makanan khas medan

Makanan Khas Medan – Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Kota yang juga dikenal dengan sebutan Melayu Deli ini memiliki budaya dan tradisi yang beragam serta destinasi wisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tidak hanya destinasi wisata dan budaya saja, Medan juga banyak memiliki ragam kuliner yang kelezatannya sudah tidak diragukan lagi. Bahkan banyak para wisatawan yang berkunjung sering berburu makanan khas Medan untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut ini adalah makanan khas Medan yang rasanya nendang.

1. Makanan Khas Medan Pancake Durian

Makanan khas Medan yang pertama adalah pancake durian. Sesuai dengan namanya tentu saja bahan utama pancake satu ini dibuat dari durian. Pancake durian ini dibuat dengan menggunakan durian yang memiliki kualitas terbaik yang kemudian dipadukan dengan kulit pancake yang tipis. Pancake durian ini sangat cocok bagi kamu pecinta durian.

Pancake durian ini bisa bertahan selama 7 hari jika ditaruh dalam freezer dan 9-10 jam diluar ruangan atau freezer.

2. Bihun Bebek

Bihun bebek merupakan salah satu makanan khas Medan yang wajib kamu coba. Kuliner satu ini terbuat dari bihun yang kenyal dan dipadukan dengan kaldu dan suwiran bebek sebagai toppingnya. Kuah bebek dalam makanan ini memiliki sedikit lemak dan minyak di dalamnya, sehingga menciptakan cita rasa kuah yang khas. Selain itu bihun bebek juga dilengkapi sambal dengan rasa pedas dan juga asam.

Untuk rekomendasi tempat makan yang menyediakan menu ini bisa datang ke Bihun Bebek Asie yang ada di Jalan Kumango, Medan.

3. Bika Ambon

Bika Ambon merupakan makanan yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Makanan yang berbentuk kotak, memiliki lubang-lubang serat dan berwarna kuning ini memang sangat terkenal di Medan.

Bika Ambon sendiri diambil dari nama sebuah jalan yaitu Jalan Ambon-Sei Kera, Medan yang menjadi tempat sejarah kue ini dibuat untuk pertama kalinya. Kue satu ini sangat pas untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Medan.

4. Makanan Khas Medan Lemang

Makanan khas Medan yang tarkenal enak adalah Lemang. Kuliner satu ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan dibungkus daun pisang kemudian dimasukkan pada seruas bambu, setelah itu baru dibakar.
Lemang bisa disajikan dengan durian, tape ketan maupun selai. Selain itu bisa dijadikan lauk maupun dimakan langsung dalam keadaan hangat.

5. Napoleon

Medan Napoleon merupakan salah satu makanan khas Medan yang rasanya nendang. Makanan ini bisa dibilang seperti kue Napoleon dan bolu gulung yang dipadukan. Kue Medan Napolean ini pun hadir dipasaran dengan berbagai varian rasa yang menarik dan lezat seperti durian, red velvet, keju dan green tea. Setiap varian rasa dibanderol dengan harga yang berbeda-beda mulai dari Rp.65.0000 saja. Untuk mendapatkan Medan Napoleon ini bisa membelinya di toko yang terletak di Jalan K.H Wahid Hasyim no.45/35, Babura, Medan.

6. Bolu Meranti

Bolu Meranti merupakan makanan khas Medan yang cukup populer. Dari bentuknya memang hampir sama dengan bolu yang kita temui, namun rasanya yang lezat tentu saja yang menjadi pembedanya. Bolu ini tersedia dengan berbagai isian seperti keju, nanas, cokelat, strawberry, blueberry, moka dan abon dengan berbagai toping di atasnya.

Kue dengan tekstur yang empuk dan lembut ini bisa bertahan hingga 3 hari, bisa tahan kurang lebih 7 hari jika dimasukkan lemari es. Bolu Meranti ini dapat dijadikan oleh-oleh saat kamu mampir ke Medan.

7. Mie Goreng Medan

Mie goreng yang terkenal di Medan ini dibuat dari tepung mie yang dibakar dengan bahan-bahan seperti daging sapi, telur, sayuran, dan rempah-rempah. Rasa gurih dan pedasnya sangat cocok untuk sarapan atau makan malam.

8. Sate Padang

Sate Padang asal Medan ini terbuat dari daging sapi yang digoreng dengan bumbu khusus seperti kunyit, kencur dan bawang merah. Sate ini dibawa ke Medan oleh imigran Minangkabau yang berasal dari Sumatra Barat dan menjadi salah satu kuliner khas Medan.

9. Nasi Rames

Nasi rames adalah hidangan nasi yang disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti daging sapi, ayam, ikan, tauge, dan sayuran. Nasi rames ini dapat ditemukan di berbagai warung dan restoran di Medan.

10. Sate Lilit

Sate Lilit merupakan jenis sate yang terbuat dari daging ikan yang digulung dengan bambu. Sate ini diolah dengan bumbu khusus yang membuat rasanya sangat lezat dan unik.

11. Es Teler

Es Teler merupakan minuman khas Medan yang terdiri dari campuran buah-buahan segar seperti nanas, sirsak, dan alpukat yang dicampur dengan es krim dan santan. Rasanya yang segar dan enak sangat cocok untuk menemani cuaca panas di Medan.

Demikian beberapa kuliner khas Medan yang wajib dicoba saat berada di kota ini. Dari mie goreng hingga es teler, semua hidangan ini pasti akan membuat lidah Anda bergoyang.

By supardi

Hobi membaca buku, jurnal, traveling, dan kulineran

Tinggalkan Balasan

×