ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

Jenis Ikan Sapu Sapu Hias di Indonesia dan Dunia

4 min read

jenis ikan sapu sapu

Jenis ikan sapu sapu – Ikan ini termasuk dalam 3 jenis tipe ikan catfishes. Seperti corydoras, pleco, catfishes. Ikan pleco merupakan jenis ikan hias yang hidup didasar subtract biasa menempel pada kaca, Mempunyai manfaat dapat membersihkan akuarium, ikan ini memiliki corak dan warna yang bervariasi.

Berdasarkan otoritas penelitian kesehatan, sapu-sapu mengandung timbal, sebuah zat yang bahaya bila dimakan oleh manusia. Jika jenis ikan sapu sapu yang di sungai suka sekali makan sari-sari makanan yang terkandung di lumpur. Makanan dari jenis ikan sapu-sapu king pleco tediri dari hewan hidup, untuk itu dalam merawatnya di akuarium yang terdapat bloodworm, kerang dan udang kecil.

Inilah Jenis Ikan Sapu-Sapu di Indonesai dan Belahan Dunia

  1. Jenis Ikan Sapu Sapu King Tiger Pleco

jenis ikan sapu sapu

Ikan sapu-sapu type king tiger pleco memiliki warna yang unik, seperti kulit pada badan harimau, namun warnanya dengan corak hitam dan putih berbeda denga harimau. King pleco berasal dari North East Brazil. Amerika selatan, dengan mempunyai Panjang 12 cm. untuk melihara di aquarium membutuhkan air 120 liter.

  1. Jenis Ikan Sapu Sapu Scarlet Pleco (Pseudacanthicus Species)

jenis ikan sapu sapu

Jenis ikan scarlet pleco yang paling banyak dipelihara dan dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Mempunyai warna yang unik dan diberi nama sesuai sama bentuk serta warna fisik ikan. Scarlet berwarna merah tua atau merah sedikit orange, ikan sapu-sapu scarlet terdapat di sungai negara Brazil

  1. Ikan Sapu-Sapu Zebra Pleco (Hypancitrus Zebra)

jenis ikan sapu sapu

Hypancitrus zebra adalah ikan sapu-sapu yang paling mahal. Ikan yang terdapat di sungai amazon yang mempunyai corak hitam putih bergaris seperti Kuda Zebra biasanya dijadikan ikan hias di akuarium. Hidup di North east Brazil, Amerika selatan. Dengan panjangnya bias mencapai 7.5 cm. memelihara ikan sapu-sapu zebra pleco bias digabungkan dengan jenis ikan lainnya karena sifatnya tidak agresif dan karnivora.

  1. Ikan Sapu-Sapu Leopard Pleco (Glyptoperichthys Gibbiceps)

jenis ikan sapu sapu

Leopard Pleco Bersal Dari Amerika Selatan Dengan Panjang 51 Cm. Ikan sapu-sapu leopard ini jenis ikan yang mahal Ke-2 setelah Hypancitrus zebra

  1. Ikan Sapu-Sapu Royal Pleco (Panaque Nigrolineatus)

Royal pleco merukan ikan sapu-sapu yang bersal dari Columbia, Venezuela, Brazil dan Amerika selatan. Yang memiliki Panjang tubuhnya 43 cm dapat hidup sampai 20 tahun.

  1. Ikan Sapu-Sapu Leopard Frog Pleco (Peckolia Compta)

jenis ikan sapu sapu

Leopard frog pleco yang merupakan bersal dari Brazil, Amerika selatan. Yang mempunyai warna mirip ikan sapu-sapu jenis zebra pleco namun jika masih muda leopard frod pleco warnanya kuning ketika sudah dewasa berubah menjadi gelap bergaris-garis.

  1. Ikan Sapu-Sapu Broke Line Royal Pleco

jenis ikan sapu sapu

Broken line Royal pleco berasal dari Venezuela mempunyai banyak varian warna corak garis putus-putus, biasa sesaat tidak garis putus-putus dan mempunyai warna basic biru Pucat. Dengan Panjang mencapai 40 cm.

