Makanan Khas Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang Sangat Enak

Makanan Khas Dieng, Wonosobo – Dieng mempunyai keindahan alam yang sangat bagus untuk di kunjungi. Tidak hanya keindahan alamnya yang bagus, tapi makanan khas dieng juga wajib kamu coba. Ada 13 makanan khas Dieng yang enak untuk Anda coba. Silahkan yang berkunjung ke sana sekalian bawa untuk oleh-oleh saudara, kerabat, atau teman.

Carica, Makanan Khas Dieng dengan Sebutan Makanan Para Dewa

makanan khas dieng

Buah ini masih mempunyai kekerabatan dengan buah pepaya. Orang di daerah tersebut sering menyebutnya dengan makanan para dewa di Dieng. Oleh Masyarakat Dieng, wonosobo utara sering menjadikan buah carica menjadi manisan. dan aneka kripik. Di sana banyak toko-toko yang menjual makanan yang berasal dari buah carica ini. Harga makanan khas Dieng ini sekitar 5.000, cocok untuk oleh-oleh saudara di rumah.

Makanan Khas Dieng Dendeng Gepuk

makanan khas dieng

Makanan ini berasal dari daging sapi pilihan yang enak rasanya. Sangat enak jika disantap dengan nasi yang masih hangta dan sambal. Harga makanan khas Dieng ini mulai dari 90.000 per bungkus. Banyak dijual di warung-warung pusat oleh-oleh khas dieng.

Makanan Khas Dieng Kacang Dieng

makanan khas dieng

Kacang Dieng juga mempunyai sebutan lain yaitu Kacang Babi. Bahan baku makanan ini berasal dari kacang-kacangan yang tumbuh di dataran tinggi Dieng. Bentuk Kacang ini sangat unik berbeda dengan bentuk kacang lainnya. Bentuk kacangnya besar dan di tengahnya ada warna hitamnya. Warga Dieng sering menyebutnya dengan kacang babi. Sedangkan wisatawan sering menamai kacang dieng, karena memang berasal dari daerah Dieng.

Rasa kacang ini perlu anda coba jika sedang mampir di Dieng. selain rasanya yang enak, kacang ini juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Kacang ini sudah menjadi makanan favorit pengunjung Dieng. Cocok sebagai oleh-oleh saudara di rumah atau sekedar teman dalam perjalanan Anda.

Makanan Khas Dieng Keripik Jamur yang Menggoda Selera Anda

makanan khas dieng

Inovasi kuliner saat ini sangat maju mengikuti jaman. Jamur misalnya, di Dieng jamur di olah menjadi keripik. Sekarang keripik jamur sudah menjadi makanan khas dieng yang menjadi favoritnya baik warga Dieng maupun wisatawan. Keripik jamur juga mengandung banyak sekali protein di banding beras dan gandum. Jamur juga dipercata sebagai makanan yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Keripik jamur sangat cocok untuk oleh-oleh jika datang ke dataran tinggi Dieng. Harga Keripik Jamur sangat bervariasi, mulai 10.000 sampai 50.000 sesuai jumlah pesanan anda tentunya heheh.

Makanan Khas Dieng Nasi Megono

makanan khas dieng

Kebanyakan dari kita pernah tahu nasi ini di daerah Pekalongan. Di Dieng juga ada nasi megono yang tidak sedikit dibungkus untuk sarapan yang enak. Makan nasi ini biasanya di makan dengan tempe kemul sehingga kita akan ketagihan untuk makan nasi tersebut.

Makanan Khas Dieng Geblek

makanan khas dieng

Banyak orang akan terheran ketika menikmati makanan khas dari Dieng, Wonosobo kadang dijual oleh penjual gorengan berwarna putih dan kelihatan lezat. Nama makanan itu adalah Geblek, bahan makanan tersebut berasal dari tepung pati yang dipadukan dengan taburan daun kucai dan di goreng dengan rasa alot dan terasa lezat.

Makanan Khas Dieng Purwaceng

makanan khas dieng

Sebetulnya purwaceng ini adalah minuman tradisional masyarakat Dieng untuk Kesehatan badan. Purwaceng sering membuat minuman ini saat pagi hari. Selain itu, Purwaceng juga bisa menghangatkan tubuh, saraf, dan otot, menghilangkan masuk angin dan pegal linu, melancarkan buang air kecil dan obat analgetika atau obat menghilangkan rasa sakit. Sekarang minuman ini sudah di kemas dan di jual di daerah Dieng, jado nada tidak lagi susah-susah menacari di hutan Dieng. Harganya sangat terjangkau.

Makanan Khas Dieng Sagon

makanan khas dieng

Makanan ini terbuat dari sagu. kelapa dan gula pasir. Makanan ini di buat dengan cara di panggang di atas bara api yang di lettakan di atas pemanggangan. Saat di panggang makanan ini akan mengeluarkan bau yang sangat harum dan enak.

Demikian makanan khas dari Dieng yang harus kamu coba jika mengunjungi Dieng sobat. Terima kasih sudah mampir di website kami.

 

Tinggalkan komentar