreng Tulungagung. Makanan khas Tulung agung yang satu ini memang banyak kita jumpai di mana-mana. Namun yang membedakan Ayam Goreng khas Tulungagung ini dengan ayam goreng lainnya yakni terletak pada bumbunya yang khas ditambah dengan rempah-rempah akan semakin menambah nikmat dari cita rasa Ayam Goreng Tulungagung ini.

Jika kamu sedang berada di Koa Tulungagung jangan lupa untuk mencicipi kelezatan dari Ayam Goreng khas kota Tulungagung ini. Kamu menemuinya di cafe AG One, tepatnya di Jalan MT Haryono 77 B Kabupaten Tulungagung.

7. Makanan Khas Tulungagung, Kepiting Sambal Ijo

makanan khas tulungagung
hendririberu.com

Makanan khas Tulungagung yang selanjutnya adalah Kepiting Sambal Ijo. Makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini merupakan salah satu makanan yang dibuat dari kepiting segar tentunya dengan ukuran yang besar pula sehingga daging yang ada di dalam cangkang kepiting pun lebih banyak.

Kepiting Sambal Ijo ini dimasak dengan menggunakan bumbu khas yang kaya akan rempah-rempah sehingga membuat masakan ini memiliki cita rasa yang tiada dua dan bau amis yang ada pada kepiting pun sudah tidak berbau karena rempah yang digunakan dan dengan tambahan jeruk nipis sebagai penghilang amisnya.

Bagaimana soba, tertarik dengan makanan olahan seafood khas Kota Tulungagung ini? Jika kamu inngin mencicipi enaknya daging kepiting yang dibalut dengan bumbu rempah yang khas, kamu bisa menemukannya di Jalan MT Haryono 77 B Kabupaten Tulungagung.

8. Jenang Syabun, Oleh-oleh Khas Tulungagung

makanan khas tulungagung
www.tulungagungtourism.com

Jenang Syabun merupakan makanan sekaligus oleh-oleh Khas Kota Tulungagung yang banyak diburu wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari beras ketan. Jenang Syabun ini memiliki cita rasa yang manis dan legit. Tekstur dari Jenang Syabun ini sendiri sangatlah lembut sehingga sangat cocok untuk lansia maupun balita yang masih dalam tahap belajar mencerna makanan.

9. Makanan Khas Tulungagung, Jenang Grendol

makanan khas tulungagung
cookpad.com

Makanan khas Kota Tulungagung yang selanjutnya adalah Jenang Grendol. Makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini merupakan makanan berkuah dengan cita rasa yang dominan manis dan gurih.

Jenang Grendol ini dimasak dengan menggunakan bahan dasar tepung kanji dan gula aren. Makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini biasanya disandingkan bersamaan dengan Jenang Baning.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mencicipi cita rasa dari Jenang Grendol ini, kamu bisa menjumpainya di pasar-pasar tradisional di daerah Tulungagung. Dijamin nggak bakalan menyesal kamu mencoba makanan khas Kota Tulungagung yang terbuat dari tepung kanji ini.

10. Ledre, Camilan Khas Tulungagung

makanan khas tulungagung
ledreherbal.wordpress.com

Ledre merupakan salah satu makanan khas Kota Tulungagung yang banyak dijajakan di berbagai toko oleh-oleh khas di Kota Tulungagung. Meskipun begitu, Ledre juga merupakan makanan khas Bojonegoro yang sangat terkenal. Namun kaena banyaknya penjual Ledre di Kota Tulungagung maka Ledre termasuk ke dalam daftar makanan khas Kota Tulungagung.

Ledre disajikan dengan bentuk mirip seperti kue semprong atau banyak yang menyebutnya dengan sebutan stick roll. Makanan khas Kota Tulungagung ini tersedia dalam beberapa varian, diantaranya adalah ledre pisang dan ledre coklat. Ledre ini memiliki tekstur yang renyah sehingga tak heran jika banyak sekali para pecinta kuliner yang mengidolakan makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini.

11. Makanan Khas Tulungagung, Kerupuk Rambak

makanan khas tulungagung
pengusaharambak.blogspot.com

Kerupuk Rambak merupakan makanan khas tulungagung yang sangat enak dan memiliki banyak penggemarnya. Camilan khas Kota Tulungagung yang satu ini biasa kita tambahakan sebagai pelengkap makanan.

Kerupuk Rambak merupakan makanan khas dari Kota Tulungagung yang terbuat dari kulit sapi dan kulit kerbau yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Kulit yang telah kering lalu diberi bumbu dengan racikan khusus sebelum digoreng hingga garing dan mengembang.

Karena bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kerupuk rambak ini dari kulit sapi maupun kulit kerbau, tak heran jika harga yang ditawarkan pun cukup mahal. Meskipun memiliki harga yang tinggi, namun tak sedikit pula wisatawan yang mencari Kerupus Rambak ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ketika pulang ke daerah asal mereka masing-masing.

12. Kopi Ijo dan Cethe Khas Tulungagung

makanan khas tulungagung
www.bukalapak.com

Kopi Ijo merupakan kudapan khas Kota Tulungagung yang sangat istimewa dan tak ada di kota lain. Meskipun namanya kopi ijo, namun kopi ini tidak berwarna hijau melainkan tetap berwarna hitam seperti warna pada kebanyakan kopi pada umumnya.

Kopi Ijo ini merupakan salah satu kopi yang terbuat dari campuran kopi robusta yang telah di panggang di dalam oven yang kemudian dicampur dengan bubuk kacang hijau. Dari campuran kacang hijau inilah asal muasal dari nama Kopi Ijo ini.

Selain Kopi Ijo, Kota Tulungagung juga terkenal dengan sebutan kota Cethe. Cethe sendiri merupakan ampas dari kopi ijo itu sendiri.

Kota Tulungagung merupakan salah satu kota penghasil mermer terbesar di Indonesia. Selain marmer, kota ini juga memiliki kekayaan kuliner yang tentunya dengan cita rasa yang tinggi. Buat kamu yang berencana untuk pergi berlibur, tak ada salahnya jika kamu berlibur ke Kota Tuungagung ini. Banyak makanan kha Tulungagung yang akan menjamu kalian sesampainya di Kota Marmer ini.

Tinggalkan komentar