supardi Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran

Makanan Khas Indonesia yang Terkenal

3 min read

makanan khas Indonesia

Makanan yang ada di Indonesia memang sangat beragam dan memiliki ciri khas masing-masing daerah. Di setiap daerah yang berbeda maka anda juga bisa menemukan makanan khas yang ada di sana. Makanan khas indonesia memang terkenal dengan keasliannya dengan berbagai macam rempah yang tentunya memperkaya cita rasa yang ada. Dengan mengetahui beberapa makanan khas indonesia berikut anda juga sekaligus mengetahui keanekaragam yang ada di Indonesia.

Simak beberapa makanan khas indonesia yang cukup terkenal dan banyak disukai oleh masyarakat.

Makanan khas Indonesia yang Terkenal

1. Gado-gado

Makanan khas yang berasal dari Jawa ini biasanya disebut sebagai “saladnya” Indonesia. Memiliki campuran berbagai macam sayuran seperti wortel, kubis, sla, dan sebagainya serta biasanya ditambah dengan tempe dan tahu goreng yang membuatnya semakin nikmat saat diguyur dengan bumbu kacang. Tidak lupa diberi pelengkap kerupuk yang tidak perah lepas dari menu makan orang jawa.

makanan khas indonesia gado gado

Gado-gado pernah diikutsertakan dalam lomba yang bersaing dengan kuliner dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama. Hal tersebut karena memiliki nilai estetika serta keunikan bahan yang digunakan, dengan cita rasa yang dinilai sangat tinggi.

2. Sop buntut

Sop buntut

Sop buntut sapi memang sangat nikmat sehingga tidak heran jika banyak digemari oleh masyarakat Indonesia bahkan turis mancanegara. Cita rasa sop buntut yang begitu nikmat karena kaldu sapi yang begitu kuta membuat makanan ini memiliki banyak penggemar.

3. Tempe

Tempe goreng

Tempe juga termasuk makanan khas indonesia yang menjadi makanan yang sangat merakyat namun tetap nikmat. tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan kemudian diolah dengan cara penyajian yang sangat bervariatif. Tempe bisa menjadi teman untuk menyantap makanan pokok, namun juga bisa dihidangkan sebagai cemilan yang berupa keripik tempe.

4. Rendang

rendang

Tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia, ternyata makanan khas Sumatera Barat ini juga cukup tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Bahkan Rendang yang terbuat dari daging dengan bumbu yang begitu kaya ini berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman. Rasanya yang sangat khas dan keempukan dagingnya yang sudah sangat meresap bumbunya menjadi faktor penentu utama.

5. Sate

Sate khas Indonesia

Sate Padang dan sate Madura menjadi varian yang cuku terkenal sekaligus menjadi favorit banyak orang. bahkan banyak juga wisatawan asing yang mencari dan ingin mencoba sate karena dianggap memiliki cita rasa yang khas dan enak. Berbagai varian sate seperti yam, kambing, bahkan kelinci memang sangat nikmat dinikmati dengan bumbu kacang yang khas.

6. Gudeg

Gudeg khas jogja

Makanan khas yang berasal dari Yogyakarta ini telah menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan internasional. Pasalnya, ternyata banyak negara yang ingin mengimpor makanan ini dalam bentuk kalengan. Hal itu tentu karena rasa dari gudeg yang sangat kaya dengan rempah serta memiliki rasa manis yang pas. Makanan khas jogja memiliki citra rasa yang khas yaitu manis.

7. Soto

Indonesia juga memiliki banyak varian soto yang tersebar di berbagai wilayah, hal tersebut seperti soto Betawi, coto Makassar, soto lamongan, soto babat, da sebagainya. Keunikan setiap rempah yang ada dalam soto menjadi ciri khas masing-masing varian soto di berbagai daerah di Indonesia. Hal itu pulalah yang membuat soto menjadi salah satu makanan ternama di dunia.

