Makanan Khas NTT Yang Sangat Enak dan Populer

Makanan Khas NTT – Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan provinsi di Indonesia yang berada di bagian timur. Di sana banyak sekali makanan khas yang sangat unik yang belum kita jumpai di daerah lainnya. Hal tersebut dikarenakan memang di daerah sana masih sangat jauh dari jangkauan manusia meskipun ada beberapa yang sudah banyak yang mulai terbuka. Tidak hanya soal makanan yang beranekaragam, kebudayaan di Nusa Tenggara Timur juga sangat banyak dan unik-unik. Tapi di sini akan membahas tentang makanan khas NTT saja yaa gaes,,hehe . Mungkin suatu nanti akan kami bahas tentang kebudayaannya.

Sebelum membahas tentang makanan khas lebih lanjut akan saya beri tahu dulu bahwa makanan di artikel ini kebanyakan tidak halal. Hal tersebut karena di sana mayoritas beragama non muslim berbeda dengan makanan khas NTB. Jadi pilih-pilih dulu yaa gaes sebelum mencoba Kuliner dan jajanan khas di sana yaa!. Ok gaes, Marilah simak makanan khas dari NTT yang sangat Populer.

Makanan Khas NTT, Jagung Katemak

makanan khas ntt

Langsung aja gaes makana khas dari NTT yang pertama yaitu Jagung Katemak. Makanan tersebut terbuat dari jagung tentunya. Tidak hanya jagung saja, tetapi ada labu lilin, kacang hijau, dan bumbu-bumbu lainnya yang membuat rasa jagung katemak tambah nikmat. Cara membuatnya hanya dengan merebusnya sampai empuk kemudian siap di makan.

Makanan Khas NTT, Kolo

makanan khas ntt

Makanan Khas Kolo ini merupakan makanan khas dari Nusa Tenggara Timur yang sangat unik. Keunikan tersebut karena cara memasaknya dengan dibungkus dengan bambu. Bambu yang digunakan merupakan bambu yang masih mudah agar nanti ketika di bakar tidak ikut kebakar.

Makanan ini termasuk makanan yang halal karena bahan nasi bakar ini terbuat dari beras biasa. Cara memasaknya yaitu dengan memasukkan beras dan air kemudian dimasukkan dengan bambu yang ujungnya ditutup dengan daun pisang muda untuk siap dibakar. Rasa Kolo ini sangat nikmat ketika dimakan dengan sambal dan lauk lainnya.

Makanan Khas NTT, Jagung Bose

makanan khas ntt

Jagung Bose merupakan makanan khas tradisional khas NTT yang sangat populer dikalangan orang-orang desa. Bahan dasar Jagung Bose adalah jagung putih. Mengapa harus jagung putih? Hal itu dikarenakan memang jagung putih diakui berasa manis dan bisa menunda rasa lapar. Kata bose merupakan dari bahasa daerah artinya lunak. Memang sebelum dimasak jagungnya terlebih dahulu ditumbuk agar terpisah dengan kulit luarnya. Rasa masakan ini sangat enak apalagi kalau sedang lapar ga, hehe

Kuliner Khas NTT, Se’i Sapi

makanan khas ntt

Nah, satu lagi makanan khas NTT yang halal. Se’i daging sapi merupakan makanan yang harus dicoba untuk semua kalangan karena baik yang umat Islam atau yang lain boleh memakannya. Se’i mirip seperti steak yang di asapi. Berbeda dengan yang lain, makanan ini sangat empuk dan enak untuk disantap bersama keluarga atau teman nongkrong.

Cara memasaknya masih sangat sederhana yaitu menggunakan arang api sehingga mengeluarkan aroma yang sangat menggoda selera makan. Arang yang digunakan juga dengan daun kesambi yang sudah kering. Proses pembuatannya pertama dengan mengiris daging yang tipis agar mudah matang dan dicampur dengan garam. Setelah itu daging digantung di bawah arang agar airya keluar tetapi jangan terlalu kering nanti rasanya hilang.

Kuliner Khas NTT, Sambal Ikan Teri

makanan khas ntt sambal teri

Sambal khas Nusa Tenggara Timur mempunyai ciri khas sendiri meskipun bahan dasarnya sama. Yaps Sambal Ikan Teri khas NTT ini ada campuran cambia dan bumbu lainnya. Biasanya sambail NTT ini sangat pedas banget berbeda dengan sambal lainnya. Sambal ini sudah tersebar di pelosok negeri.

Makanan Khas NTT, Ikan Kuah Belimbing

makanan khas ntt

Kalau di Jawa makanan ini namanya sayur asem, itulah kemiripan kuliner Ikan Kuah Belimbing khas Nusa Tenggara Timur. Makanan ini berbahan dasar ikan segar dan bumbu pilihan ( kayak iklan,,hehe) yang di masak dengan sepenuh hati (lebay banget) membuat rasa dan aroma menjadi nikmat untuk disantap. Sesuai dengan namanya, Ikan Kuah ini dicampur dengan belimbing wuluh agar tidak terlalu amis. Silahkan mencoba yaa!

Tumis Bunga Pepaya Khas NTT

makanan khas ntt

Tumis pepaya merupakan makanan khas yang sudah sangat banyak sekali ditemukan diberbagai daerah NTT. Rasa asli pepaya yang pahit akan hilang di dalam tumis ini. Agar tidak pahit terlebih dahulu sebelum memasak direndam dengan air garam. Rasa makanan ini sangat lezat dan nikmat apalagi disantap dengan nasi hangat dan sambal. Pokoke Josss..!!

Makanan Khas NTT, Sayuran Rumpu Rampe

makanan khas ntt rumpu rampe

Sayuran rumpu rampe merupakan makanan yang hampir sama dengan tumis bunga pepaya. Namun, sayuran rumpu rampe ini hanya ditambah dengan daun pepayanya. Cara membuatnya seperti masak biasa yang dicampur dengan cabai merah dan hijau serta bumbu dapur lainnya. Rasa begitu nikmat dan menyehatkan tentunya.

Oleh-Oleh Khas NTT, Jagung Titi

makanan khas ntt jagung titi

Jagung titi merupakan oleh-oleh khas dari Nusa Tenggara Timur yang hampir sama dengan poo corn. Cara membuat sangat sederhana, yaitu jagung digepengkan kemudian digoreng. Setelah matang dicampur dengan rasa asin atau variasi lainnya.

Oleh-Oleh Khas NTT, Muku Loto

makanan khas ntt

Makanan ini banyak ditemukan di Flores dan Wilayah Nagekeo. Banyak muncul ketika ada acara pesta adat atau acara pesta lainnya. Muku Loto sendiri sebenarnya adalah pisang yang dihancurkan. Kata Loto mempunyai arti “hancur” oleh sebabnya makanan ini di namakan muku loto atau pisanga hancur.

Makanan Khas NTT, Kena Kita

makanan khas ntt

Kuliner yang satu ini mirip dengan Bubur yang terdapat ubi-ubian dan kacang-kacangan. Sering disantap dengan kelapa parut agar rasanya gurih-gurih nyooohh. Bisa ditambah dengan cabai merah sehingga terasa sangat nikmat. Kena kita bisa dipakai untuk pengganti nasi. Bentuknya sangat lembut sehingga aman untuk perut kita yang sedang dalam masa penyembuhan berbagai penyakit. Cara pembuatannya yaitu cuma mencampurkan ubi-ubi bersama kacang tanah dimasak sampai matang.

Oleh-Oleh Khas NTT, Manggulu

makanan khas ntt

Makanan ini ada pertama kali pada saat perang melawan Belanda. Makanan ini sangat diminati oleh para prajurit kita. Rasanya yang manis dan bentuknya kecil sehingga mudah dibawa saat perang. Sangat ampuh untuk menolak rasa lapar datang. Bentuknya seperti dodol cuma dibungkus menggunakan daun pisang kering sehingga menjadi awet berhari-hari. Bahan dasar dari Manggulu ini adalah pisang kering dan kacang tanah yang dikupas kulitnya. Proses pembuatannya sangat lama, membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mengeringkana pisangya sebelum kemudian mencampurnya dengan kacang tanah kering untuk dibentuk. Selamat mencoba jika berkunjung ke Sumba Timur.

Oleh-Oleh Khas NTT, Ubi Nuabosa

makanan khas ntt

Udah ada yang pernah lihat singkong kan? yaps ubi nuabose sebenarnya singkong , ada juga yang menganggap ubi jalar juga disebut ubi nuabose. Ubi ini sangat cocok untuk pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Ubi ini bisa di masak dengan direbus atau jiga digoreng. Rasanya lembut dan gurih.

Minuman Khas NTT, Moke

makanan khas ntt

Moke merupakan minuman yang non halal ya gaes. Moke adalah tuak atau arak yang berasal dari pohon lontar. Masyarakat ada yang menyebutnya Moke ada juga yang menyebutnya Sopi. Semua adalah sama minuman keras yang berasal dari proses suling pohon nira.

Perbedaanya adalah kalau moke disuling menggunakan panci tanah liat, sedangkan Sopi menggunakan panci alumunium. Perbedaannya lainnya adalah kalau Moke rasanya masih ringan dan warnanya kuning, sedangkan Sopi rasanya lebih keras dan sudah jauh dari sifat air nira. Harga moke ini bisa 25-35 ribu gaes, Bahkan jika beli di eceran atau kepada orang yang tidak produksi mencapai 300 ribu per botol. Maha ya gaes, untuk yang muslim jangan mencoba-coba yaa!

Oleh-Oleh Khas NTT, Kue Cucur

makanan khas ntt kue cucur

Kue Cucur Khas NTT juga sama saja dengan kue Cucur yang berada di daerah lain gaes, jadi jangan bingung yaa. Bahan dasar juga sama tepung yang dicampur dengan gula jawa yang digoreng dalam cetakakn berbentuk bulat. Rasanya tentu manis .

Demikian 15 Makanan Khas NTT yang poluler dikalangan masyarakat. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi kita semua jika sedang mencari makanan khas dari Nusa Tenggara Timur ini. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

More in Hiburan, Kuliner
contoh puisi berantai
Inilah Contoh Puisi Berantai Lucu Untuk Menghibur Penonton

makanan khas tegal
Ini Dia Makanan Khas Tegal Untuk Oleh Oleh yang Perlu Dicoba !

Close