Lezat dan Bikin Ketagihan, Ini Dia Makanan Khas Bangka Belitung yang Perlu di Coba!

Makanan khas Bangka Belitung – Masih ingat demo besar-besaran di Jakarta yang menuntut Gubernur asal Bangka Belitung itu turun. Tapi kali ini kita akan membahas makanan khas Bangka Belitung saja bukan urusan itu. Mata pencaharian masyarakatnya yang sebagian besar sari hasil laut ini kaya akan kuliner olahan hasil lautnya. Selain produk laut, ada juga masakan khas Bangka Belitung yang memanfaatkan hasil perkebunannya.

Bangka Belitung atau yang sering orang menyebutnya Babel merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari 2 pulau yaitu Pulau Bangka dan Pulau belitung dan masih banyak pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Babel berada di sebelah timur Provinsi Sumatera Selatan yang merupakan daerah penghasil timah dan memiliki pantai-pantai yang indah untuk kalian kunjungi. Dari pada lama-lama bahas yang tidak jelas lebih baik langsung saya jelaskan makanan khas dari Bangka Belitung ini.

Berikut kuliner khas Bangka Belitung yang harus kamu cicipi!

1. Makanan Khas Bangka Belitung Kepiting Santan

makanan khas bangka belitung

Para pecinta kuliner seafood pasti sangat menggilai kepiting, rasa daging yang sedap menajadikannya banyak diburu para penggemarnya. Begitu pula dengan makanan khas dari Bangka Belitung yang satu ini, olahan kepiting yang dipadukan dengan kuah santan pedas. Menjadikannya kuliber yang paling banyak diburu oleh wisatawan penggemar seafood.

2. Makanan Khas Bangka Belitung Lempah Kuning

makanan khas bangka belitung
google

Makanan khas Bangka Belitung ini terbuat dari olahan ikan laut. Hampir sama seperti gulai, tapi bagian kepala ikan lah yang sering dipakai untuk membuat masakan ini. Namun yang menjadikannya berbeda dengan gulai adalah warna kuning khas yang dihasilkan dari kunyit dan lengkuas. Rasa dari makanan ini sangat enak dan gurih di lidah yang mencobanya. Ayoo tunggu apa lagi segera coba Lempah Kuning ini di Bangka Belitung.

3. Makanan Khas Bangka Belitung Mie Belitung

makanan khas bangka belitung
google

Jika berwisata ke Bangka Belitung, jangan lupa untuk mencoba Mie Belitung Nyonya Atep ,yang lokasinya tepat di tengah kota atau di Jl. Sriwijaya, Tanjungpandan. Kuliner khas Bangka Belitung berikutnya adalah olahan berbahan dasar mie, mie kuning disajikan dengan kuah hangat perpaduan merica, jahe, dan beberapa rempah. Serta taburan ayam atau udang sebagai topingnya pasti sangat menggugah selera. Mie Belitung dihidangkan dimangkok yang di dampingi oleh makanan lain seperti: udang, emping, kerupuk. Sangat nikmat jika dimakan waktu kuah masih panas.

4. Makanan Khas Bangka Belitung Berego

makanan khas bangka belitung
google

Makanan khas dari Bangka Belitung berikutnya adalah Berego yaitu perpaduan antara terpung beras dan sagu. Berbentuk bulat putih seperti lontong dan disantap dengan kari atau gulai ikan. Tak perlu sudah mencarinya, karena banyak warung-warung pinggir jalan yang menyediakan hidangan ini.

5. Kuliner Khas Bangka Belitung Mie Ayam Bangka

makanan khas bangka belitung
google.com

Sudah biasa menyantap mie ayam, tapi nanti dulu dengan makanan khas Bangka Belitung yang satu ini. Karena mie ayam Bangka memiliki karate seperti mienya yang lebih kenyal serta penggunaan tauge sebagai pelengkapnya. Beberapa lauk pelengkap juga turut melengkapi seperti ayam, bakso, dan pangsit.

6. Makanan Khas Bangka Belitung Sambal Rusip

makanan khas bangka belitung
google.com

Yaitu sambal yang dibuat dari olahan fermentasi ikan, beserta beberapa bumbu seperti gula merah, cabe, dan garam selama beberapa hari. Makanan khas dari Bangka Belitung ini memiliki ciri khas bau masam dan rasanya manis pedas. Sambal ini biasanya menjadi pelengkap olahan sayur mayor.

7. Kuliner Khas Bangka Belitung Belacan

makanan khas bangka belitung
google.com

makanan khas Bangka Belitung ini bisa didapat dari tokoh oleh-oleh. Biasanya para wisatawan banyak membelinya untuk oleh-oleh keluarga dirumah. Belacan sendiri merupakan hasil fermentasi beberapa hasil laut, yang biasa digunakan sebagai campuran sambal atau masakan.

