Macam-Macam Makanan Khas Gombong yang Sangat Enak

sate makanan khas gombong
tempatplesir.blogspot.com

Makanan Khas Gombong – Gombong merupakan daerah yang berada di bagian paling barat di kabupaten Kebumen. Di sana banyak sekali tempat-tempat wisata yang sangat bagus dan mearik untuk di kunjungi. Wisata alam di sana juga tidak kalah bagus dengan tempat wisata di daerah lainnya. Tempat wisata selalu ada banyak makanan khas daerah Gombong sendiri yang di jual. Inilah Macam-macam makanan khas Gombong yang harus kamu coba!

Sate Ambal Menjadi Makanan Khas Gombong, Kebumen

Sate Ambal merupakan sate yang berasa dari kecamatan Ambal sebetulnya. tapi sudah menjadi makanan khas tersendiri untuk tempat wisata di kabupaten Kebumen pasti ada aja yang menjual makanan yang sangat disukai wisatawan lokal maupun luar daerah. Rasanya sangat lezat, berbeda dengan sate Madura dari segi sambalnya. Kalau Sate Madura terasa manis untuk sambalnya, kalau sate Ambal terasa gurih.

Wisatawan yang sedang berwisata di daerah Gombong jangan lupa mencicipi makanan khas Gombong ini. Harga untuk satu porsi sate ambal ini sekitar 20.000.

Lanthing Menjadi Simbol Makanan Khas Kebumen

Lanthing berasal dari Ketela (budhin=bahasa kebumen) ini berasa dari daerah Karangayar karena Kebanyakan yang membuat lanthing berasal dari daerah tersebut. jadi tidak salah kalau orang menyebutnya menjadi lanting karangayar.

Makanan yang renyah ini menjadikan lidah terasa lezat dan nikmat. Biasanya lanthing di beri warna merah dan putih yang menjadikan simbol kalau lanthing ada saat hari kemerdekaan. dan menjadikan simbol cinta tanah air Indonesia.

Nasi Penggel

Makanan Khas Gombong yakni Nasi Penggel. Makanan ini belum ada di daerah Jawa Tengah. Nasi penggel berisi nasi, kikil,dan sayur Gori atau dengan kata lain sayur nangka muda. Pembeda Nasi penggel ini adalah nasinya di buat seperti nasi kepal. satu porsi berisi 8 sampai 10 bulatan. Kikil sudah di masak sampai terasa lunak dan enak saat di makan. Makan nasi penggel enak kalau dimakan  dengan tempe yang baru di goreng.

Nasi Penggel ini kurang populer dengan makanan khas Gombong lainnya. Penjualny masih terlalu sedikit. Biasanya yang sering jual nasi penggel ini di sekitar alun-alun kebumen depan masjid agung kebumen.

Golak dan Gembus

Makanan yang satu ini juga sebenarnya dari kecamatan Karangayar. Makanan ini sering muncul ketika ada pertunjukan kesenian daerah, seperti wayang, dolalak, atau ada penganti juga ada biasanya. Makanan ini berbentuk angak 8 , bedanya dengan lanthing yaitu lebih besar ukurannya. Semua nya di goreng dengan minyak kelapa dan di goreng di tempat biasanya.

Bahan utama membuat Golak dan Gembus adalah ketela pohon/ singkong. Singkong yang di pilih untuk membuat makanan ini yang tidak ada racunya atau tidak terasa pahit. Karena ada singkong yang mengandung racun.

Cara membuat makanan ini yaitu dengan mengupas kulit singkongnya terlebih dahulu, kemudian rendam dahulu untuk menghilangkan zat-zat yang berbahya dalam singkongnya. Kemudian di jemur sampai kering. Lalu diparut dan dicampur dengan bumbu-bumbu dan diaduk sampai rata. Terakhir di bentuk menjadi angka 8 untuk Golak dan huruf  O untuk Gembus dan di goreng di dalam minyak kelapa yang sudah mendidih.

Soto Bebek Asli Gombong, Kebumen, Jawa Tengah

Soto ini sangat beda dengan soto lainnya. Karena keunikannya, soto ini menjadi kuliner favorit warga gombong dan pengunjung yang datang ke warung pak kenthung yang berada di Gombong. Uniknya yaitu berasal dari dagung bebek. Biasanya kan soto berasal dari daging sapi atau ayam.

Mempunyai pengalaman inilah, daging bebek di masak sampai benar-benar lunak dan mudah untuk dimakan. Dicampur dengan bumbu-bumbu rahasia menjadikan soto pak Kenthung menggugah selera makan Anda.

Sale Pisang Khas Kebumen

Sale Pisang Khas Kebumen ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saudara atau teman di rumah. Bentuknya sangat tipis dan rasanya sangat enak membuat lidah ketagiahn terus. Rasanya manis dan gurih.

Yutuk Goreng

Yutuk merupakan hewan yang hidupnya di sekitar pantai. Hewan bercangkang yang mirip dengan undur-undur. warga biasanya menangkap hewan ini untuk dijadikan lauk sehari-hari.Rasanya renyah dan gurih seperti makan udang.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: