Makanan Khas Pekanbaru Riau yang Lezat dan Populer Pasti Bikin Nambah Makan

4 min read

makanan khas pekanbaru

Makanan khas Pekanbaru adalah makanan yang masih tetap lestari di Daerah Pekanbaru, Riau. Banyak makanan khas daerah ini yang sudah sangat populer di berbagai daerah, misalnya sudah berada di Jakarta. Nama-nama makanannya juga sangat unik dan bikin penasaran tentunya. Tempat makanan khas ini sering dijumpai di pasar-pasar tradisional bahkan sekarang sudah tersedia di pasar modern juga sudah ada.

Nah, Mari saya beri beberapa makanan khas Pekanbaru yang sangat populer dan rasanya sangat lezat.

1. Makanan Khas Pekanbaru Gulai Ikan Patin

makanan khas pekanbaru

Makanan Gulai Ikan patin mempunyai rasa yang sangat lezat dan nikmat. Makanan ini mempunyai banyak sekali penggemarnya. Ciri dari makanan ini adalah terbuat dari ikan patin yang mempunyai kuah berwarna kuning. Selain itu makanan ini juga biasanya terdapat menu tambahan, misalnya nasi hangat, ubi rebus, kecombrang, dan sayuran. Jika brminat silahkan berkunjung ke tempat-tempat makanan khas Pekanbaru di sekitar pasar dan warung-warung di pinggir jalan.

2. Makanan Khas Pekanbaru Asam Pedas Ikan Baung

makanan khas pekanbaru

Olahan makanan ini berbahan dasar ikan yang gak kalah enak dan populer di bandingkan dengan makaanan khas Pekanbaru dan kota lain nya. dari nama nya saja sudah jelas terdapat perbedaan antara asam pedas ikan baung dan gulai ikan.

untuk kamu yang belum tau, apa itu asam pedas ikan baung. asam pedas ikan baung adalah makanaan dari khas Pekanbaru yang lahir berdasarkan dari pengaruh yang berasal dari orang-orang melayu yang membawa makanan ke sumatera. menu yang berbahan dasar dari ikan laut ini bisa jadi alternatif bagi kamu-kamu yang mungkin sudah pernah mencoba makanan gulai ikan patin.

asam pedas ikan baung untuk membuat makanan khas Pekanbaru ini, penduduk Riau membuat bumbumnya dengan memakai beragam bumbu dan rempah-rempah tradisional seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, dan serai. rasa asam yang di hasilkan berasal dari asam kandis bisa juga menggunakan asam jawa sebagai rendaman ikan dan bumbunya. ikan yang digunakan sudah pasti ikan baung.

ikan baung memiliki tekstrur daging yang lembut apabila dibandingkan dengan ikan-ikan lain seperti ikan patin, ikan lele dll. makanaan khas Pekanbaru ini bisa kamu temui di rumah-rumah makan yang menghidangkan menu ini di kota Pekanbaru.

3. Makanan Khas Pekanbaru Nasi Lemak

makanan khas pekanbaru

Makanan ini sangat terkenal di beberapa negara seperti malaysia, singapura, Filipina, dan negara Asia tenggara lainnya. Nasi Lemak terdiri dari nasi yang di masak dengan menggunakan santan dan pandan agar aroma sangat menggugah selera makan. Campuran lauk lainnya seperti ikan, tempe, dan sayuran-sayuran.

4. Makanan Khas Pekanbaru Sop Rusa

makanan khas pekanbaru

Sesuai dengan namanya makanan khas Pekanbaru Riau ini terbuat dari daging rusa. Daging rusa yang sudah di bersihkan lalu di Sop sesuai dengan memasak sop lainnya. kadang Makanan ini di santap dengan nasi yang masih hangat dan pastinya rasanya sangat joss..

5. