15 Makanan Khas Lampung Yang Rasanya Nikmat, Kamu Pasti Ketagihan!

Makanan Khas Lampung – Lampung merupakan kota yang berada di selatan Pulau Sumatera. Selain mempunyai tempat wisata yang sangat banyak, Kota ini juga mempunyai beranekaragam jenis kuliner yang sangat banyak. Makanan Khas daerah Lampung ini sama seperti makanan khas daerah sumatera lainnya misalnya makanan khas Sumatera Utara dan Makanan Khas Aceh.Tapi ada beberapa perbedaan sedikit dalam konteks rasa dan cara penyajiannya. Penasaran kan bagaimana rasa dari makanan khas Lampung ini?. Mari simak ulasan makanan dari kota ini!

1. Pempek Lampung, Makanan Khas Lampung yang Terkenal di Seluruh Indonesia

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Pasti jika ada yang mendengar kata Pempek, pasti ingat kota Lampung juga. Tapi pempek juga ada yang berasal dari Kota Plembang, yaa meski daerahnya berdekatan pasti mempunyai perbedaan. Kalau pempek Palembang bahan dasarnya adalah dari ikan Belida, sedangkan pempek Lampung berasal dari ikan Tengiri. Alasan masayarakat pakai ikan Tengiri karena di Lampung mudah dalam mendapatkan Ikan tengiri dari pada Ikan Belida yang banyak di temukan di daerah Palembang.

Bahan dasar lainnya dari Pempek ini juga ada tepung terigu, telur, tepung tapioka/sagu, bumbu-bumbu berupa bawang putih, garam, dan gula. Pempek dimakan dengan cuka yang berasa manis asam. Bagi anda yang ingin mencicipi makanan Pempek ini yang asli silahkan datang aja langsung ke Pusat Pempek di Lampung yaitu di jalan Mayor Salim Batubara. Di sana ada banyak warung yang menjual Pempek khas Lampung ini.

2. Tempoyak, Makanan Khas Lampung Berbahan Dasar Durian

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Sudah menjadi citra untuk Lampung ini kalau daerahnya terkenal dengan penghasil durian yang sangat banyak, hampir setiap warga mempunyai pohon durian. Maka dari itu masyarakat sekitar memanfaatkan buah durian tersebut untuk dijadikan makanan yang namanya Tempoyak. Warga juga biasa menyebut makanan ini dengan sebutan durian busuk yang enak. hahha

Cara pembutannya adalah dengan memilih durian yang sudah sangat matang, lalu pisahkan bijinya dengan dagingnya. Setelah itu campur dengan sedikit garam dan cabe rawit kemudian tutup dengan tempat yang rapat pada ruangan yang tertutup. Tempoyak ini juga sebenarnya dibuat dengan cara difermentasikan dan didiamkan di wadah tertutup selama 3-5 hari.  Untuk rasa dari makanan ini adalah asam dengan sedikit manis seperti rasa tape.

3. Seruit, Sambal Khas Lampung yang Bikin Ketagihan

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Seruit adalah Makanan khas ini juga berasal dari ikan yang dijadikan sebagai sambal. Rasanya enak jika dimakan dengan nasi panas. Seruit merupakan berasal dari ikan yang digoreng yang diberi bumbu-bumbu tertentu. Bahan dasar sambal ini bukan dari ikan laut, melainkan berasal dari ikan dari tangkapan ikan di sungai.

Bumbu yang digunakan untuk pembuatan sambal ini cukup dengan bumbu dapur seperti biasanya. makanan ini cocok untuk dmakan dengan tempoyak, lalapan, dan terong bakar. jika Anda ingin merasakan makanan ini, silahkan datang aja ke Lampung.

4. Pindang Makanan Khas Lampung

makanan khas lampung

Daerah Lampung memang mempunyai kekayaan alam yang sangat banyak, terutama dibidang perikanan. Tidak heran kalau daerah tersebut hampir bahan makananya berasal dari ikan. Seperti makanan khas yang satu ini. Yaps, Pindang Khas Lampung. Kita dengar dari namanya saja tahu kalau pindang pasti berasal dari ikan. Pindang Lampung ini berasal dari ikan patin, pindang baung, bandeng, dan ikan emas.

Rasa dari Pindang Lampung ini sangat gurih dan nikmat. Apalagi kalau disantap saat hidangan masih panas dan disantap bersama sahabat atau keluarga jadi tambah nikmat sekali.

5. Pisang Goreng Makanan Khas Lampung “Geguduh”

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Geguduh sama saja dengan pisang goreng. cuma gorengnya hanya sebagian. Cara membuatnya dengan dialuskan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan tepung terigu bisa ditambah dengan susu atau gula sesuai selera. Setelah dicampur kemudian digoreng sampai matang. Biar tambah nikmat, makan Geguduh ini ditemani dengan secangkir kopi, mantappp.

