9 Nama Makanan Khas Flores Nusa Tenggara Timur

 Makanan Khas Flores – Disetiap pulau dan kota memiliki cirri khas masing-masing dalam penyajian kulinernya, salah satunya adalah flores Nusa Tenggara Timur. Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai salah satu destinasi wisata keren Indonesia, selain Bali dan Lombok. Flores memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan. Dari Labuan Bajo di ujung barat hingga Larantuka di ujung timur. Tak hanya itu, Flores juga memiliki sejumlah kuliner khas, yang wajib dicicipi saat berlibur di Nusa Tenggara Timur.

Makanan Khas Flores Jagung Titi

jagung titi makanan khas flores
parinseja.com

Makanan ini khas dari daerah Larantuka, Flores Timur. Tapi ga cuma dimakan sama orang di Larantuka aja, tapi juga oleh masyarakat di sekitar Larantuka seperti Adonara, Lembata, dsb. Oleh masyarakat setempat dimakan sebagai cemilan atau penunda lapar. Bahan dasarnya adalah jagung, dimasaknya dengan digoreng tanpa menggunakan minyak kemudian ditumbuk. Untuk rasanya yang original mirip popcorn kalau ga dikasihin tambahan rasa asin atau caramel, hambar gitu. Tapi sekalinya kamu cicip, susah berenti ngunyahnya hehe. Kalau kamu request untuk buat yang manis, sebelum ditumbuk, dimasukkan dulu ke air gula. Jagung Titi biasa disajikan tanpa pendamping, maksudnya dimakan apa adanya tanpa bahan makanan lain. Masyarakat Larantuka biasanya menikmati Jagung Titi pada jam-jam senggang mereka, seperti saat berkumpul sambil mengobrol dengan keluarga misalnya. Nah kalau kamu mau icip, coba bertandang aja ke rumah warga, biasanya sih akan disajikan Jagung Titi. Atau kalau mau lebih mudah, kamu bisa beli di pasar yang udah di bungkus-bungkusin dalam plastik, biar sekalian bisa buat oleh-oleh. Untuk satu bungkusnya kamu bisa dapatkan seharga Rp 25.000, lumayan murah kan?

“Muko Loto” Nama Makanan Khas Flores yang Unik

makanan khas NTT mukoloto
Syahidhas.com

Makanan dengan nama unik ini berasal dari daerah Nagekeo (nama daerahnya juga unik ya) yang ada di Pulau Flores. Muku Loto sudah ada dari zaman para leluhur yang biasanya disajikan pada saat pesta adat, namun saat ini juga disajikan saat pesta perkawinan dan komuni pertama. Cara membuatnya lumayan gampang, pertama adalah dengan mengupas kulit luar pisang muda tapi menyisakan kulit dalamnya yang berwarna hijau. Abis dikupas, pisang tersebut dipotong kecil-kecil, ya kira-kira 3 cm lah. Terus, batang pisangnya juga kamu potong kecil-kecil, sama halnya juga dengan daging yang akan dimasak bareng batang pisang dan pisang muda. Biasanya, daging yang dipakai adalah daging babi, tapi kalau kamu ingin yang halal, bisa juga menggunakan daging sapi atau kerbau. Terus semua bahan direbus sampai teksturnya lembut, mengental, dan warnanya berubah jadi keabu-abuan.

Makanan Khas Flores “Se’i”

makanan khas NTT Se'i
static1.squarespace.com

Se’i atau daging asap terbuat dari daging sapi atau daging babi yang dimasak hingga matang melalui proses pengasapan. Umumya se’i dimakan bersama tumis bunga pepaya atau sayur-sayur lain khas Nusa Tenggara Timur. Se’i atau daging asap terbuat dari daging sapi atau babi. Dalam proses pembuatannya, daging sapi atau babi diawetkan melalui proses pengasapan. Setelah itu, barulah se’i dimasak dengan cara digoreng atau ditumis dengan bunga pepaya.

“Kena Kita” adalah Makanan Khas Flores Pengganti Nasi

makanan khas NTT kena kita
travellengkapmurah.blogspost.co.id

Kena Kita kuliner NTT ini berasal dari Pulau Palue, Kabupaten Sikka, yang sering dihidangkan sebagai pengganti nasi. Kuliner ini sejenis bubur yang isinya adalah ubi-ubian dan kacang. Biasanya disajikan dengan kelapa parut di atasnya sup Khas aya terasa lebih gurih.

Makanan Khas Flores “Rumpu Rampe” yang Enak dan Gurih

makanan khas rumpu rampe NTT
masakandapurku.com

Selain makanan berbahan dasar jagung, Flores juga punya hidangan lain yang terbuat dari daun ubi dan daun pepaya. Rumpu rampe namanya. Banyak ditemukan di Maumere, rumpu rampe biasanya dimakan dengan ikan bakar. Ada yang bilang Rumpu Rampe adalah masakan khas Maumere, tapi ada juga yang bilang Larantuka, intinya kuliner ini khas dari daerah Flores bagian Timur. Kalau kamu bingung makanan apakah Rumpu Rampe ini, kalau umumnya orang bilang makanan ini adalah tumis bunga pepaya. Uniknya, sayur dengan bahan daun ubi dan daun pepaya ini tidak pahit karena sudah dinetralkan dengan garam. Rumpu Rampe disajikan dengan cara ditumis bersama bumbu-bumbu rempah yang sederhana. Kata orang sana sih, Rumpu Rampe paling enak kalau dimakan sama ikan goreng dan sambal.

Jagung Katemak Makanan Khas Flores Mirip Kolak

makanan khas flores
alfianwidi.com

Jagung Katemak adalah makanan khas Flores yang berasal dari jagung, labu, dan kacang hijau. Tampilan fisik, jagung katemak mirip kolak. Tapi rasa jagung katemak lebih terasa asin dan gurih.

Jagung Bose yang Enak

makanan khas flores
twitter.com

Jagung Bose merupakan makanan khas Flores. Terbuat dari jagung dengan ditaburi kacang.

Jagung Titi Merupakan Makanan Favorit Daerah Flores

makanan khas flores
redrosetourism.blogspot.com

Kuliner Flores terdapat banyak jagung titi yang menjadi makanan favorit khas daerah Flores di sana. Makanan ini biasa dihidangkan dengan minum kopi saat pagi atau sore hari.

Kolo, Makanan Khas Flores dari Bambu Muda

makanan khas flores
www.breakingnews.co.id

Makanan ini adalah makanan yang terbuat dari nasi yang di masak di dalam sebilah bambu. Bambu yang dipakai adalah bambu yang masih muda dengan panjang sekitar 30 cm.

Jawada Kue Unik

makanan khas flores
beautiful-indonesia.umm.ac.id

Makana Khas yang seperti rambut in memiliki rasa manis dan gurih. Bahan dasar makanan ini adalah tepung terigu, gula merah, santan dan airu  nira. Aroma makanan ini sangat harum sehingga menggugah selera makan anda.

Manggulu Makana Prajurit

makanan khas flores
kitorangflobamora.blogspot.com

Makanan ini terbuat dari pisang yang dikeringkan dan dicampur dengan kacang tanah. Makanan ini seperti dodol. Rasanya manis dan dapat dijadikan untuk obat lapar tentunya hehe.

Demikian Daftar makanan khas Flores yang harus kamu tahu. semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini yaa!!

Tinggalkan komentar