supardi Seorang yang belum kamu kenal yang suka dunia bisnis digital. yuk kenalan untuk berteman dan saling kerjasama.

Mengintip Sejarah Kerajaan Singasari Dan Sosok Ken Arok Yang Melegenda

3 min read

sejarah kerajaan singasari

Sejarah Kerajaan Singasari – Kerajaan singosari merupakan salah satu kerajaan hindhu budha terbesar di Indonesia. Kerajaan singosari ini tepatnya terletak di daerah kabupaten malang, Jawa timur. Kerajaan singosari sudah berdiri sebelum kerajaan majapahit dan kerajaan singosari ini merupakan awal berdirinya dari kerajaan kediri.

Saat kamu mendengar kerajaan singosari, kamu pasti tidak asing lagi dengan sosok kerajaan singosari yang sangat melegenda yaitu ken arok. Pada masa pemerintahan ken arok, kerajaan singosari mencapai puncak kejayaannya dan bahkan tidak ada yang bisa menandingi.

Selain penjelasan singkat di atas, kerajaan singosari juga mempunyai berbagai sejarah yang sangat penting lainnya. Penasaran dengan sejarah lengkap kerajaan singosari dan sosok ken arok yang melegenda ? berikut ini adalah sejarah kerajaan singosari. Yuk simak ulasannya

Sejarah Kerajaan Singasari

sejarah kerajaan singasari
google.com

1. Berbagai Sumber Sejarah Kerajaan Singasari yang Sering Digunakan Oleh Ahli Sejarah

a. Kitab Negarakartagama

Isin dari kitab negarakertagama adalah tentang raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan singasari. Didalam kitab ini juga menjelaskan tentang raja majapahit yang awalnya menjalin hubungan yang sangat aik dengan kerajaan singasari. Kitab Negarakartagama ini merupakan karangan dari mpu prapanca.

b. Kitab Pararaton

Kitab Pararaton ini berisikan tentang kisah ken arok yang mendirikan kerajaan singasari. Sebelum mendirikan kerajaan singasari, pada awalnya ken arok menjadi bupati tumapel menggantikan tunggul ametung yang telah dibunuhnya.

Pembunuhan tunggul ametung dikarenakan karena ken arok mencintai dan menginginkan istri dari tunggul ametungb yaitu ken dedes. Dan kemudian ia melepaskan kabupaten tumapel dari kekuasaan kediri. Dan akhirnya, ken arok menyerang kerajaan kediri dan kemudian mendirikan kerajaan singosari. Kisah ini merupakan kisah awal berdirinya kerajaan singasari.

c. Bangunan Candi

sejarah kerajaan singasari
elrajab.com

Sumber sejarah terakhir dari kerajaan singasari adalah bangunan candi. Bangunan ini banyak ditemukan di sekitar daerah malang dan surabaya. Candi-candi yang ditemukan yaitu candi singasari, candi kidal, dan candi jago.

2. Awal Berdirinya Kerajaan Singasari

Menurut sebuah kitab yaitu kitab pararaton, pendiri kerajaan singasari yaitu ken arok. hal ini bermula ketika ken arok membunuh tunggul ametung karena menginginkan istrinya yaitu kendedes. Setelah meninggalnya tunggul ametung, ia memperistri kendedes dan menjadi bupati tumapel yang pada saat itu di bawah pemerintahan kerajaan kediri yang dipimpin oleh kertajaya.

Pada tahun 1222 pendeta dari kerajaan kediri meminta bantuan kepada ken arok karena sikap sewenang wenang raja kediri. Hal ini di manfaatkan oleh ken arok untuk menyerang kerajaan kediri. Dan Akhirnya, raja kertajaya dan prajuritnya gugur dalam peperangan tersebut dan ken arok diangkat menjadi raja dan menyatukan tumapel dengan bekas kerajaan kediri. Sehingga, disebut kerajaan singasari.

