Minuman, Jajanan, dan Makanan Khas Magelang yang Terpopuler!

Makanan Khas Magelang – Kota yang berada di propinsi Jawa Tengah ini terkenal memiliki salah satu keajaiban dunia. Namun selain destinasi wisatanya makanan khas Magelang tidak kalah terkenal dengan wisatanya loh. Ada baiknya teman pembaca tahu, supaya jika berkunjung ke Magelang selain berwisata juga bisa menikmati kekayaan kuliner khas daerah tersebut. Berikut kami akan mengulas beberapa Kuliner khasnya yang wajib kamu ketahui.

1. Makanan Khas Magelang Mangut Iwak Beong

makanan khas magelang

 

Iwak Beong adalah ikan yang memiliki satu marga dengan ikan lele. Ikan berkumis ini menjadi bahan dasar makanan khas Magelang ini, ikan ini didapatkan dari hasil tangkapan sungai. Nantinya ikan ini disajikan dengan kuah santan pedas yang pasti kamu suka.

2. Minuman Khas Magelang Wedang Kacang

makanan khas magelang

Selain makanan khas Magelang, ada minuman khas yang mungkin bisa mengusir lelah kamu selepas perjalanan panjang menujung kota ini. Minuman khas ini disajikan dengan wedang atau kuah dengan komposisi jahe, ketan, dan kacang. Meskipun memiliki kemiripan dengan ronde tapi untuk urusan rasa wedang kacang ini tidak kalah loh kawan.

3. Makanan Khas Magelang Sego Godhog

makanan khas magelang

Kuliner khas Magelang ini tak kalah menggugah selera loh kawan, makanan ini adalah seporsi mie dan nasi lalu disiram dengan kuah kental. Seporsi Sego Godhog bisa kamu nikmati di dekat Karoseri New Armada dan berdekatan dengan Armada Town Square. Warung Yatno ini menyediakan seporsi Sego Godhog yang bikin kamu pingin kembali lagi.

4. Kuliner Khas Magelang Kupat Tahu

makanan khas magelang

Makanan khas Magelang ini adalah kuliner tadisional dan sudah banyak dikenal oleh para pecinta kuliner. Ketupat dan irisan tahu yang nantinya dicampur bumbu yang telah diolah dengan aneka rempah-rempah. Setelah itu sebagai penutupnyatelur, seledri, tauge dan kacang goreng, kebayang kan enaknya kawan.

5. Makanan Khas Magelang Nasi Goreng Magelangan

makanan khas magelang

Memang banyak aneka ragam kuliner khas nusantara termasuk salah satunya Nasi Goreng. Namun ada spesial loh dari makanan khas Magelang yang satu ini, nasi goreng khas magelang ini dimasak dengan campuran mie kuning. Dengan beberapa campuran rempah, rasa dari kuliner ini boleh diadu dengan nasi goreng daerah lainnya.

6. Oleh Oleh Khas Magelang Konro Bakar

makanan khas magelang

Memang sejatinya Konro merupakan bukan makanan khas Magelang melainkan berasal dari Makasar. Namun ada beberapa hal yang menari dari konro bakar Magelang ini, karena konro yang satu ini disiram dengan bumbu kacang diatasnya. Unik tapi rasanya tidak bisa dipandang sebelah mata, jika kamu berkunjung ke Magelang kamu wajib mencobanya.

7. Makanan Khas Magelang Sop Senerek

makanan khas magelang

Tersedia di warung bu Atmo di simpang empat Jalan Mangkubumi yang menuju ke arah Bandungan, kota Magelang. Sup bening dengan isian sayuran seperti wortel, daging dan kacang serta ditemani nasi putih. Sedap dan menggugah selera terutama bagi kamu yang suka makan denga taburan kuah maka masakan khas Magelang ini bisa jadi bahan rujukan kamu.

8. Makanan Khas Magelang Es Murni

makanan khas magelang

Menyantap es memang enak ketika cuaca sedang terik dan panas menyengat tubuh Ketika cuaca. Makanan khas Magelang ini sudah berdiri sejak 1962 dan sudah tergolong makanan legendaris di kota ini. Terletak di jalan Sriwijaya tempat ini menyuguhkan aneka varian es yang dapat kamu pilih dan kamu nikmati dengan keluarga.

9. Minuman Khas Magelang Es Krim Mahkota

makanan khas magelang

Satu lagi minuman khas Magelang yang sudah menjadi legenda. Es yang satu ini lebih tua loah karena sudah berdiri sejak 1945, dengan bangunan khas yang menggambarkan era kolonial dahulu. Meskipun tidak seperti es krim modern pada umunya tapi baik rasa dan kualitasnya masih terjaga, bolehlah mampir sembari menikmati dekorasi khas era kolonial.

