Jenis Pohon Cemara dan Gambarnya yang Cantik untuk Halaman Rumah

Jenis Pohon Cemara – pohon cemara merupakan salah satu tanaman yang dapat dengan mudah kita jumpai di mana saja. Fungsi adaptasi jenis pohon cemara yang sangat baik ini menjadikan pohon ini dapat tumbuh di daerah bersuhu panas, gurun pasir, dataran tinggi, dataran rendah, dan bahkan pohon cemara ini dapat hidup di daerah bersalju. Keren bukan jenis pohon cemara ini sobat.

Selain fungsi adaptasinya yang sangat baik, jenis pohon cemara ini juga memiliki yang cukup banyak juga loh sobat el-rajab. Jenis pohon cemara ini memiliki fungsi utama sebagai tanaman peneduh. Namun pohon cemara jenis juga memiliki manfaat lain bagi alam yaitu mencegah terjadinya erosi (pengikisan tanah akibat air) di daerah perbukitan atau di bantaran sungai sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

Jenis pohon cemara ini ternyata juga dapat dijadikan sebagai hiasan rumah dengan cara membuatnya menjadi tanaman bonsai (kerdil). Apa saja ya kira-kira jenis-jenis dari pohon cemara ini? Penasaran? Yuk simak artikel lengkapnya hanya di el-rajab.

Inilah Beberapa Jenis Pohon Cemara yang Indah dan Cantik

Jenis Pohon Cemara Kipas

jenis pohon cemara kipas

Jenis pohon cemara kipas ini memiliki nama latin Thuja Occidentalis yang masih satu keluarga dengan Cupressaceae. Di Indonesia, pohon cemara jenis ini akrab dikenal dengan nama cemara kipas atau banyak pula yang menyebutnya dengan julukan tanaman cakar ayam.

Pohon cemara jenis ini cenderung lebih menyukai kondisi lingkungan yang lembab. Pohon cemara kipas banyak kita jumpai di hutan yang basah terutama di rawa-rawa dengan ketinggian batannya mencapai 10-20 meter.

Jenis Pohon Cemara Pensil

jenis pohon cemara pensil

Jenis cemara pensil atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Cupressus Sempervirens merupakan salah satu jenis pohon cemara yang tumbuh subur di wilayah mediterania.

Ciri khas dari pohon cemara jenis ini adalah daunnya yang rimbun dengan warna hijau tua. Keunikan dari pohon cemara ini teretak pada batang pohonnya yang bisa membungkuk ketika tertiup angin walaupun hanya angin sepoi-sepoi.

Di daerah Eropa dan Florida kita bisa menemukan jenis pohon cemara ini di teras rumah sebagai tanaman hias, bahkan ada yang di letakkan di dalam rumah loh sobat.

Jenis Pohon Cemara Norfolk

jenis pohon cemara norfolk

Jenis pohon cemara yang selanjutya adalah pohon cemara Norfolk. Pohon cemara jenis ini berasal dari Pulau Norfolk yang berada di Samudra Pasifik. Nama latin dari tanaman ini adalah Araucaria Heterophylla  atau sering disebut juga dengan sebutan “bintang pinus”.

Ciri khas dari pohon cemara jenis ini adalah cabangnya yang menyerupai dengan bentuk jarum tumbul. Tanaman ini berkembang biak dengan cara vegetatif yaitu dengan mencangkok batang pohonnya yang masih muda.

Jenis Pohon Cemara Udang

jenis pohon cemara udang

Pohon cemara yang selanjutnya adalah Cemara Udang. Pohon cemara jenis ini merupakan tanaman asli Indonesia. Ciri khas dari pohon cemara ini adalah batannya yang berukuran besar dan berwarna hitam. Selain itu, daun dari pohon cemara jenis ini pun memiliki ujung yang lancip mirip seperti jarum.

Pohon cemara udang dapat dengan mudah kita jumpai di daerah pesisir pantai seperti pesisir Pantai Selatan, Pantai Lombang, Sumenep, Jawa Timur dan Madura. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai hiasan rumah dengan dibuat menjadi tanaman bonsai dan dibentuk se-artistik mungkin hingga terlihat sangat cantik.