8. Oleh-Oleh Khas Bangka Belitung Pletek

makanan khas bangka belitung
google.com

Pletek sebenarnya makanan khas Bangka Belitung yang berupa kudapan ringan. Berwarna putih dan memiliki tekstur renyah seperti krupuk, pletek menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa oleh para wisatawan. Terbuat dari tepung beras dan ikan tenggiri pletek menjadi cemilan nikmat bersama keluarga.

9. Makanan Khas Bangka Belitung Kue Rintak

makanan khas bangka belitung
google.com

Kue rintak adalah makanan asli Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Karena bahan pembuatannya didominasi oleh sagu, kue rintak juga dikenal sebagai kue sagu. Biasanya kue rintak atau kue sagu hadir saat Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Kue rintak mempunyai rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Kue ini juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh dengan mendatangi pusat oleh-oleh yang ada di Bangka dan Belitung.

10. Makanan Khas Bangka Belitung Kecalo

makanan khas bangka belitung
google.com

Kecalo adalah makanan hasil dari fermentasi udang rebon, kecalo disajikan sebagai sambal sebagai pelengkap makanan. Makanan khas Bangka Belitung ini memiliki rasa asin dan pedas yang unik. Cara pembuatanya sendiri adalah dengan memilih udang rebon yang masih segar lalu dicampur beberapa bumbu sebelum difermentasi.

11. Sup Gangan Khas Bangka Belitung

Makanan yang satu ini merupakan makanan kebanggan dari masyarakat Babel. Bahan dasar dari Sup Gangan adalah hasil laut yaitu ikan tenggiri yang masih segar. Bumbu yang dibuat terdiri dari garam, kunyit,bawang merah, bawang puith, lengkuas, dan cabai merah. Semua rempah-rempah tersebut dicampur jadi satu menjadikan Sup Gangan menjadikan rasanya pedas gurih dilidah penikmatnya.

12. Lakse Khas Bangka Belitung

makanan khas bangka belitung
google.com

Lakse merupakan makanan khas dari babel yang hampir sama dengan spageti. Lakse merupakan mie yang digulung-gulung seperti spageti. Makanan ini mempunyai rasa yang sangat lezat. Cara menghidangkannya seperti makanan khas Sup Gangan. Silahkan mencoba yaa sobat jika berkunjung ke Babel sana.

13. Martabak Khas Bangka Belitung

makanan khas bangka belitung
google.com

Martabak khas Belitung ini sangat terkenal berbeda dengan makanan kota khas Belitung lainnya. Martabak Belitung ini nama aslinya adalah Hok Lo pan. Martabak Belitung ini mempunyai cita rasa manis sehingga banyak orang menyebutnya dengan martabak manis khas Belitung. Bahan martabak ini dari tepung, mentega, dan bahan lainnya yang dapat mengembangkan martabak.

Cara penyajian dari maratabak ini dengan menempatkan di atas loyang lalu di taburi cokelat, susu, kacang, atau wijen. Harganya sama seperti martabak pada umumnya yaitu sekitar 25 ribu rupiah saja.

14. Mie Koba Khas Bangka

makanan khas bangka belitung

Jika Anda sudah bosan mie yang biasa-biasa saja, alangka baiknya mencoba makanan Mie Khas Bangka Tengah yang bernama Mie Koba. Mie ini sebenarnya terbuat dari mie yang dicampur denga ikan tenggiri berkuah. Selain dengan ikan tenggiri, makanan ini sering dihidangkan dengan campuran telur, slendri, dan bawang goreng. Agar terasa nikmat sebaiknya dicampur dengan air jeruk nipis.

15. Makanan Khas Bangka Getas

makanan khas bangka belitung
google.com

Getas merupakan makanan cemilan yang berasal dari daerah Bangka, Berbeda dengan Belitung yang mempunyai cemilan khas yang bernama Pletak. Keduanya sama-sama terbuat dari ikan tenggiri. Makanan ini sangat digemari oleh wisatawan yang berkunjung. Selain Warnanya yang menggoda selera, makanan ini bercita rasa gurih dan krenyes di lidah.

Demikian makanan khas dari Bangka Belitung yang wajib sobat coba! Banyak kuliner dari Bangka Belitung yang harus dilestarikan oleh pemuda zaman sekarang terutama makanan khas tradisionalnya. Sebenarnya masih banyak makanan khas dari daerah sini yang tidak bisa kami tulis untuk bahan referensi sobat. Silahkan baca makanan khas dari Daerah lain di seluruh wilayah Nusantara ini hanya di elrajab.com kesayangan anda ini.

Tinggalkan komentar