supardi Seorang yang belum kamu kenal yang suka dunia bisnis digital. yuk kenalan untuk berteman dan saling kerjasama.

Sudah Tahu Fakta Tentang Sejarah Kerajaan Sriwijaya Lengkap ? Simak Disini !

3 min read

sejarah kerajaan sriwijaya

Sejarah Kerajaan Sriwijaya – Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan budha terbesar di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya ini terletak di daerah Sumatra. Dalam bahasa sanksekerta, arti nama kerajaan sriwijaya berasal dari kata sri yang memiliki arti bercahya dan wijaya bermakna kemenangan.

Kerajaan sriwijaya ini juga merupakan salah satu kerajaan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan nusantara. Selain kerajaan majapahit, kerajaan ini juga berhasil memperluas daerah kekuasaannya hingga ke negara tetangga.

sejarah kerajaan sriwijaya

Selain hal yang sudah dijelaskan diatas, apakah kamu mengetahui fakta tentang kerajaan sriwijaya lengkap lainya? jika kamu penasaran dengan fakta tentang kerajaan sriwijaya lengkap lainnya, yuk simak ulasan di bawah ini! agar kamu lebih mengetahui fakta tentang kerajaan sriwijaya lengkap.

Fakta Sejarah Kerajaan Sriwijaya lengkap yang Harus Kamu Tahu

1. Berdirinya Kerajaan Sriwijaya

Berdasarkan catatan pendeta dari China yang bernama I-Tsing, Fakta Sejarah kerajaan sriwijaya berdiri pada awal abad ke 7 dengan raja pertama yang bernama Dapunta Hyang. Bukti ini juga diperkuat dengan sebuah prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya yaitu prasasti kedukan bukit.

sejarah kerajaan sriwijaya

Di dalam prasasti kedukan bukit tersebut tertulis tanggal 683 M sedangkan raja yang memerintah di era tersebut yaitu Dapunta Hyang. Selain itu juga dituliskan bahwa Dapunta Hyang sedang berusaha memperluas daerah kekuasaan bersama 20.000 pasukan setianya. Dan pada masa itu Danputa Hyang mengalami kesuksesan yang sangat besar.

2. Agama dan Budaya yang Ada di Kerajaan Sriwijaya

Agama yang dianut oleh kerajaan sriwijaya adalah Budha Vajrayana. Dan kerajaan sriwijaya ini merupakan pusat pembelajaran agama budha. Sehingga, kerajaan sriwijaya ini banyak didatangi oleh para peziarah dan sarjana yang berada di wilayah asia. Salah satunya pendeta dari china yaitu I-Tsing yang belajar tentang agama budha di kerajaan sriwijaya ini.

Selain agama, berbicara tentang kebudayaan yang ada di kerajaan sriwijaya, di kerajaan ini masih kental dengan pengaruh adat yang berasal dari india.

3. Perdagangan Kerajaan Sriwijaya yang Sangat Maju dan Berkembang Pesat

sejarah kerajaan sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan pusat perdagangan dari negara seperti India dan Tiongkok. Hingga pada akhirnya kerajaan Sriwijaya berhasil mengendalikan jalur perdagangan antara tiongkok dan India. Komoditi ekspor utama kerajaan sriwijaya yaitu aneka rempah-rempah, gading dan emas.

Karena kerajaan sriwijaya terletak di tempat yang sangat strategis, perdagangan di kerajaan sriwijaya sangat maju dan berkembang pesat. Sehingga kerajaan sriwijaya dapat meraup keuntungan yang sangat besar.

4. Raja-Raja yang Pernah Memerintah Kerajaan Sriwijaya

sejarah kerajaan sriwijaya

a. Raja Daputra Hyang

Raja Daputra Hyang merupakan raja pertama yang memerintah kerajaan sriwijaya. Hal ini juga tertulis di dalam prasasti yaitu prasasti kedukan bukit. Raja Daputra Hyang memerintah kerajaan sriwijaya pada tahun 683 M dan sukses memperluas daerah kekuasaannya e berbagai wilayah nusantara.

b. Raja Dharmarestu

Dalam memerintah Kerajaan Sriwijaya, Raja Dharmarestu juga memiliki prestasi yang sangat besar. Ia berhasil meneruskan perjuangan Raja Daputra Hyang yaitu memperluas kekuasaan hingga semenanjung melayu. Pada masa pemerintahan Raja Dharmarestu kerajaan sriwijaya juga berhasil menjalin kerjasama dengan negara India dan China.

c. Raja Balaputradewa

Tentunya saat mendengar nama kerajaan Sriwijaya, kamu pasti tidak asing dengan nama Balaputradewa. Balaputradewa adalah raja yang sangat terkenal di kerajaan sriwijaya ini. Sehingga Balaputradewa disebut sebagai ikon kerajaan sriwijaya.

