Makanan Khas Rantau Prapat Sumatera Utara Pasti Kamu Ketagihan

makanan khas rantauprapat anyang buasbuas
Gosocio.co.id

Makanan Khas RantauPrapat – Rantau Prapat adalah sebuah Nama ibukota Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia. Daerah ini di lewati jalan raya lintas Sumatera Timur. Kota ini berada di perbatasan dengan Sumatera Utara dan Riau. Daerah ini sudah ada Jalan kereta apinya yang menghubungkan dengan kota Medan. (Wikipedia)

Setiap daerah pasti mempunyai makanan khas, seperti halnya makanan khas Pulau Nias yang mempunyai ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan daerah Rantauprapat yang mempunyai makanan khas sendiri.

Sekarang simak makanan khas Rantauprapat yang sangat enak ini.

Makanan Khas Rantauprapat “Anyang BuasBuas”

Bahan dari makanan ini adalah daun, yakni daun BuasBuas. Tanaman ini biasanya berada di dataran rendah. tidak hanya bisa di buat makanan, daun ini juga memiliki aroma yang sangat wangi. Daun makanan ini cukup di ambil yang bagian ujung saja. Makanan ini juga memliki gizi yang banyak.

Cara membuat makanan ini juga cukup muda

pertama, pucuk daun dibersihkan dengan air agar terbebas dari kotoran dan zat-zat yang berbahaya lainnya. Agar cepat matang dan lembut, maka perlu di potong kecil-kecil agar proses memasaknya cepat matang dan lembut. sebenarnya tidak dipotong juga tidak papa, melainkan hanya di cuci yang bersih dan di masak yang lama.

Sekarang makanan ini agak jarang dilihat di Rantauprapat. Karena hanya seorang ibu-ibu yang hanya menjual makanan tersebut di sekitar lokasi pantai. Makanan ini biasanya dihidangkan saat bulan Ramadhan tiba. Makanan ini sudah dari dulu menjadi makanan kesukaan warga Rantauprapat. Kebanyakan masyarakat yang membuat makanan ini adalah sekitar daerah Ajamu, Negri lama, Sungai berombang, Labuhan bilik, dan beberapa daerah sekitar pesisir labuhanbatu.

kedai makanan khas rantauprapat
Pixtame.com

Makanan ini jarang sekali dijual di warung-warung pada hari biasa. Karena makanan ini biasa dihidangkan saat bulan ramadhan. Maka dari itu Anyang buasbuas adalah makanan khas labuhanbatu, terutama orang asli labuhanbatu. Biasanya ibu-ibu di daerah situ sangat lihai membuat masakan anyang buas-buas ini.

Demikian Makanan khas Rantauprapat yang mempunyai khas tersendiri dalam menyajikan makananya, yaitu saat bulan puasa, meskipun hari-hari biasa juga ada yang menjualnya. semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: