11 Makanan Khas Cikarang/bekasi Yang Banyak Dicari Orang

Makanan Khas Cikarang – Bagi kamu yang sedang berlibur ke kota Cikarang atau Bekasi jangan lupa beli buah tangan untuk keluarga di rumah yaa,,hehe. Banyak sekali makanan khas Cikarang yang harus kamu coba jika sedang berada di sana. Jika Masih bingung kira-kira apa makanan apa yang harus anda beli. Mungkin dibawah ini bisa dijadikan refrensi untuk bahan pertimbangan anda dalam membeli oleh-oleh. baca juga: makanan khas Jawa Tengah

Inilah 11 Makanan khas Cikarang yang banyak dicari orang.

1. Kue Duit, Makanan Khas Cikarang yang Unik

makanan khas Cikarang
https://mamikos.com/

Makanan khas ini unik karena bentuknya mirip duit (indonesia=uang). Bahan asal dari tepung, gula, dan telur. Cara membuatnya yaitu dengan dibentuk bulatan tipis seperti bentuk duit kemudian digoreng. Kalau di makan akan renyah di lidah dan terasa manis. Akan terasa nikmat jika buat teman santai.

2. Kue Sagon, Makanan Tradisional Khas Cikarang

makanan khas cikarang
https://mamikos.com/

Kue sagon adalah makanan khas yang masih tradisional. Makanan ini juga sering dijumpai saat lebaran di Jawa Tengah. Bahan dasar makanan ini adalah tepung beras, parutan kelapa, gula. sedikit garam. Cara memasaknya dengan dibentuk tipis pake cetakan sesuai keinginan, lalu dipanggang atau pake oven. Rasanya manis dan renyah. Harganya sangat-sangat murah.

3. Rengginang, Makanan Khas Berasal dari Beras Ketan

makanan khas cikarang
https://mamikos.com/

Makanan rengginang terbuat dari beras ketan dan garam yang dimasak lalu di bentuk lingkaran. Setelah berbentuk lingkaran, Rengginang mentah di keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering lalu di goreng dengan minyak yang banyak atau tenggelam agar warna rengginang tetap putih. Rasa rengginang ini gurih dan renyah. Tapi juga kadang ada yang berasa manis, Harga makanan ini juga sangat murah karena juga termasuk makanan tradisional.

4. Kue Akar Kelapa

makanan khas cikarang
https://mamikos.com/

Bentuknya mirip dengan akar pohon kelapa membuat makanan khas Cikarang ini disebut Kue Akar Kelapa.  Kue ini cocok untuk oleh-oleh karena bentuknya unik dan mempunyai rasa yang gurih.  bahan yang digunakan adalah tepung ketan, beras ketan, dan kelapa parut. Makanan ini memang banyak dicari para pengunjung yang datang ke daerah Cikarang ini. Makanan ini banyak ditemukan di pusat oleh-oleh khas Cikarang.

5. Dodol Betawi

makanan khas cikarang
https://mamikos.com/

Makanan yang masih asli dari suku Betawi adalah Dodol Betawi. Dodol ini sudah ada sejak zaman Penjajahan menurut masyarakat Betawi. Makanan ini memiliki rasa yang sangat manis dan enak. Bahan yang digunakan cukup dengan tepung beras ketan, gula jawa, dan ada aroma buatan, misalnya aroma rasa durian, nanas, mangga , dll. Makanan ini mudah sekali ditemukan disepanjang Kota Bekasi di Pusat oleh-oleh Khas Cikarang Bekasi. Menjelang Lebaran, makanan ini selalu ramai diburu para pengunjung untuk dijadikan makanan saat lebaran tiba.

6. Bandeng Rorod

makanan khas cikarang
https://mamikos.com/

Makanan yang cukup terkenal di Cikarang adalah Bandeng Rorod. Makanan ini adalah ikan tanpa duri atau di kenal dengan bandeng presto. Karena merupakan modifikasi dari olahan ikan bandeng yang bagus, sehingga makanan ini sangat banyak peminatnya. Bandeng Rorod ini juga diberi bumbu pilihan agar tercipta rasa yang enak. Biasanya makanan ini dijual dalam bentuk box dan harganya termasuk mahal. Meskipun agak mahal, wisatawan tetap banyak memburu makanan yang satu ini.

7. Bir Pletok, Minuman Khas Betawi

makanan khas cikarang
https://mamikos.com/

Minuman ini tidak mengandung alkohol gan ya gan! , hehe. cuma namanya saja yang “Bir”. Katanya biar kayak kebarat-baratan,hahaha. Minuman ini sangat menyehatkan karena berbahan dasar remap-rempah yang diolah dengan baik. Minuman ini dapat menyembuhkan masuk angin, dan gejala flu lainnya. Minuman Bir Pletok ini biasanya dijual dalam bentuk serbuk atau kemasan botol di toko oleh-oleh Khas Bekasi.

8. Wajik Ketan Hitam

Wajik merupakan makanan yang mudah ditemukan. makanan ini juga banyak kita temui saat ada acara pesata masyarakat jawa. Rasa makanan ini kenyal dan manis. Bahan dari makanan ini berasal dari beras ketan hitam, gula, dan bahan rempah-rempah lainnya. Makanana ini bisa bertahan lumayan lama. Harganya urah meriah dan mudah didapatkan di toko oleh-oleh Khas Cikarang , Bekasi ini. Silahkan mencoba yaa!.

9. Kue kembang Goyang

Kue ini seperti Bunga atau dalam bahasa jawa disebut kembang, karena berbentuk seperti kembang, maka dinamakan kue kembang. Ada yang menyebutnya Kue Roda Delman, karena memang seperti roda delman,,hehe

Rasa dari makanan ini adalah manis dan jika dimakan terasa renyah dimulut. Sangat cocok untuk cemilan dalam perjalanan dan oleh-oleh saudara di rumah.

10.Kue Biji Ketapang

Oleh-oleh ini mirip dengan biji buah ketapang. Memiliki rasa manis dan renyah. Bahan untuk membuat kue ini berasal dari tepung terigu, gula,mentega. dan telur. Makanan ini banyak ditemukan di pasar-pasar Bekasi Timur dan sekitarnya.

11. Kue Telur Gabus

Kue Telur Gabus merupakan kue legendari dari Betawi. Dinamakan kue telur gabus karena bentuknya lonjong panjang menyerupai telur ikan gabus. Rasa kue ini sangat nikmat dan mudah dijumpai di toko-toko oleh-oleh khas Cikarang Bekasi.

Demikian makanan khas daerah Cikarang Bekasi. Silahkan baca makanan khas daerah lainnya yang tidak kalah enaknya.

Tinggalkan komentar

More in Kuliner
makanan khas pati
Inilah 9 Makanan Khas Pati yang Banyak Diburu Para Pecinta Kuliner!

makanan khas lampung
15 Makanan Khas Lampung Yang Rasanya Nikmat, Kamu Pasti Ketagihan!

Close