Jenis Pohon Cemara Pua-pua

jenis pohon cemara pua pua

Pohon cemara yang satu ini memiliki keunikan yang terletak pada daunnya yang berbentuk menyerupai tanduk rusa yang berwarna hijau tua. Dikarenakan bentuk daunnya yang bagus tak heran jika banyak yang memelihara jenis pohon cemara yang satu ini untuk dijadikan sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Jenis Pohon Cemara Angin

jenis pohon cemara angin

Pohon cemara angin yang memiliki nama latin Casuarina junghuhniana  meupakan jenis cemara yang dapat kita jumpai di seluruh daerah di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh hingga lebih dari 5 meter dengan intensitas cahaya matahari dan air yang cukup. Pohon cemara jenis ini memiliki daun yang tipis dan lembut, serta mudah bergoyang jika tertiup angin. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai penghias gedung-gedung bertingkat, seperti gedung pemerintahan maupun gedung universitas.

Jenis Pohon Cemara Buaya

jenis pohon cemara buaya

Pohon cemara buaya merupakan salah satu jenis tanaman semak merambat karena pertumbuhannya yang menyamping. Tanaman yang memiliki nama latin Juniperus horizontalis ini tingginya kurang lebih hanya sekitar 30 cm saja. Karena ukurannya yang kecil tersebut, pohon cemara jenis ini banyak diminati para pecinta hobiis untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Pohon cemara jenis ini bisa ditanam di dalam pot, namun tetap harus mendapatkan sinar matahari yang cukup loh yaa. Tanaman ini berfungsi sebagai hiasan rumah yang cantik nan eksotis bagaikan pohon yang telah berusia ribuan tahun lalu.

Jenis Pohon Cemara Lilin

jenis pohon cemara lilin

Jenis cemara ini merupakan salah satu pohon cemara dengan daun yang berwarna silver. Tanaman yang satu ini biasanya sering digunakan sebagai salah satu komponen taman. Daun dari pohon cemara lilin yang berwarna silver ini dapat memberikan kesan hewah pada taman rumah anda.

Jenis Pohon Cemara Kinoki

jenis pohon cemara kinoki

Jenis pohon cemara yang selanjutnya adalah pohon cemara Inoki. Kedengaran dari namanya saja pohon ini serasa sangat menarik ya sobat. Yap, pohon cemara yang satu ini memiliki ukuran yang kecil dan tumbuh secara menyamping, berbeda dengan pohon cemara pada umumnya yang kebanyakan tumbuh menjulang tinggi.

Karena ukurannya yang mini tak jarang bila tanaman yang satu ini sering dijadikan sebagai salah satu komponen taman yang digunakan sebagai border atau pinggiran taman.

Jenis Pohon Cemara Jenis Embun

jenis pohon cemara embun

Pohon cemara yang satu ini merupakan pohon cemara yang memiliki ukuran yang relatif kecil. Tanaman ini mendapat julukan cemara embun dikarenakan daunnya yang seperti berembun. Warna daunnya hijau muda agak keputih-putihan yang menyebabkan pohon cemara yang satu ini seolah-olah selalu basah oleh embun. Tanaman ini biasanya ditanam di dalam pot dan digunakan sebagai hiasan untuk memperindah rumah.

Cemara Chinese Golden Tree

jenis pohon cemara golden tree

Pohon cemara yang satu ini berasal dari negara Tirai Bambu “China”. Tanaman ini memiliki ciri khas warna daun yang kuning menyala seperti emas sehingga diberi nama Chinese Golden Tree. Pohon cemara yang satu ini sangat cocok jika ditanam di halaman rumah.

Jenis Pohon Cemara Laut

jenis pohon cemara laut

Pohon cemara yang satu ini sering kita temui di sepanjang pesisir pantai. Tanaman pantai ini memiliki nama latin Casuarina equisetifolia. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang berbentuk seperti jarum dengan warna hijau keabu-abuan, batangnya yang tebal dan beruas-ruas dengan jumlah tujuh atau delapan setiap ruasnya.

Jenis Pohon Cemara Perak

jenis pohon cemara perak

Dari namanya tanaman ini terdengar sangat menarik ya sobat. Yap, pohon cemara perak merupkan pohon cemara yang memiliki warna daun mirip seperti perak. Uniknya lagi daun yang berwarna perak ini dapat memantulkan cahaya bila terkena sinar matahari secara langsung. Wah.. indah bukan!

Yap, bagaimana? Sudah menentukan pilihan pohon cemara mana yang akan dipinang? Dari seluruh pohon cemara yang telah dipaparkan tentunya memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Demikian artikel tentang berbagai jenis pohon cemara. Semoga bermanfaat dan simak terus artikel kami lainnya tentunya hanya di el-rajab.com.

Tinggalkan komentar

More in Hiburan, Wisata
jenis ikan mas koki
Kumpulan Jenis Ikan Mas Koki Hias Termahal dan Ciri-Cirinya

makanan khas ntt
Makanan Khas NTT Yang Sangat Enak dan Populer

Close