19 Makanan Khas Pekalongan yang Enaknya Bikin Ketagihan!

Makanan Khas Pekalongan- Kota Pekalongan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Kota Pekalongan ini terkenal dengan batiknya yang mendunia serta berbagai tempat wisata alam yang menyuguhkan panorama alam yang menyejukkan mata.

Namun tak hanya itu saja, Kota Pekalongan juga memiliki beraneka ragam kuliner khas yang enak lhoo sobat. Terdapat pula jajanan khas Kota batik serta dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, serta orang-orang tercinta.

Bagi kamu yang sedang berwisata atau hanya sekedar singgah di Kota Pekalongan ini wajib hukumnya untuk mencicipi berbagai makanan khas Pekalongan yang sayang jika kamu lewatkan. Nah kali ini kami akan memberikan beberapa referensi menu makanan yang pastinya enak dan dijamin bikin kamu ketagihan.

19 Daftar Makanan Khas Pekalongan yang Enak dan Terfavorit

1. Makanan Khas Pekalongan Tauto

makanan khas pekalongan

id.tastemade.com

Makanan khas Kota Batik yang pertama adalah Tauto. Tauto ini merupakan sajian soto dengan menggunakan bumbu tauco. Makanan khas Pekalongan yang satu ini terdiri dari beberapa pilihan daging yang bisa kamu tambahkan pada Tauto ini. Daging tersebut diantaranya adalah daging ayam, sapi, atau daging kerbau.

Selain itu Tauto juga dilengkapi dengan suun atau potongan usus atau bisa juga dengan menggunkaan kulit ayam yang telah digoreng terlebih dahulu sehingga menambah tekstur renyah pada makanan. Makanan khas ini sangat cocok disajikan dengan sambal pedas khas pekalongan.

2. Khas Pekalongan Sego Megono

makanan khas pekalongan

cookpad.com

Makanan khas Kota Pekalongan yang selanjutnya adalah Sego Megono. Menu makanan khas ini merupakan kuliner khas yang terdiri dari nasi serta dilengkapi dengan sayur nangka muda yang diiris kecil-kecil dan diolah dengan menggunakan bumbu khusus.

Menu makanan khas yang satu ini biasanya dijajakan saat pagi hari sebagai menu favorit sarapan di kalangan masyarakat Pekalongan. Namun banyak juga yang menjual makanan khas ini pada malam hari tentunya dengan lauk yang lebih lengkap lagi.

3. Makanan Khas Pekalongan Pindang Tetel

makanan khas pekalongan

cookpad.com

Pindang Tetel merupakan salah satu makanan khas Kota Pekalongan yang berbahan dasar tetelan daging sapi yang telah dioleh dengan menggunakan bumbu khusus sehingga menciptakan rasa dan aroma yang menggugah selera.

Menu makanan khas ini diberi tambahan kluak pada saat memasaknya sehingga menciptakan warna gelap dalam masakan. Kuliner ini biasanya disajikan dengan tambahan krupuk warna warni agar semakin menarik para pecinta kuliner untuk mencoba lezatnya makanan khas yang satu ini.

4. Kluban Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

cookpad.com

Makanan khas Kota Batik yang selanjutnya adalah Kluban. Kluban merupakan salah satu menu makanan khas yang terbuat dari kol, kacang panjang, sayur bayam, tauge, dan kangkung. Makanan khas ini biasanya banyak disajikan pada saat lebaran tiba.

5. Makanan Khas Pekalongan Sate Hayam Wuruk

makanan khas pekalongan

travelingyuk.com

Sate Hayam Wuruk merupakan salah satu makanan khas Kota Pekalongan yang tak diragukan lahi kelezatannya. Dimakanan Sate Hayam Wuruk karena menu makanan yang satu ini banyak dijajakan di jalan Hayam Wuruk Pekalongan. Kuliner yang satu ini tak beda jauh dengan Sate dikebanyakan daerah di Indonesia. Namun Bumbu khas dari Sate yang satu ini membuat makanan ini banyak dicintai para pecinta kuliner di Indonesia bahkan hingga ke wisatawan mancanegara.

