Yap, 13 Makanan Khas Wonogiri ini yang Wajib Kamu Coba!

Makanan Khas Wonogiri– Wonogiri merupakan salah satu Kota yang terkenal di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki daya tarik wisata yang tinggi dan tak kalah menarik dengan daerah yang berada di sekitaran Jawa Tengah seperti Kota Solo Maupun Kota Yogyakarta. Tak hanya wisatanya saja yang menjadi sorotan, namun jajanan khas dan hidangan khasnya juga tak kalah menggugah selera.

Jika kamu sedang berkunjung ke Kota Wonogiri atau hanya sekedar melintasi Kota Wonogiri, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi berbagai makanan khas Kota Wonogiri yang terkenal akan kelezatannya.

Nah, tapi tau nggak sih sobat apa aja makanan khas Kota Wonogiri ini? Bagi kamu yang belum tau menu makanan khas Wonogiri, kami akan memberi bocoran nih tentang menu makanan khas Wonogiri. Simak penjelasan lengkapnya ya, hanya di elrajab.com.

Daftar Makanan Khas Wonogiri yang Lezat!

1. Makanan Khas Wonogiri, Nasi Tiwul

makanan khas wonogiri
www.negerikuindonesia.com

Makanan khas Kota Wonogiri yang pertama adalah Nasi Tiwul. Nasi Tiwul merupakan salah satu makanan khas Kota Wonogiri yang pastinya sudah cukup familiar di kalangan masyarakat Kabupaten Wonogiri. Tak hanya dtemukan di Kota Wonogiri saja, siapa sangka bahwa makanan khas yang satu ini juga merupakan makanan khas trenggalek loh sobat.

Nasi Tiwul ini merupakan salah satu menu makanan yang terbuat dari singkong yang telah dikeringkan terlebih dahulu atau masyarakat biasa menyebutnya dengan nama gaplek lalu ditumbuk halus. Tak lupa pula ditambahkan gula jawa untuk memberi rasa manis pada Nasi Tiwul ini. Cita rasa yang disajikan makanan khas yang satu ini yakni rasa manis yang sangat khas.

2. Cabu Khas Wonogiri

makanan khas wonogiri
www.bukalapak.com

Makanan khas Wonogiri yang selanjutnya adalah Cabu. Cabu, merupakan slaah satu menu makanan khas yang terbuat dari bahan dasar biji wijen yang dicampur dengan merang padi yang telah dibakar terlebih dahulu.

Makanan khas yang satu ini memiliki warna hitam yang khas. Warna hitam ini berasal dari merang padi yeng telah dibakar. Cabu ini biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang agar menambah aroma dan cita rasa dari makanan khas yang satu ini.

3. Makanan Khas Wonogiri, Pindang Kambing

makanan khas wonogiri
cookpad.com

Pindang Kambing merupakan salah satu makanan khas Kota Wonogiri yang legendaris. Menu makanan khas yang satu ini dibuat dengan bahan dasar kikil kambing dan jeroan kambing. Selain terbuat dari kikil dan jeroan kambing, makanan khas yang satu ini juga terbuat dari tepung gaplek yang kemudian dicampur dengan kikil dan jeroan kambing.

Makanan khas Kota Wonogiri yang satu ini biasanya disaijkan dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun jati. Cita rasa yang disuguhkan makanan khas yang satu ini pastinya sangat menggugah selera.

4. Jangan Lombok Ijo Khas Wonogiri

makanna khas wonogiri
cookpad.com

Makanan khas Kota Wonogiri yang selanjutnya adalah Jangan Lombok Ijo. Jangan Lombok Ijo merupakan sayur yang terbuat dari cabai hijau. Makanan khas yang satu ini merupakan makanan sehari-hari masyarakat Kota Wonogiri sejak jaman dulu.

Jangan Lombok Ijo ini merupakan sayuran berkuah santan kelapa sehingga makanan khas yang satu ini memiliki rasa gurih bercampur dengan rasa pedas yang khas. Sayur yang satu ini biasanya dihidangkan waktu makan siang ataupun makan malam.

5. Makanan Khas Wonogiri, Ayam Panggang

makanan khas wonogiri
sajiansedap.grid.id

Ayam Panggang khas Kota Wonogiri merupakan salah satu hidangan favorit di kalangan masyarakat Wonogiri sendiri. Namun pada kenyataannya makanan khas Kota Wonogiri yang satu ini juga banyak diminati para pecinta kuliner dari luar Kota Wonogiri.

Menu makanan ini biasanya disajikan lengkap dengan sambal dadak, urap sayur bumbu kelapa, dan tak lupa pula berbagai macam varian jus yang akan melengkapi teman makan kamu.

Jadi bagi kamu yang sedang singgah di Kabupaten Wonogiri jangan lewatkan untuk mencicipi lezatnya Ayam Panggang khas Wonogiri ini ya sobat. Karna memang tak lengkap rasanya kamu berkunjung ke Kota Wonogiri namun belum mencoba hidangan wajib khas Wonogiri yang rasanya sungguh istimewa.

6. Wader Goreng Khas Wonogiri

makanan khas wonogiri
cookpad.com

Makanan khas Kota Wonogiri yang selanjutnya adalah Wader Goreng. Wader goreng memang dapat dengan mudah kita temui di berbagai daerah lain, namun karena banyak masyarakat Wonogiri yang menyukainya maka Wader Goreng dijadikan sebagai makanan khas Kota Wonogiri.