Soto

Indonesia sejak zaman penjajahan memang sudah dikenal karena memiliki rempah-rempah yang sangat beragam. Berbagai macam rempah yang ada juga membuat makanan khas indonesia semakin kaya cita rasa yang dimilikinya.

Di berbagai daerah anda akan menemukan makanan khas yang cita rasanya sangat kental dengan rempah indonesia. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang juga begitu menukai masakan khas indonesia karena cita rasanya yang begitu khas saat dimakan.

8. Nasi rawon

Makanan khas Indonesia yang selanjutnya aalah nasi rawon. Nasi rawon ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berbahan dasar daging sapi yang telah direbus lama hingga emiliki tekstur yang empuk. Ciri khas dari nasi rawon yang membedkan dengan makanan tradisional lainnya adalah warnanya yang hitam pekat. Warna hitam pada kuah rawon ini dihasilkan dari biji kluak yang telah dihaluskan.

Nasi rawon

Nasi rawon ini memiliki rasa yang cenderung pedas namun masih bisa dinikmati oleh semua orang temasuk orang yang tidak suka makanan pedas sekalipun. Makanan khas yang unik ini berasal dari daerah Jawa Timur.

9. Ayam Taliwang

Dari daerah Jawa Timur kita berpindah ke Nusa Tenggara Barat. Di daerah Nusa Tenggara Barat ini terdapat satu makanan khas yang berbahan dasar daging ayam. Makanan khas NTB ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita, bahkan banyak wisatawan asing yang menyukai hidangan khas ini. Hidangan populer ini bernama ayam taliwang.

Ayam taliwang adalah ayam yang dibakar dengan tambahan bumbu rempah-rempah seperti cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi yang telah digoreng, kencur, gula merah, dan tak lupa garam. Ayam taliwang ini biasanya disajikan bersama menu tambahan lainnya seperti plecing kangkung.

10. Kerak telor

Makanan khas yang selanjutnya adalah kerak telor. Kerak telor ini merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Jakarta, khususnya dari masyarakat suku betawi. Makanan unik yang satu ini tebuat dari nasi ketan yang dimasak diatas arang.

Kuliner kerak telur

Sesuai dengan namanya, kerak telor ini tak hanya terbuat dari nasi ketan saja namun juga dengan campuran telur ayam atau telur bebek yang dimasak bersamaan dengan nasi ketan yang digoreng tipis diatas penggorengan. makanan yang seperti dengan omelet ini biasanya diisi dengan bawang goreng dan kelapa parut.

11. Mie Aceh

Mie aceh

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki berbagai macam makanan khas yang tak hanya populer di Indonesia namun telah terkenal di dunia. Makanan khas ini aalah Mie Aceh. Sesuai dengan namanya, mie aceh terbuat dari bahan dasar mie kuning tebal dengan campuran irisan daging yang disajikan dengan guyuran sup kari pedas gurih. Saking lezatnya maka tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Aceh namun belum mencicipi mie khas bumi Aceh ini.

12. Bika Ambon

Oleh oleh Bika ambon

Jika Aceh terkenal dengan Mie Acehnya, lain halnya dengan daerah Sumatera Utara yang sangat terkenal dengan bika ambonnya. Mungkin banyak yang salah paham dengan nama makanan khas yang satu ini, karena menggunakan nama ambon namun bukan berasal dari daerah Ambon. Bika ambon ini sendiri merupakan kue yang memiliki rasa manis harum lezat serta memiliki rongga udara yang besar pada bagian tengahnya.

Rasa yang begitu lezat membuat kue yang satu ini memiliki banyak penggemar hingga ke luar daerah. Saking terkenalnya kue ini hingga muncul banyak varian rasa baru yang tak kalah enaknya. Varian rasa tebaru ini mulai dari keju hingga durian.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Mari lestarikan makanan khas indonesia agar semakian dikenal oleh generasi milenial dan mancanegara.

supardi Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran

Tinggalkan Balasan

× Kirim Pesan