10. Kupat Tahu

makanan khas magelang

Makanan Kupat tahu merupakan makanan tempo dulu. Makanan ini terdiri dari irisan tahu yang dicampur dengan kacang tanah, taoge, bumbu rempah, dan di siram dengan kuah kecap yang di tambah cabai pedas. Rasa sangat enak dan halal. Jika perut lapar bisa buat pengganti makan nasi. Silahkan mencoba!

11. Depot Es Semanggi

makanan khas magelang

Tempat Depot Es Semanggi berada di depan Parkiran Matahari Departemen Store. Es Semanggi ini tidak pernah sepi pengunjung. Harga berkisar 3-10 ribu saja. Banyak aneka jenis minuman di es Semanggi ini. Silahkan mencoba yaa gaess!

12. Buntil Daun Talas

makanan khas magelang

Makanan Buntil Daun Talas merupakan makanan yang sangat-sangat sederhana sekali. Bahan dasarnya hanya daun Talas dengan dicampuri parutan kelapa. Anda bisa mencari resep sederhana cara membuat makanan buntil ini di internet.

13. Opor Enthog

makanan khas magelang

Opor Enthog merupakan makanan berkuah yang berbahan dasar Angsa atau bahasa jawanya Enthog. Cara membuatnya yaitu dengan membakar Angsa tersebut sampai bulunya hilang dan mengeluarkan lemak dan tercampur dengan kuahnya. Rasa Opor ini sangat enak. Biasa disajikan dengan nasi hangat dan kerupuk udang agar semakin enak.

14. Mangut Lele

makanan khas magelang

Sudah sejak dahulu makanan Mangut lele menjadi promadona masyarakat Magelang terutama orang-orang desa. Tetapi di jaman sekarang sudah semakin langka makanan yang satu ini. Mangut Lele terbuat dari lele tentunya dan dimasak dengan bumbu-bumbu dapur. Rasa mangut lele gurih, pedas, dan ada manis-manisnya.

15. Sego Megono

makanan khas magelang

Makanan yang satu ini tersedia hanya di hari Raya idul fitri saja. Makanan ini menjadi perekat kekeluargaan ketika kumpul bersama. Nasi Megono terdiri dari nasi yang dicampur dengan parutan kelapa yang disajikan di tas daun pisang. Ayo lestarikan warisan kuliner Nusantara jangan sampai punah yaa sobat!

16. Kluban

makanan khas magelang

Makanan Kluban adalah makanan berupa sayuran hijau yang di masak. Kemudian dicampur dengan parutan kelapa kemudian di masak kembali dicampur dengan santan sampai mendidih. Rasanya sangat enak dan pedas. Silahkan mencoba makanan tradisional ini yang hanya dijumpai dipedesaan saja.

17. Getuk Trio

makanan khas magelang

Makanan ini sebenarnya makanan tradisional tetapi dikemas dengan bungkus yang sangat modern dan cantik. Ada banyak varian rasa untuk oleh-oleh betuk trio ini. Warnanya juga ada banyak varian sesuai rasanya. Biasa dijual ditempat-tempat wisata magelang.

18. Wajik Salaman

19. Tape Ketan Muntilan

20. Jemunak

21. Slondok

22. Dodol

23. Ketan

24. Geblek

25. Soto Kluwih

26. Bakso Krikil

27. Grubi

28. Nasi Lesah

29. Gethuk Bolen

30. Gethuk Cotot

31. Pothil

32. Gula Kacang

33. Permen Tape

34. Es Pleret

35. Blendrang

36. Angkringan

37. Mie AA

38. Sop Ampal

39. Gudeg Poncol

40. Kethak

41. Gethuk Lindri

42. Es Dawet

43. Cenil

44. Es tebu

makanan khas magelang

Es tebuh sudah biasa kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Hanya bahan dasar tebu yang diperas menggunakan alat peras kemudian dicampur dengan gula dan campuran lainnya. Sangat enak dan lezat saat udara panas.

45. Salak Pondoh

makanan khas magelang

Salak pondoh kebanyakan berada di daerah Sleman yang berbatasan dengan Magelang. Bentuknya yang kecil tetapi rasanya manis meskipun masih muda. Sekarang salak pondoh juga ada yang ukuran loo gaes, silahkan dicoba saja buat oleh-oleh saudara di rumah.

Demikian Makanan Khas Magelang yang harus Anda coba kelezatannya. Magelang juga merupakan daerah tempat banyak makam wali-wali yang sering diziarahi. Karena hal tersebut sehingga banyak pedagang yang menjual oleh-oleh khas Magelang di sekitar makam.

 

Tinggalkan komentar