  1. Jenis Ikan Sapu Sapu Snowball Pleco

Snow Pleco juga berasal dari Rio Negro,Venezuela, South Amerika. Ikan sapu-sapu ini merupakan ikan predator panjangnya sekitar 16 cm. untuk merawat dengan kapasitas air 120 liter dengan suhu 22-30 derajat C, untuk pH 5,8-7,6.

  1. Ikan Sapu-Sapu Jenis Small Spotted Cat Pleco

jenis ikan sapu sapu

Berasal dari Amazon yang mempunyai ukuran kecil kurang dari 13 cm.

  1. Ikan Sapu-Sapu Golden Nuget Pleco (Baryancistrus)

jenis ikan sapu sapu

Jenis ikan sapu-sapu ini yang bersal dari Amazon River, Amerika selatan, yang memiliki ukuran Panjang tubuhnya antara 15-20 cm.

  1. Ikan Sapu-Sapu Red Fin Cactus Pleco

jenis ikan sapu sapu

Red Fin Cactus Pleco yang berasal dari Rio Tocantis, negara Brazil.  Ikan sapu-sapu yang mempunyi keunikan sendiri yaitu guratan sisik dibadanya mirip dengan tanaman kaktus, sirip dan ekornya mempunyai warna merah.

  1. Ikan Sapu-Sapu Xingu Baryancistrus

Xingu Baryancistrus memiliki ukuran 25 cm dan mempunyai warna hitam dengan totol kekuningan di badanya.

  1. Ikan Sapu-Sapu Xingu Peppermint Pleco

Xingu Pepperment pleco merupakan nama daeral asalnya yaitu terdapat di sungai Brazil yaitu Rio Xingu. Ikan sapu-sapu mempunyai warna basic hitam pekat dengan totol kecil diseluruh badan.

  1. Ikan Sapu-Spu Violet Red Bruno

Violet Red Bruno yang banyak di sungai Amazon. Ikan sapu-sapu ini mempunyai warna keunguan yang hkas dengan intensitas semakin gelap diekornya.

  1. Ikan Sapu-Sapu Big Spot Hypostomus

Seperti namanya, ikan ini memiliki warna polkadot besar dengan warna basic putih denga nagak sedikit kuning.

  1. Ikan Sapu-Sapu Albino

Albino merupakan ikan sapu-sapu hias yang mempunyai bentuk tubuhnya sama dengan ikan sapu-sapu lainnya., yang mempunyai warna kuning agak keputihan.

  1. Ikan Sapu-Sapu Butterfly Pleco

Berasal dari Rio Negro, Amazon basin, Brazil, Amerika Selatan. Ikan sapu-sapu iki sangat unik bias berubah warna tubuhnya seperti Binatang Bunglon sesuai keadaan yang ada.

  1. Ikan Sapu-Sapu Blue Eyed Pleco (Panaque Cochliodon)

Ikan jenis tergolong mahal, yang bersal dari Columbia, Amerika Selatan dan Panjang tubuhnya mencapai 30 cm.

  1. Ikan Sapu-Sapu Blue Phantom Pleco (Hemiancistrus Species)

Jenis ikan ini merupakan berasal dari Amerika Selatan mempunyai keunikan warna bitnik-bintik ditubuhnya hamper mirip dengan ikan sapu-sapu Green Phantom pleco.

  1. Ikan Sapu-Sapu Titanicus Pleco (Psedacanthicus Species)

Jenis ikan titanicus pleco bersal dari Brazil, Amerika yang mempunyai ukuran Panjang tubuhnya mencapai 30 cm.

  1. Ikan Sapu-Sapu Sunshine Pleco (Scobinancistrus Aureatus)

Sunshine pleco seperti namanya mempunyai warna yang indah bersinar, ikan sapu-sapu ini bersal dari Brazil, Amerika Selatan.

