Ini Dia, Daftar Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Kamu Coba, Awas Ketagihan!!

Makanan Khas Jawa Tengah– Makanan khas memang sangat menggoda untuk kita cicipi kalau kita singgah ke suatu daerah. Kurang lengkap rasanya jika kita berkunjung ke suatu tempat tapi belum mencoba makanan khas yang ada di sana.

Salah satu tempat di Indonesia yang menyajikan berbagai macam makanan yang lezat adalah Jawa Tengah. Di Tempat yang satu ini merupakan surganya para pecinta kuliner, pasalnya banyak berbagai makanan khas jawa tengah yang tersaji dengan rasa yang lezat dan menggugah selera tentunya.

makanan khas jawa tengah yang enak
masbidin.net

Tentu saja makanan khas Jawa Tengah ini mempunyai ciri-ciri yag berbeda bila dibandingkan dengan masakan yang ada di daerah lain.

Yap, pada kesempatan kali ini elrajab.com akan berbagi beberapa daftar menu makanan khas yang ada di Jawa Tengah. baca juga : Macam-Macam Makanan Khas Gombong yang Sangat Enak

Memang apa saja sih makanan khas Jawa Tengah itu? Yuk simak bersama-sama artikel yang akan kita urai tentang makanan khas Jawa Tengah ini hanya di elrajab.com.

1. Makanan Khas Jawa Tengah Lumpia Semarang

makanan khas jawa tengah
www.sepulsa.com

Siapa coba yang nggak tau makanan khas kota Semarang itu apa? Hampir semua orang pasti tau makanan ekslusif di kota ini yakni lumpia.

Yap lumpia ini mempunyai isi yang beragam loh sobat, ada lumpia isi ayam, rebung, telur, sayuran, dan udang pun ada loh sobat. Lumpia ini lebih enak kalau dimakan saat masih hangat. Apalagi kalau makannya ditemani dengan saus atau pun dengan cabe merah, yuummyyy.. pasti menambah selera makan.

Kalau kamu sedang singgah di Kota Semarang, jangan lupa ya guys untuk mampir  dan mencicipi jajanan khas yang satu ini.

2. Tahu Petis, Jajanan Khas Jawa Tengah

makanan khas jawa tengah
mydikuliner.blogspot.com

Yap, makanan khas Jawa Tengah yang selanjutnya adalah tahu petis. Makanan yang satu ini tentu saja bahan dasarnya adalah tahu, yakni tahu yang digoreng lalu dilumuri bumbu berwarna hitam yang terbuat dari petis. Petis sendiri merupakan kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai kental serta diberi tambahan bumbu agar menjadi lebih lezat.

Tahu petis ini biasanya dujadikan sebagai cemilan, atau jika bisa juga dijadikan sebagai teman makan nasi yang pastinya akan menambah selera makan mu sobat.

3. Telur Asin, Makanan Khas Jawa Tengah

makanan khas jawa tengah
www.bukalapak.com

Tak asing bukan mendengar makanan telur asin. Yap, telur asin merupakan sebuah makanan khas yang tidak hanya terkenal di jawa tengah saja, tetapi makanan ini telah populer dan tersebar di seluruh Indonesia.

Telur Asin pada umumnya adalah telur bebek yang diasinkan. Telur bebek ini biasanya didatangkan dari daerah brebes. Tak heran jika Brebes merupakan sebuah kota penghasil telur asin terbesar di Jawa. Pasalnya, Kota Brebes merupakan sebuah kota penghasil telur paling besar di kawasan Jawa Tengah.

Lalu apa sih manfaat yang terkandung di dalam telur asin ini min? Manfaat jika kita mengkonsumsi telur asin ini adalah membantu proses pertumbuhan karena di dalam telur asin ini terdapat vitamin dan protein yang sangat berguna untuk menunjang masa pertumbuhan.

Telur asin khas Brebes ini biasanya banyak dijadikan sebagai buah tangan jika anda sedang berkunjung di kawasan Jawa Tengah. Jadi jangan lupa membeli oleh-oleh khas ini yaa untuk keluarga tercinta di rumah.

 4. Tempe Mendoan, Cemilan Khas Jawa Tengah

makanan khas jawa tengah
bobo.grid.id

Makanan khas yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang sangat terkenal baik di sekitaran Jawa Tengah itu sendiri bahkan di seluruh Indonesia. Pasalnya makanan yang sangat terkenal dengan nama Tempe Mendoan ini saat ini sudah banyak dikenal banyak orang.

Tempe mendoan  merupakan makanan ringan yang terbuat dari tempe dengan ukuran tempe yang lebar tentunya. Tempe tersebut dilumuri dengan tepung terigu yang sudah dicampur dengan bumbu khas sebelum akhirnya digoreng hingga krispi.

Tempe mendoan ini memang merupakan makanan yang sangat sederhana guys. Namun jika kita makan selagi masih dalam keadaan hangat serta ditemani dengan sambal maupun cabai pasti lebih menggugah selera makan kita.

5. Jajanan khas Jawa Tengah, Enting-Enting Gepuk

makanan khas jawa tengah
baltyra.com

Tau nggak sih sobat elrajab.com dengan makanan yang sering diiklankan di TV? Kalau nggak salah yaang namanya ti*ng-ti*g itu lho sobat? Eets, tapi bukan Ayu Ting-ting loh yaa.. Nah mungkin makanan tersebut merupakan bentuk modern dari enting-enting gepuk guys.

Enting-enting gepuk terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk dan kemudian dipadatkan. Tapi sebelumnya adonan tersebut sudah dicampur dengan gula jawa terlebih dahulu loh yaa agar manis seperti mimin.. *eh.

Kalau kalian sedang berda di daerah Salatiga, Jawa Tengah jangan lupa untuk membeli panganan khas yang manis dan gurih ini untuk orang tersayang ya guys.

6. Nasi Gandul, Makanan Khas Jawa Tengah

makanan khas jawa tengah
bukanrastaman.com

Tau salah satu kota di Jawa Tengah yang namanya Kota Pati guys? Yap, kalau kamu main ke Kota Pati jangan lupa mencicipi makanan khasnya yakni nasi gandul. Hayooo tau nggak nasi gandul itu apa?

Nasi gandul adalah nasi uduk yang disajikan dengan menggunakan daun pisang ehingga lebih alami dan aromanya semakin menggugah selera makan kita. Makanan khas Jawa Tengah ini rasanya lebih gurih dari nasi yang biasanya kita makan. Tak hanya dau pisang saja lho sobat, ada juga yang menambahkan daun pandan saat memasak nai gandul ini agar wanginya menjadi semakin sedap.

Nasi gandul ini biasanya disajikan dengan siraman kuah yang segar. Ditambah lagi dengan irisan daginga sapi yang telah diolah sebagai pelengkap yang akan membuat makanan ini menjadi semakin lezat.

7. Makanan Khas Jawa Tengah, Nasi Liwet

makanan khas jawa tengah
cookpad.com

Beda tempat pasti beda pula namanya. Kalau tadi kita sudah mengulas tentang nasi gandul sekarang giliran nasi liwet yang akan kita kupas tuntas. Makanan yang terbuat dari nasi ini berasal dari Kota Solo lho teman. Bedanya apa ya kira-kira antara nasi gandul dan nasi liwet?

Nasi gandul dengan nasi liwet sebenarnya hampir sama. Bedanya mungkin hanya terletak dari penyajian sama bahan pelengkapnya saja. Untuk nasi liwet ini biasanya disajikan dengan potongan ayam dan kadang ada yang pakai labu siam juga.

Memasak nasi liwet ini sebenarnya hampir sama dengan membuat nasi uduk pada umumnya yaitu dengan memakai santan kelapa sebagai pengganti airnya. Kalau kamu singgah ke Kota Solo, nggak ada salahnya untuk mencoba makanan khas yang satu ini.

8. Rodo Royal, Jajanan Khas Jawa Tengah

makanan khas jawa tengah
www.negerikuindonesia.com

Nah loh, makanan yang satu ini namanya sangat unik yaitu rondo royal. Dari namanya saja sudah bikin orang jadi penasaran. Padahal dalam Bahasa Jawa rondo itu artinya janda lho. Nggak tau pasti juga sih kenapa makanan yang satu ini diberi nama rondo royal. Mungkin ada cerita lain dibalik nama makanan yang unik ini sobat.

Rondo royal merupakan makanan yang berasal dari daerah Jepara, Kota kelahiran Raden Ajeng Kartini. Bahan dasar pembuatan makanan ini adalah tape singkong. Yap, mungkin kalau kita sering menyebutnya dengan tape goreng kalik ya hhe.

Buat kamu yang pengen mencicipi makanan unik yang satu ini nggak perlu jauh-jauh pergi ke Jawa Tengah kok. Kamu juga bisa buat sendiri di rumah, caranya gampang banget. Jadi tape dimasukkan ke dalam adonan tepung terigu kemudian digoreng sampai kuning kecoklatan. Jadi deh rondo royal ala chef rumahan.

Yap, itu dia beberapa makanan khas Jawa Tengah yang bisa kamu coba kalau kamu lagi singgah ke sana. Selamat berkuliner ria ya saat kamu pergi kemanapun, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas dari berbagai daerah.

Tinggalkan komentar