Dampak Teknologi Informasi Positif dan Negatif Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dampak Teknologi Informasi – Kemajuan teknologi pada era sekarang meningkat secara cepat terutama dalam bidang teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal tersebut disebabkan karena mudahnya akses internet yang sangat murah dan dapat dilakukan di mana saja dan kapanpun. Dampak dari penggunaan internet yang sangat luas mengkibatkan adanya dampak positif dan negatif dalam bidang informasi dan komunikasi.

Dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi ini juga tergantung dari bagaimana cara penggunaannya. Misalnya anak di bawah umur sudah memakai gadget untuk mengakses informasi yang tidak semestinya akan mengakibatkan munculnya dampak negatif. Namun, Jika seorang pelajar membutuhkan informasi untuk ilmu pengetahuan yang dapat berguna, maka akan sangat bermanfaat teknologi itu. Jadi, semua tergantung penggunanya.

Inilah Beberapa Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dalam kehidupan sehari-hari:

Dampak Teknologi Informasi dalam Positif

1. Mempercepat Informasi

dampak teknologi informasi

Teknologi Informasi sangat membantu dalam penyebaran informasi dalam media elektronik. Dengan kemajuan teknologi sekarang yang semakin canggih, informasi bisa diakses dengan begitu cepat meskipun kadang informasinya kurang valid jika ada yang menyebarkan informasi tidak di saring. Maka dari itu, manfaat teknologi bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan saja

2. Mempercepat akses informasi terkini

dampak teknologi informasi

Dampak positif dari kemajuan teknologi adalah mudahnya mengakses informasi terkini dari manapun dan kapanpun orang itu berada. Jaringan internet sudah tersebar sangat luas bahkan di pelosok-pelosok pedalaman sudah masuk yang namanya internet sehingga sudah tidak ketinggalan informasi terkini.

3. Sebagai media sosial

dampak teknologi informasi

Salah satu dampak teknologi informasi yang positif yaitu dengan adanya media sosial misalnya Facebook, google+, Twitter, dll. Kegunaan media sosial itu berguna untuk berinteraksi dengan yang jauh tanpa tatap muka. Media sosial tersebut juga bisa untuk membentuk komunitas dan grup secara maya. Selain itu juga bisa digunakkan untuk medai promosi produk untuk dijual ke user media sosial tersebut secara tertarget.

4. Membantu orang mencari informasi

dampak teknologi informasi

Teknologi juga dapat membantu orang lain untuk mendapatkan informasi atau ilmu pengetahuan. Mahasiswa atau siswa di lingkup pendidikan sering menggunakan teknologi untuk sebagai sumber bahan diskusi. Disarankan untuk mencari sumber yang valid jika mengambil dari internet. Cari website yang resmi untuk mengutip informasi.

5. Media Hiburan

dampak teknologi informasi

Point ini yang sangat digunakan oleh user. Teknologi sangat banyak digunakan untuk media hiburan. Banyak video atau gambar-gambar meme yang bertujuan untuk membuat lucu sehingga orang dapat terhibur. Banyak video viral yang dapat dijadikan ladang rejeki misalnya membuat channel Youtube yang dikaitkan adsense. Tapi sekarang dengan adanya internet menjadikan yang dekat seperti jauh dan yang jauh seperti dekat. Jadi ketika berkumpul dengan teman atau saudara usahkan jangan fokus terus ke HP saja.

6. Mempermudah komunikasi jarak jauh

dampak teknologi informasi

Seperti pembahasan di atas meskipun teknologi informasi dapat mendekatkan yang jauh, teknologi juga dapat menjauhkan yang dekat. Gunakan teknologi seperlunya saja jangan sampai merusak hubungan pertemanan atau saudara anda.

7. Berbagi data atau file

Untuk kasus ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh kaum pelajar. Dalam forum grup atau diskusi di grup untuk mata pelajaran atau mata kuliah tertentu yang dibuat oleh guru pengampunya. Jadi dengan Berbagi data lewat teknologi ini bisa transfer data tanpa harus tatap muka dan menghemat biaya dan waktu.

8. Media Pendidikan

dampak teknologi informasi

Kalau membicarakan dalam dunia pendidikan tidak akan lepas dengan kebutuhan teknologi. Setiap detik akan ada ilmu yang baru sehingga dibutuhkan teknologi informasi yang canggih dan cepat. Dengan adanya teknologi informasi akan memudahkan proses belajar mengajar dikelas. Bahan untuk diskusi semakin banyak karena tidak hanya dari seorang guru saja ilmu seorang siswa melainkan juga bisa didapat dari sumber lain misalnya internet. Dengan hal itu sehingga bukan lagi seorang guru sebagai center ilmu, melainkan siswa juga bisa dapat berbagi ilmu dengan gurunya.

9. Media Jual Beli

dampak teknologi informasi

Seperti yang sudah dipembahasan di atas, kemajuan teknologi informasi juga dapat digunakan untuk medai jual beli. Contoh ketika seorang pedagang dalam menentukan harga barangnya di pasar bisa mengupdate harganya lewat internet atau media informasi lainnya. Hal itu bisa meminimalisir terjadinya kerugian yang besar. Contoh tempat untuk media jual beli adalah Olx, Bukalapak, Tokpedia, dll.

10. Mempermudah kesulitan (Tutorial, Tips, Trik, Modul,dll)

Dampak yang sangat penting yaitu dapat mempermudah dan mengatasi masalah secara instan dan mendadak. Misal dalam situasi yang jauh dari orang ahli, kita bisa membaca cara atau tips membuat makanan atau membuat barang tertentu tanpa harus tatap muka sama yang ahli. Banyak tutorial resep makanan secara live video youtube dengan jelas. Ada website yang menampung artikel tentang resep makanan yaitu cookpad.

Dampak Teknologi Informasi dalam Negatif

Sebenarnya dampak negatif kemajuan teknologi informasi tergantung dari pengguannya. Kalau moral dari pengguna teknologi itu bobrok akan mengakibatkan munculnya dampak negatif yang sangat luas. Beberapa dampak negatif dari Teknologi Informasi adalah sebagai berikut:

1. Semakin banyaknya pelanggarana atas Hak Atas Kekayaan Intelektual karena mudahnya di akses oleh siapapun tanpa ijin pemiliknya yaitu dengan plagiasi.

2. Memberi pendidikan yang tidak sesuai kepada anak-anak yang belum cukup umur.

3. Penyalahan Informasi untuk tindakan kriminal oleh oknum tertentu yang tidak bertanggungjawab.

4. Sepinya tempat-tempat ilmu seperti perpustakaan dan tempat kajian karena sekarang sudah dapat di akses lewat Smartphone.

5. Menjauhkan yang dekat karena ketika sedang bersama malah pegang HP semua.

6. Menjadi malas untuk silaturahim secara langsung.

7. Meningkatnya penipun dan kejahatan.

8. Cyber Bulyying

9. Dampak yang sangat bahaya adalah tergantungan dengan internet sehingga membuang waktu yang tidak bermanfaat sehingga prestasi menjadi menurun.

Demikian dampak positif dan negatif dari teknologi informasi. Semoga menjadi acuan untuk penggunaan dan menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Silahkan share kepada orang lain agar tahu dampak teknologi informasi.

 

Tinggalkan komentar