  1. Ikan Sapu-Sapu Adonis Pleco (Acanthicus Adonis)

Jenis ikan sapu-sapu adonis pleco ini adalah ikan sapu-sapu raksasa karena merupakan ikan sapu-sapu terpanjang bias mencapai 1 meter diantara jenis ikan sapu-sapu lainya. Untuk memelihara kolam ikan yang berukuran bias menampung air sebanyak 4.000 liter.

  1. Ikan Sapu-Sapu Green Phantom Pleco

Green phantom di Rio Orinoco, Venezuela, dialam liar biasanya ditemukan di celah-celah batu granit dan aliran sungai yang deras. Memliki Panjang tubuhnya 18 cm, untuk memliharanya membutuhkan kapasitas air sebanyak 120 cm, 22 – 25 derajat C dan pH antara 6,0-7,2.

  1. Jenis Ikan Sapu yang Bernama Longfinned Bristlenose Pleco

Longfinned Bristlenose pleco (Bersirip Panjang) yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan sapu-sapu  sirip Panjang albino, coklat gelap, krem, dan hitam.

  1. Ikan Sapu-Sapu Common Pleco

Common pleco yang bersal dari Amerika Tengah selatan yang memiliki tubuh Panjang mulai dari 30 – 60 cm. merawat  ikan sapu-sapu common pleco ini membutukan air 200 – 400 liter.

  1. Ikan Sapu-Sapu Striped Pleco (Peckolia Vitta)

Jenis type ikan sapu-sapu yang bersal dai sungai Amazon di Amerika selatan. Mempunyai ukuran tubuhnya sekitar 10 cm. merawat jenis ikan sapu-sapu striped pleco membutuhkan air 80 liter.

  1. Ikan Sapu-Sapu Vampire Pleco (Leporacanthicus Galaxias)

Vampire Pleco yang berasal dari Brazil, Amerika selatan. Memliki Panjang tubuhnya sampai 25cm. merawat ikan vampire pleco dengan volume air 200 liter dan suhu antara 22-26 derajad.

  1. Jenis Ikan Sapu Sapu Bristlenose Pleco (Ancistrus Temminckii)

Bristlenose pleco yang bersal dari Amerika selatan, ikan sapu-sapu mempunyai banyak varian warna seperti sapu-sapu Albino yaitu coklat gelap, krem, hitam. Merawatnya dibutuhkan air sebanyak 40 liter.

  1. Ikan Sapu-Sapu Magnum Pleco (Baryancistrus Spicies)

Magnum pleco merupakan bersal dari Amazon basin, Amerika Selatan yang mempunyai warna indah hitam dan kuning bagian sirip dan ekornya. Ikan sapu-sapu mempunyai ukuran yang tidak lebih 28 cm. untuk merawatnya dengan air 300 liter.

  1. Ikan sapu-sapu Golden Royal Line Pleco

Golden royal line pleco merupakan berasal dari Venezuela, yang memiliki ukuran tengah. Ikan sapu-sapu memiliki ukuran Panjang 20 cm.

  1. Ikan Sapu-Sapu Tiger Peckoltia (Panaque Sp)

Jenis ikan sapu-sapu yang ditemui dari Amerika selatan yaitu oleh para, Rio Tocantins di cameta, Brazil.dengan memliki ukuran tubuhnya 12 cm. untuk merawat dengan menggunakan akuarium yang ideal membutuhkan air 60 liter. Dengan suhu 24-28 derajat C dan pH 6,0 – 7,0.

  1. Jenis Ikan Sapu Sapu Loricariidae (Hypancistrus Sp)

Loricariidae berasal dari Rio Xingu, Brazil, ikan sapu-sapu Loricariidae tampilan warna tubuhnya coklat gelap dan hitam dengan garis putih hampir mirim dengan ikan sapu-sapu king tiger pleco. Memiliki Panjang tubuhnya sekitar 15 cm. untuk memlihara membutuhkan kapasitas air 160 liter. Dengan suhu air yang baik 26 – 31 derajat C dan pH 6,4 – 7,2.

Demikian 30 Jenis Ikan sapu sapu yang bias disampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi Anda untuk menambah ilmu.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan