Ini Dia Makanan Khas Tegal Untuk Oleh Oleh yang Perlu Dicoba !

Makanan Khas Tegal – Ketika mendengar nama kota Tegal apalagi jika membahas kulinernya maka yang terpatri pada otak kita adalah warung tegal. Warung yang memiliki ciri khas aneka macam lauk yang terpajang pada etalase. Padahal untuk urusan kuliner atau makanan khas Tegal kurang familiar di telinga masyarakat. Maka dari itu kali ini kita akan mengulik beberapa masakan khas dari Tegal, berikut beberapa kuliner khas tesebut

1. Makanan Khas Tegal Sego Lengko

makanan khas tegal

Sego yang dalam bahasa jawa artinya nasi, dan Lengko sendiri memiliki arti langkah. Yaitu lauk pelengkap dari nasi ini jarang atau jauh dari kata mewah. Karena lauk yang melengkapi nasi tersebut ialah kol, tauge, tahu dan tempe tentunya makanan ini dipatok dengan harga yang murah.

2. Makanan Khas Tegal Kemronyos

makanan khas tegal

Ini adalah masakan khas Tegal yang terbuat dari daging kambing yang dibakar. Berbeda dengan sate karena proses pembuatan dari maskan khas ini, adalah memanggang daging kambing tersebut tanpa menggunakan bumbu. Yang nantinya daging yang telah selesai dipanggang akan dihidangkan dengan nasi dan beberapa pelengkap seperti acar dan sambal.

3. Minuman Khas Tegal Teh Poci

makanan khas tegal

Makanan khas Tegal memang banyak, tetapi juga terdapat minuman khasnya juga loh. Daerah tegal yang memiliki banyak perkebunan teh, membuat masyarakatnya punya cara sendiri untuk menghidangkan teh. Yaitu menyajikan teh dari tanah liat, atau biasa disebut teh poci, seperti upaca minum the orang Inggris yah.

4. Kuliner Khas Tegal Kupat Bongkok

makanan khas tegal

Kupat atau ketupat menjadi bahan utama untuk makanan Khas Tegal ini. Kupat bongkok biasanya disajikan saat momen berkumpulnya keluarga atau saat hari raya. Ketupat yang disajikan dengan fementasi tempe atau pembusukan selama 3 hari ini memiliki cita rasa yang khas.

5. Makanan Khas Tegal Nasi Bogana

makanan khas tegal

Nasi bogana adalah makanan khas Tegal yang yang biasanya disajikan dengan beraneka ragam lauk. Beberapa lauk yang sering menghiasi menu kuliner ini adalah telur bali, denddeng sapi, opor ayam ditambah dengan toping serundeng. Memang beraneka macam lauk menjadi ciri khas beberapa kuliner asal kota ini.

6. Makanan Khas Tegal Kupat Glabed

makanan khas tegal

Makanan yang disajikan dengan lauk tempe goreng lalu disiram dengan kuah glabed lalu ditutup dengan kerupuk dan bawang goring sebagai pelengkap. Jika bosan dengan tempe anda bisa memesan lauk lain seperti sate maupun ayam goring. Makanan khas tegal ini adalah makanan banyak diminati oleh para pecinta kuliner.

7. Makanan Khas Tegal Bubur Ayam Mang Hardi

Warung bubur yang teletak di Jalan Merpati No. 70. Menjadi masakan khas Tegal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke kota ini. Dengan harga yang cukup murah kamu bisa menikmati bubur tersebut dengan porsi yang cukup besar.

8. Kuliner Khas Tegal Nasi Ponggol

makanan khas tegal

Masakan khas Tegal ini menjadi menu sarapan masyarakat Tegal, karena menu makanan ini hanya tersedia di pagi hari. Menu sarapan dengan lauk sambal goreng tempe yang khas. Serta cara pengemasan yang masih sederhana dengan menggunakan daun pisang atau daun jati seakan mengajak kita kembali ke masa lampau.

9. Makanan Khas Tegal Tahu Upil

makanan khas tegal

Jangan membayangkan yang aneh-aneh ketika mendengar namanya. Makanan khas Tegal ini dinamakan demikian karna bentuk dan ukuran tahu tersebut yang relatif kecil. Kuliner khas ini biasa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Tegal.

10. Oleh Oleh Khas Tegal Rujak Teplak

makanan khas tegal

Sering kita mendengar kuliner rujak, tapi masakan khas Tegal ini berbeda loh dengan rujak pada umumnya. Rujak teplak terdiri dari berbagai macam sayuran serta sambal yang khas. Sayangnya kuliner tradisional ini sudah mulai jarang ditemui.

11. Mendoan

Makanan Mendoan merupakan makanan yang sangat populer di nusantara. Makanan yang sangat sederhana ini terbuat dari tempe yang masih baru di buat belum menjadi tempe jadi. Cara membuatnya cukup tempe di balut dengan tepung yang sudah diberi bumbu garam dan bawang. Kemudian setelah di balut digoreng dengan minyak yang sudah siap. Setelah matang dan garing diangkat. Agar makannya sangat lezat dengan cabai agar terasa hoot.

12. Soto Tegal

makanan khas tegal

Soto tegal seperti soto di daerah lainnya. Soto ini sangat enak dan nikmat. silahkan mencobanya. Harga soto Tegal sangat murah hanya 10-15 ribu per porsi.

13. Sate Bebek Majir

14. Martabak Lebaksiu

15. Sate Tegal

16. Makanan Khas Blendung

Makanan ini terbuat dari jagung yang direbus yang cukup lama. Ada campuran khusus semacam obat yang dapat membantu terjadinya melupaskan kulit jagung. Obat itu menambah reaksi panas agar cepat melupas. Setelah masak, Silahkan tambahkan parutan kelapa dan garam. Makanan ini dapat mengganti peran jagung. Blendung merupakan makanan tradisional khas dahulu , di daerah lain namanya berbeda kalau di Kebumen namanya Grontol.

17. Tahu Hasan

Tahu Hasan bukan sekedar tahu biasa sobat. Tahu ini adalah tahu isi yang rasanya nikmat. Jika sobat berkunjung ke Tegal jangan lupa mampir ke Tahu Hasan yang berada di sebelah selatan Koramil Tembok Lawu. Buka dari siang sampai sore. Silahkan dicoba kawan.

18. Lontong Cap Go Meh

Lontong ini makanan khas saat hari Raya Imlek. Lontong Cap Go Meh seperti lontong pada umumnya. Campuran dari makanan ini adalah telur dan irisan atau suwiran daging ayam. Jika penasaran langsung aja ke warung Ibu Wing di JL. Sudirman, Slawi. Harganya juga sangat terjangkau hanya 15 ribu per porsi.

19. Minuman Es Lontrong

makanan khas tegal

Jika Tegal cuaca sedang panas saya sarankan untuk mencoba Es Lontrong ini. Yaps, minuman khas tegal ini sangat segar dan nikmat untuk melepas dahaga Sobat. Harganya hanya 5000 saja. Minuman ini terdiri dari es, cincau, dan kacang hijau. Lokasi berada di Jl. Mayjen Sutoyo, Slawi, Tegal dekat Telkom.

20. Oleh Oleh Gulali

Gulali merupakan makanan atau permen khas yang sudah jarang ditemukan zaman sekarang. Gulali adalah permen tradisional untuk anak-anak biasanya. Tapi sekarang gulali mempunyai banyak rasa dan warna, bahkan dalam bentuk sesuai dengan keinginan.

21. Nasi Goreng Mas Amin

Jika Kalian mendengar nasi goreng pasti semua daerah ada. Nasi Goreng Mas Amin bisa dicoba di Jl. AR. Hakim. rasa sangat enak dan ada tambahan seperti daging ayam, mentimun, bakso, telur, kerupuk.dll. Silahkan dicoba.

22. Bakso Mahkota Putera

makanan khas tegal

Bakso yang satu ini sangat unik. Uniknya di mana? yaps yaitu kalian bisa menambahkan pilus seperti bola-bola kecil untuk dicampur dengan bakso. Bakso ini juga dicampur dengan siomay goreng dan kerupuk udang. Lokasi berada di Jl. Kapten Sudibyo Nomor 174 Tegal. Monggo di coba!

22. Bakso Nglaras Roso

23. Soto Sedap Malam Jenggot Khas Tegal

24. Nasi Langgi Khas Tegal

25. Sop Kikil Warung Bu Umi

Demikian dulu pemaparan dari Makanan Khas tegal yang bisa kami tulis. Terus jaga warisan kuliner Nusantara agar tetap kekal dan anak cucu kita bisa merasakan. Maafkan jika ada kesalahan dari segi penulisan yaa sobat. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Tinggalkan komentar