6. Garang Asem Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

travelingyuk.com

Makanan khas Kota Pekalongan yang selanjutnya adalah Garang Asem. Menu makanan yang satu ini merupakan slah satu menu makanan mewah khas Kota Pekalongan. Kliner ini terbuat dari tetelan daging sapi yang diguyur dengan kuah yang memiliki cita rasa asam yang enak dan segar.

Selain berisi tetelan daging sapi, Garang Asem juga  terbuat dari tambahan jeroan sapi ataupun telur ayam yang sangat lezat jika dinikmati selagi masih panas ditambah dengan cita rasa pedas asam yang khas dari makanan yang satu ini.

7. Makanan Khas Pekalongan Kripik Tahu

makanan khas pekalongan

anggisnack.wordpress.com

Kripik Tahu merupakan salah satu makanan khas Kota Pekalongan yang sayang jika kamu lewatkan. Makanan khas yang satu ini merupakan makanan terfavorit yang terbuat dari bahan dasar tahu yang telah dibumbui dengan bumbu khusus dan digoreng terlebih dahulu hingga tahu kering. Kripik tahu ini memiliki tekstur yang renyah dan sangat cocok untuk dijadikan teman makan saat santai.

8. Lontong Lemprak Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

food.detik.com

Makanan khas Kota Pekalogan yang selanjutnya adalah Lontong Lemprak. Menu makanan khas yang satu ini biasanya disajikan dengan lontong, sajian ayam kampung yang telah digoreng terlebih dahulu, serta tak lupa kuah kental dengan bumbu khas rempah Indonesia.

Makanan khas yang satu ini diberi nama Lomtong Lemprak karena cara untuk menikmati sajian kuliner ini yakni dengan cara lesehan layaknya orang jawa kuno jaman dahulu.

9. Makanan Khas Pekalongan Ganyong

makanan khas pekalongan

dishutbunkerinci.blogspot.com

Ganyong merupakan salah satu makanan khas dari Kota Pekalongan yang masih satu jenis dengan umbi-umbian. Makanan yang satu ini memiliki bentuk yang hmpir mirip dengan lengkuas namun sedikit lebih besar. Ganyong sendiri memiliki cita rasa yang manis dan tentunya memiliki tekstur yang lembut pula. Makanan khas ini sangat cocok dinikmati selagi mash dalam keadaan hangat.

10. Capret Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

twitter.com

Capret merupakan salah satu camilan khas dari Kota Pekalongan yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji yang telah dicampur dengn bumbu khusus. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan yang pasti enak dijadikan sebagai teman bersantai saat dalam waktu luang.

Camilan yang satu ini memiliki bentuk bulat pipih namun tidak beraturan. Bagi kamu yang sedag berlibur di Kota Pekalongan, jangan lupa untuk membeli Capret untuk dijadikan oleh-oleh keluarga tercinta.

11. Jajanan Khas Pekalongan Kue Lumpang

makanan khas pekalongan

www.youtube.com

Camilan khas Kota Pekalongan yang selanjutnya adalah Kue Lumpang. Jajanan khas Pekalongan ini terbuat dari areh atau santan kelapa yang telah dimasak hingga mengental serta tambahan daun bawang yang ditaburkan di atas kue.

Jajanan khas Kota Pekalongan yang satu ini merupakan salah satu jajanan khas tempo dulu yang memiliki bentuk seperti mangkok dengan warna coklat.

12. Gethuk Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

coretanpetualang.wordpress.com

Makanan khas Kota Pekalongan yang selanjutnya adalah Gethuk. Menu jajanan khas Kota Batik ini terbuat dari bahan dasar ketela pohon dan ditambahkan lagi gula aren serta parutan kelapayang akan menambha cita rasa dari makanan yang satu ini. Cita rasa yang ditawarkan makanan khas yang satu ini yakni rasa gurih dan manis legit khas dari gula arennya.