3. Sejarah Kerajaan Singasari – Raja Raja yang Pernah Memerintah di Kerajaan Singasari

a. Ken Arok

Ken Arok merupakan raja pertama kerajaan singasari sekaligus pendiri kerajaan ini. Pasa pemerintahan ken arok dimulai pada tahun 1222 hingga 1227 M. Dan pada tahun 1227 M ken arok dibunuh oleh suruhan anak tirinya yaitu Anuspati.

b. Anuspati

Setelah berhasil membunuh ayah tirinya yaitu ken arok, anuspati pun langsung memerintah kerajaan singosari. Raja Anuspati merupakan raja yang paling buruk pada masa pemerintahan kerajaan singosari. ia tidak melakukan apa-apa terhadap kemajuan kerajaan dan hanya berfokus pada hobinya saja yaitu menyabung ayam.

Tidak lama kemudian penyebab kematian ken arok pun berhasil diketahui oleh putra kandung ken arok yang bernama tohjaya. Hingga akhirnya, tohjaya pun berhasil membunuh anuspati dan di makamkan di candi kidal.

c. Tohjaya

Pada pemerintahan tohjaya ini, berlangsung tidak terlalu lama. Anak dari anuspati yaitu ranggawuni ingin membalas dendam atas kematian ayahnya dengan cara menggulingkan tahta pemerintahan tohjaya. Dalam menjalankan rencananya ranggawungi di dampingi oleh mahesa cempaka. Hingga pada akhirnya, tahta tohjaya pun berhasil digulingkan.

d. Ranggawuni

Setelah meninggalnya tohjaya, ranggawuni pun langsung menduduki tahta kerajaan. Ia memerintah kerajaan singasari pada tahun 1248 hingga pada tahun 1268. Dalam memerintah kerajaan singasari, ia memiliki gelar yaitu Sri Jaya Wisnuwardana.

Pada tahun 1254, ia mengangkat putranya yaitu kertanegara sebagai raja muda. dan pada tahun 1268 ranggawuni meninggal dunia dan dimakamkan di candi jago.

e. Kertanegara

Kertanegara adalah raja terakhir dan merupakan raja terkenal di kerajaan singasari. Pada masa pemerintahaan kertanegara, kerajaan singasari mengalami masa kejayaannya. Karena kertanegara merupakan raja yang sangat baik dan bisa mengayomi rakyatnya.

Di masa pemerintahan raja kertanegara ia telah berani keluar wilayah untuk memperluas daerah kekuasaannya. Raja kertanegara memerintah kerajaan singosari mulai tahun 1268 dan berakhir pada tahun 1292 M.

4. Runtuhnya Kerajaan Kediri

Penyebab runtuhnya kerajaan kediri ada dua sebab. Faktor utaman yang membuat kerajaan kediri runtuh yaitu tekanan dari Dinasti Yuan Di China dan Seorang tokoh dari kerajaan di india yaitu kubilai khan. Dalam hal ini, kubilai khan meminta agar kerajaan singasari berada di bawah kekuasaan china.

Namun, kertanegara menolak mentah-mentah keputusan ini dan menghina utusan kubilai khan yaitu Meng Chi. Sejak tekanan dari dinasti yuan dan kubilai khan itu raja kertanegara mulai fokus menjaga pertahanan laut dan kurang memperhatikan pertahanan di dalam kerajaan.

Dalam hal ini, jayakatwang yang merupakan penguasa kediri memanfaatkan untuk melakukan pemberontakan di tahun 1292. Dan pada akhirnya kerajaan singasari pun mulai runtuh.

Nah itulah sejarah kerajaan kediri mulai dari awal berdirinya hingga keruntuhannya. Selain itu dengan ulasan di atas kamu sudah mengerti bukan siapa sosok ken arok yang sebenarnya ?. Dengan membaca sejarah di masa lalu selain bisa digunakan menambah pengetahuan, bisa juga digunakan untuk media pembelajaran untuk kehidupan di masa depan.

supardi Seorang yang belum kamu kenal yang suka dunia bisnis digital. yuk kenalan untuk berteman dan saling kerjasama.
× Kirim Pesan