6. Gabing, Makanan Khas Lampung Berbahan Dasar Batang Kelapa Muda

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Cara pembuatannya yaitu dengan potong tipis-tipis batang kelapa mudanya, kemudian dicampur dengan bumbu. Setelah itu rebus sampai matang. Gabing biasa dimasak dengan kuah dan dicampur dengan daging atau jamur.

7. Kue Lapis Makanan Khas Lampung

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Kue Lapis ini rasanya sangat manis dan enak. Makanan ini sering ditemukan saat acara nikahan, lebaran, atau pesta-pesta lainnya.

Sesuai dengan namanya, kue ini berlapis-lapis tipis dengan berbeda warna, sehinga terlihat unik dan menggugah selera makan. Bahan dari kue lapis ini adalah gula pasir, tepung terigu, kuning telur , susu, bumbu kue, dan vanilla. Kue Lapis Khas Lampung ini cukup makah, harga dari kue ini berkisar ratusan ribu perkotak.

8. Engkak, Makanan Khas Lampung Untuk Hajatan

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Makanan ini terbuat dari tepung ketan putih, telur ayam, gula pasir, santan, susu kental manis, dan mentega. Engkak biasa ditemui di acara hajatan dan hari raya. Rasa makanan ini manis. Jika penasaran dengan makanan ini silahkan datang saja ke Lampung dan saat ada acara yaa,,hee

9. Keripik Kuliner Khas Lampung

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Lampung juga mempunyai makanan khas berupa kripik. Keripik dari Lampung ini berbeda dengan keripik pada umumnya. Banyak yang dimodifikasi menjadi beraneka rasa. Selain keripik pisang, juga ada keripik singkong, nangka, dan ubi. Makanan ini bisa anda jumpai di toko-toko di pinggir sepanjang jalan.

10. Makanan Khas Lampung Kerupuk Kemplang

makanan khas lampung

Kerupuk ini digoreng tanpa menggunakan minyak. Cara menggorengnya dengan cara di panggang. Rasa Kerupuk ini gurih dan renyah. Kerupuk Kemplang ini cocok untuk oleh-oleh saudara atau teman di rumah.

11. Umbu, Makanan yang Berasal dari Rotan

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Umbu adalah makanan khas Lampung yang berasal dari rotan. Rasa dari makanan ini seperti pare. biasanya di masak dengan cara dioseng.

12. Makanan Khas Lampung Gula Taboh

makanan khas lampung
https://tempatwisataindonesia.id

Makanan ini sebenarnya adalah makanan yang bersantan. Makanan ini berbahan dasar kacang-kacangan dan umbi-umbian.

13. Sambal Lampung yang Sangat Nikmat

makanan khas lampung

Makanan khas ini memiliki rasa pedas dan biasanya dimakan dengan makanan apapun dan bisa juga untuk cemilan. Sambal Lampung ini juga cocok untuk oleh-oleh saudara anda di rumah jika anda sedang berlibur ke Lampung.

14. Bakso Soni Khas Lampung

makanan khas lampung

Bakso soni mudah ditemukan warung-warung bakso. Bakso ini mempunyai rasa kenyal dan berserat. Terbuat dari daging sapi dan di campur dengan bumbu lada hitam membuat lidah anda menjadi ketagihan. Harga Bakso ini sekitar 15 ribu sampai 25 ribu.

15. Pandap , Pepes Kuliner Khas Lampung

makanan khas lampung

Pandap ini adalah pepes khas Lampung karena makanan ini dibungkus dengan daun pisang dan direbus. Isi dari pepes ini adalah ikan laut yaitu ikan simba dan ikan tongkol. Bumbu yang digunakan adalah kunyit, lengkuas, kelapa parut, cabe rawit, garam, merica, asam jawa, gula. Setelah dibungkus lalu direbus selama kira-kira 8 jam. Selanjutnya diendapkan pada rantang sampai meresap.

Demikian makanan Khas Lampung yang mempunyai cita rasa yang enak dan nikmat. Silahkan baca makanan khas daerah lainnya biar terjaga warisan kuliner nusantara.

Simak Video Makanan Khas Lampung Berikut ini: 

Tinggalkan komentar

More in Hiburan, Kuliner
makanan khas enrekang
Inilah 7 Makanan Khas Enrekang yang Banyak Diminati Wisatawan

makanan khas tuban belut pedas
Yap, Inilah 8 Makanan Khas Tuban yang Rugi Jika Kamu Lewatkan!!

Close