Balaputradewa memerintah kerajaan sriwijaya sekitar abad 9 masehi dan ia berhasil menjadikan kerajaan sriwijaya menjadi pusat pembelajaran agama budha dari berbagai daerah di wilayah asia. Selain itu, dalam pemerintahan Balaputradewa ia berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai kerajaan seperti kerajaan cola dan nalada yang berasal dari India.

d. Raja Sri Sudamaniwardewa

Dalam pemerintahan Sri Sudamaniwardewa kerajaan sriwijaya mendapatkan serangan dari Raja yang berasal dari jawa timur. Nama raja tersebut yaitu Raja Darmawangsa. Namun serangan dari Raja Darmawnagsa ini berhasil dipatahkan oleh pasukan kerajaan sriwijaya dibawah pimpinan Raja Sri Sudamaniwardewa.

e. Raja Sranggama Wijayatunggawarman

pada era pemerintahan Raja Sranggama Wijayatunggawarman, kerajaan sriwijaya diserang oleh kerajaan Chola yang berasal dari India. Dalam penyerangan ini, kerajaan Chola dipimpin oleh Raja Rajenda Chola dan berhasil merebut kekuasaan kerajaan sriwijaya. Pada akhirnya Raja Sranggama Wijayatunggawarman ini pun ditahan.

5. Masa-Masa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang Harus Diketahui

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim, sehingga kerajaan ini mengandalkan kekuatannya dari sektor kelautan. Pada masa ini, kerajaan sriwijaya gencar melakukan pembangunan kawasan strategis sebagai pangkalan armada kapal-kapal dagang yang berasal dari negara lain.

sejarah kerajaan sriwijaya

Pada abad ke 9, kerajaan sriwijaya ini berhasil menguasai berbagai daerah di nusantara dan negara asia tenggara lainnya. Selain itu pada abad ini kerajaan sriwijaya merupakan pusat pembelajaran agama budha di asia. Sehingga, kerajaan sriwijaya dapat mencapai puncak masa kejayaannya.

6. Sejarah Kerajaan Sriwijaya saat Mengalami Kemunduran

Banyak sekali faktor yang menyababkan runtuhnya kerajaan sriwijaya ini. Awal runtuhnya kerajaan Sriwijaya ini berawal dari serangan kerajaan india yaitu kerajaan chola yang dipimpin oleh Raja Rajendha Chola. Kerajaan chola berhasil merebut kekuasaan kerajaan sriwijaya dan telah melepaskan kekuasaan atas kapal dan berbagai jenis transit yang dikenakan biaya dan cukai.

Faktor lain yang menyebabkan kerajaan sriwijaya mengalami keruntuhan , semenjak serangan kerajaan chola dan berhasilnya kerajaan chola dalam merebut kekuasaan sriwijaya, banyak sekali kerajaan kecil yang dulunya bergabung dengan kerajaan sriwijaya melepaskan diri dari pengaruh kerajaan sriwijaya. Sehingga kerajaan sriwijaya benar-benar telah kehilangan kekuatan dan akhirnya kerajaan sriwijaya mengalami keruntuhan.

sejarah kerajaan sriwijaya
peninggalan kerajaan sriwijaya

Nah itulah beberapa fakta tentang sejarah kerajaan sriwijaya lengkap. Apakah kamu sudah mengetahuinya ? dan semoga dengan fakta yang dijelaskan diatas dapat menambah pengetahuan kamu tentang kerajaan sriwijaya yang sangat terkenal ini.

supardi Seorang yang belum kamu kenal yang suka dunia bisnis digital. yuk kenalan untuk berteman dan saling kerjasama.
× Kirim Pesan