13. Jajanan Khas Pekalongan Glundung

makanan khas pekalongan

cookpad.com

Glundung merupakan salah satu makanan khas Kota Pekalongan yang juga terbuat dari ketela pohon. Glundung ini di dalamnya terdapat isian berupa gula aren. Soal rasa jangan ditanya lagi deh yaa. Yang pasti Glundung ini memiliki rasa yang gurih serta manis.

Jajanan khas Kota Pekalongan yang satu ini diberi nama Glundung karena bentuk dasar dari jajanan khas ini sendiri yang memiliki bentuk seperti bola yang sifatnya mudah untuk menggelinding. Karena dalam Bahasa Jawa Glundung itu menggelundung, oleh sebab itulah jajanan khas Kota Pekalongan yang satu ini diberi nama Glundung.

14. Ongol-ongol Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

www.apasih.web.id

Camilan khas Kota Pekalongan yang selanjutnya adalah Ongol-ongol. Camilan ini mempunyai cita rasa yang manis, gurih, dan pastinya merupakan makanan yang mengenyangkan. Jajanan yang satu ini terbuat dari campuran tepung sagu atau pati dan gula jawa.

15. Jajanan Khas Pekalongan Srinthil

makanan khas pekalongan

cookpad.com

Srinthil merupakan salah satu jajanan khas Kota Pekalongan yang hampir mirip dengan Ongol-ongol yakni sama-sama memiliki tekstur yang kenyal, gurih, serta manis karena terdapat campuran gula merah dalam makanan ini. Selain itu Srinthil juga memiliki wangi khas pandan yang semerbak sehingga dapat menambah selera makan.

Perbedaan yang terdapat pada Ongol-ongol dan Srinthil ini terletak pada bentuknya. Srinthil lebih cenderung memiliki bintik-bintik yang disebabkan oleh tepung yang menjadi bahan dasar pembuatan makanan yang satu ini.

16. Iwel-iwel Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

cookpad.com

Makanan khas Pekalongan yang selanjutnya adalah Iwel-iwel. Jajanan ini merupakan salah satu camilan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan. Iwel-iwel atau biasa juga disebut dengan Poci ini di dalamnya terdapat srundeng sebagai isiannya. Makanan ini biasanya disajikan dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang.

17. Jajanan Khas Pekalongan Growol

makanan khas pekalongan

www.cendananews.com

Growol merupkan salah satu makanan khas Kota Pekalongan yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon atau biasa kita menyebutnya dengan sebutan singkong. Growol ini merupakan salah satu makanan pengganti nasi oleh kalangan masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Harga dari makanan ini pun sangt terjangkau serta memiliki kadar gula yang rendah pula sehingga menjadikan makanan ini menjadi makanan sehat yang dapat dikonsumsi pula oleh penderita diabetes.

18. Apem Kesesi Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

myoxymablog.blogspot.com

Apem Kesesi merupakan salah satu kue tradisional khas dari daerah Kesesi Peklongan yang terbuat dari campuran tepung beras dan gula aren. Apem ini biasanya disajikan di atas alas daun pisang. Jajanan ini memiliki bentuk yang ulat pipih serta berwarna kecoklatan. Cita rasa yang ditawarkan oleh makanan khas yang satu ini adalah rasa manis dan gurih yang membuat kamu ketagihan ketika mencobanya.

19. Gemblong Khas Pekalongan

makanan khas pekalongan

jv.wikipedia.org

Makanan khas Kota Barik yag selanjutnya adalah Gemblong. Gemblong ini juga merupakan salah satu makanan khas Pemalang yang banyak emmiliki peminat loh sobat. Makanan yang satu ini merupakan menu kuliner yang terbuat dari bahan dasar ketan. Makanan ini biasanya dapat kita jumpai saat malam hari, karena banyak penjual gemblong yang menjual makanan ini pada malam hari saja. Namun Gemblong juga merupakan makanan yang dapat kita temukan saat ada hajatan tiba.

Nah, itulah beberapa menu makanan khas Kota Pekalongan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi jika kamu sedang berlibur di Kota Batik ini. Simak terus artikel menarik kami yang lainnya tentunya hanya di elrajab.com.

Tinggalkan Balasan