Inilah 9 Makanan Khas Pati yang Banyak Diburu Para Pecinta Kuliner!

Makanan Khas Pati – Kota Pati merupakan salah satu kota yang memiliki kekayaan wisata kuliner yang sudah tak diragukan lagi kelezatannya. Makanan yang khas berasal dari Kota Pati ini bisa membuat orang yang datang ke Kota Pati bisa kembali lagi ke Kota Pati hanya sekedar untuk menikmati kuliner-kuliner khas yang ada di Kota Pati.

Makanan khas Kota Pati ini terkenal memiliki cita rasa yang unik dan tak biasa dibandingkan dengan kuliner di kota-kota lain misalnya makanan khas Tuban yang juga termasuk kabupaten tetangga juga memiliki cita rasa berbeda. Alasan inilah mengapa banyak para pecinta kuliner yang datang kembali lagi ke Kota Pati untuk menikmati kulinernya yang susah dilupakan.

Memang apa saja sih makanan khas yang ada di Kota Pati? Simak artikel tentang makanan khas Kota Pati ini hanya di elrajab.com.

Daftar Makanan Khas Kota Pati

1. Nasi Gandul Khas Pati

makanan khas pati
Diseduh.com

Makanan khas Kota Pati yang pertama adalah Nasi Gandul. Nasi Gandul ini merupakan makanan khas Kota Pati dengan tambahan jerohan, lidah atau daging sapi sebagai bahan utama yang dipakai dalam pembuatan Nasi Gandul ini.

Daging sapi diolah dengan rempah-rempah antara lain jinten, kencur, jahe, terasi bakar dan gula merah sehingga menciptakan aroma yang khas dengan rasa yang manis.

Nasi Gandul sangat nikmat jika dimakan dengan lauk tambahan seperti tempe goreng, telur bacem atau perkedel serta disajikan dengan alas daun pisang. Nasi Gandul yang disajikan dengan alas daun pisang inilah yang memberikan tampilan yang khas pada makanan khas Pati yang satu ini.

Nasi Gandul juga cocok disajikan dengan berbagai macam sayuran bersantan. Lokasi yang sangat recomended untuk dijadikan pilihan yang tepat jika anda sedang berkunjung ke kota Pati ini.

2. Makanan Khas Pati, Soto Kemiri

makanan khas pati
ticpati.com

Makanan khas Kota Pati yang selanjutnya adalah Soto Kemiri. Soto ayam kemiri merupakan soto yang berbeda dari soto biasanya. Dari segi cita rasa pun jauh berbeda dengan soto pada umumnya.

Kaldu ayam serta bumbu soto pada soto kemiri lebih terasa. Uniknya, Soto Kemiri menggunakan porsi mangkok kecil. Tak hanya itu saja, ayam yang digunakan dalam Soto Kemiri ini pun berukuran kecil yang dibumbui dengan bumbu kuning.

Ciri khas yang menonjol dari Soto Kemiri ini adalah kuahnya yang lebih encer serta aroma kemiri yang kuat menjadikan Soto khas Kota Pati ini menjadi salah satu makanan khas yang banyak dirindukan para pecintanya.

3. Sego Tewel Khas Pati

makanan khas pati
dapurmamigue.blogspot.com

Setelah dari Kota Pati bagian Utara, kita menuju ke bagian Kota Pati bagian Selatan. Tepatnya di daerah Tambakromo ini terdapat kuliner khas Pati berkuah yang cukup terkenal dikalanagan para pelancong.

Makanan tersebut adalah Sego Tewel. Eeetts, makanan ini bukan sayur lodeh biasa loh yaa. Sego Tewel ini merupakan nasi yang dipadukan dengan sayuran dari nagka muda.

Makanan khas Pati yang satu ini biasanya disajikan di atas piring yang dilapisi dengan daun jati. Penggunaan daun jati dalam penyajian Sego Tewel ini dimaksudkan agar Sego Tewel ini menghasilkan aroma yang khas dan sekaligus menambah cita rasa masakan.

Jika kalian ingin menikmati hidangan khas Kota Pati yang satu ini, jangan lupa mampir di daerah Desa Tambakromo. Sego Tewel ini memiliki harga yang sangat bersahabat di kantong. Jadi jangan lupa untuk mencoba makanan khas KOta Pati yang satu ini yaa.

4. Makanan Khas Pati, Petis Kambing Runting

makanan khas pati
dons-asli.blogspot.com

Makanan khas Kota Pati yang selanjutnya merupakan makanan yang berbahan dasar daging kambing. Kuliner ini bernama Petis Kambing Runting karena makanan khas ini berasal dari Desa Runting.

Petis Kambing Runting ini rasanya hampir mirip dengan gulai kambing pada umumnya. Namun yang membedakan Petis Kambing Runting ini dari gulai kambing biasa terletak pada kuahnya yang lebih kental dan gelap. Kuah makanan khas ini dicampur dengan tepung beras sehingga menghasilkan kuah yang relatif lebih kental.

Kuah Petis Kambing Runting yang telah dicampur dengan tepung beras ini memilikicita rasa yang sangat gurih. Yap, karena cita rasanya yang enak inilah yang menjadikan banyak pecinta kuliner jauh-jauh datang ke Desa Runting demi bisa menikmati makanan khas Petis Kambing Runting ini.

5. Opor Saudah Khas Pati

makanan khas pati
reseptina.com

Kuliner khas Kota Pati yang selanjutnya adalah Opor Ayam Ibu Saudah. Makanan khas ini tepatnya berada di Keecamatan Gunungwungkal. Opor Ayam Ibu Saudah ini memang jika dilihat sepintas seperti opor ayam biasa. Namun yang membuat Opor Ayam Ibu Saudah ini istimewa adalah porsi potongan ayamnya yang sangat besaar.

Lauk pauk lainnya yang dapat disandingkan dengan Opor Ayam Ibu Saudah ini diantaranya adalah tahu, sayur tewel, sambel, dan tempe goreng yang sudah dijamin kelezatannya.

Bagi kalian yang ingin mencicipi Opor Ayam yang sangat istimewa ini silahkan mampir ke warung makan Ibu Saudah yang berada tak jauh dari Polsek Gunungwungkal.

Untuk menikmati seporsi Opor Ayam Ibu Saudah ini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Makanan khas yang satu ini hanya dibandrol dengan harga Rp 10.000 saja kok. Sangat bersahabat di kantong anda bukan. Jadi tunggu apalagi, segeralah mampir untuk menikmati kuliner khas yang satu ini.

6. Mangut Kepala Ikan Pari dan Mangut Kepala Ikan Manyung Khas Pati

makanan khas pati
diahdidi.com

Makanan Khas Kota Pati yang tak kalah kelezatannya adalah salah satu makanan yang terbuat dari kepala ikan. Mangut Kepala Ikan Pari dan Mangut Kepala Ikan Manyung biasa disebut dengan sebutan Mangut Ndas Manyung.

Hidangan khas bersantan yang memiliki pedas ini sangat nikmat jika kita konsumsi selagi masih hangat atau bahkan dalam keadaan masih panas.

Mangut Ndas Manyung ini dapat kalian jumpai di warung Pak Bodong, tepatnya di Jalan Pati-Rembang km 17 Desa Raci Kecamatan Batangan. Warung makan ini buka mulai pukul 07.00-22.00 WIB.

7. Makanan Khas Pati, Swike Kerang

makanan khas pati
cookpad.com

Salah satu makanan khas Kota Pati yang enak dan segar adalah Swike Kerang. Makanan khas Kota Pati ini merupakan makanan yang terbuat dari kerang yang masih lengkap dengan cangkangnya.

Cara memasak makanan khas ynag satu ini adalah dengan merebus kerang beserta cangkangnya dengan kuah yang telah diberi bumbu khusus. Tak heran jka makanan khas dari kerang ini memiliki aroma yang sangat menggoda. Eettss, bukan cuma aromanya saja yang menggoda, tetapi juga dari segi cita rasanya yang juga sangat menggugah selera.

Bagi kamu yang ingin menikmati makanan khas yang sangat unik ini, kamu bisa berkunjung ke lokasi yang terdapat beberapa warung makan yang menyediakan kuliner khas yang satu ini. Lokasinya berada di Jalan Pati Tayu, tepatnya di depan asrama TNI Kompi C.

8. Tahu Gimbal Udang Jumbo Khas Pati

makanan khas pati
KSMTour.com

Kuliner Khas Kota Pati yang satu ini begitu menggoda untuk dicicipi loh yaa. Tahu Gimbal yang digoreng lalu disiram dengan saus kacang yang diberi tambahan bawang goreng ini sangat menggugah selera.

Yap, tak hanya tambahan bawang gorengnya saja yang membuat makanan ini semakin bertambah nikmat tapi juga adanya udang jumbo yang menemani tahu gimbal yang khas ini mejadikan makanan ini semakin istimewa.

Lokasi Tahu Gimbal Udang Jumbo khas Kota Pati ini terletak di alun-alun Kota Pati yang hanya berjarak 500 meter saja. Yuk, cobain Tahu Gimbal Udang Jumbo ini yang  tak boleh untuk dilewatkan.

9. Makanan Khas Pati, Empek-empek Pati

makanan khas pati
cookpad.com

Masih ada satu lagi nih makanan khas Kota Pati yang tak jauh letaknya dari Pasar Rogowangsan. Eettsss, tapi sabar dulu yaa karena penjual makanan ini baru buka pada sore hari sampai malaam hari.

Makanan Khas yang satu ini adalah Empek-empek ala Pati. Jadi bukan palembang saja loh yang punya empek-empek, Kota Pati juga mempunyai empek-empek.

Hal yang membedakan antara empek-empek palembang dan empek-empek khas pati ini adalah bahannya yang berasal dari bermacam-macam gorengan. Bisa dari campuran bakan, tempe, cakwe, lumpia dan masih banyak lagi. Sementara Pempek palembang bahan dasarnya adalah dari ikan tenggiri.

Salah satu yang membuat para pecinta kuliner kangen dengan Empek-empek Khas Kota Pati ini adalah kuahnya yang terbuat dari bumbu kacang, potongan cabe, dan acar.

Bagi kamu yang ingin mencicipi Empek-empek ini silahkan datang ke Timur Pasar Rogowangsan, tepatnya di pojok pertigaan Pecinan. Atau kamu juga bisa menjumpainya di Alun-alun SImpang Lima Pati. Tenang saja soal harga makanan khas ini sangat bersahabat lhoo. Satu porsi Empek-empek ala pati ini hanya dibandrol dengan harga Rp 6.000 saja.

Sebenarnya masih banyak sekali makanan khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, salah satunya makanan yang berasal dari daerah Pati ini yang terkenal dengan rasanya yang enak dan nggak mudah dilupakan.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
More in Hiburan, Kuliner
makanan khas lampung
15 Makanan Khas Lampung Yang Rasanya Nikmat, Kamu Pasti Ketagihan!

makanan khas enrekang
Inilah 7 Makanan Khas Enrekang yang Banyak Diminati Wisatawan

Close