Ikan wader merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hanya bisa hidup di perairan yang jernih. Kamu akan dengan mudah menemukan makanan khas Wonogiri ini yakni Wader Goreng jika kamu sedang berwisata ke objek wisata Waduk Gajah Mungkur. Di sana merupakan sentra penjualan wader goreng ini sobat. Soal rasa, eeetttss jangan dianya lagi. Cemilan khas ini sudah pasti memiliki cita rasa yang enak dan tiada duanya.

Tak hanya soal rasa saja yang enak. Wader Goreng ini sangat enak untuk dijadikan camilan di mana pun kita berada. Tapi wader goreng ini juga cocok untuk dijaadikan sebagai teman makan kita sobat.

7. Makanan Khas Wonogiri, Lentho

makanan khas wonogiri
cookpad.com

Lentho merupakan salah satu makanan khas Kota Wonogiri yang terbuat dari bahan dasar singkong dan kacang tholo. Makanan ini merupakan makanan yang sangat sederhana dan merakyat. Tak hanya itu saja, makanan ini juga menjadi makanan yang terkenal di Kota Wonogiri. Makanan khas yang satu ini biasanya banyak dijajakan pada pagi hari.

8. Besengek Khas Wonogiri

makanan khas wonogiri
www.youtube.com

Makanan khas Wonogiri yang selanjutnya adalah Besengek. Menu makanan yang satu ini merupkan makanan yang terbuat dari tempe kara. Makanan yang satu ini biasanya dihidangkan dengan cara dibungkus dengan daun jati agar menciptakan rasa yang berbeda dari tempe yang lainnya.

Besengek ini sangat cocok jika dimakan dengan cabe rawit sebagai lalapannya. Tak hanya itu saja, Besengek juga dapat kita jadikan sebagai lauk yang disandingkan dengan nasi tiwul maupun sayur lombok ijo.

Untuk menikmati kuliner khas Kota Wonogiri yakni Besengek ini kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan membayar 3.000 rupiah saja kamu sudah dapat menikmati lezatnya kuliner khas Wonogiri yang satu ini.

9. Makanan Khas Wonogiri, Geti

makanan khas wonogiri
www.bukalapak.com

Geti merupakan salah satu kuliner khas Kota Wonogiri yang terbuat dari campuran biji wijen, gula jawa, dan jahe. Geti ini juga ternyata dapat kita temukan di Kota Tulungagung, karena Geti juga merupakan salah satu makanan khas Tulungagung yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar.

Makanan Khas Wonogiri yang satu ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, saudara, maupun tetangga kamu masing-masing. Harga yang ditawarkan kuliner khas Wonosobo pun cukup terjangkau.

10. Emping Khas Wonogiri

makanan khas wonogiri
www.bukalapak.com

Makanan khas Kota W0nogiri yang selanjutnya adalah Emping. Emping ini merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Kota Wonogiri. Kuliner khas yang memiliki banyak penggemar ini terbuat dari bahan dasar biji melinjo yang telah disangrai dengan menggunakan pasir lalu dipipihkan.

Biji melinjo yang telah pipih kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering. Emping yang telah kering kemudian digoreng dan ditambahkan campuran bumbu sebagai variasi rasanya.

11. Makanan Khas Wonogiri, Kacang Mede

makanan khas wonogiri
kacangmete.com

Kacang Mede merupakan salah satu makanan yang memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar biji jambu mede yang sebelumnya telah dikeringkan terlebih dahulu. Cita rasa yang ada pada Kacang Mede ini gurih dan pastinya enak. Tak heran jika Kacang Mede merupakan salah satu camilan yang banyak diminati berbagai kalangan.

12. Pecel Mie Pentil Khas Wonogiri

makanan khas wonogiri
cookpad.com

Makanan khas Kota Wonogiri yang selanjutnya adalah Pecel Mie Pentil. Makanan khas ini merupakan sajian pecel biasa yang ditambahkan dengan Mie Pentil sebagai pelengkapnya.

Mie pentil merupakan mie yang terbuat dari tepung ketela pohon atau sering kita menyebutnya tepung tapioka. Mie yang satu ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan ukurannya pun lebih besar dari mie pada umumnya.

Pecel Mie Pentil ini juga berisi berisi berbagai sayuran segar diantaranya, kecambah lamtaro, daun pepaya, bayam, wortel, dan kacang panjang yang ditata rapi kemudian disiram dengan sambel pecel yang khas.

13. Makanan Khas Wonogiri, Tahu Wonogiri

makanan khas wonogiri
plus.google.com

Tahu Wonogiri merupakan tahu yang berbeda dengan tahu pada umumnya. Tahu asli Wonogiri ini lebih awet dan memiliki tekstur yang lebih keras dari tahu pada umumnya. Tahu ini sangat identik dengan ukurannya yang mungil-mungil.

Nah, itulah beberapa Makanan Khas Wonogiri yang dan dapat kamu coba ketika kamu sedang berkunjung ke Kota Wonogiri. Gimana nih, sudah menentukan menu makanan khas Wonogiri yang ingin kamu coba? Simak terus artikel lainnya hanya di elrajab.com.

Tinggalkan komentar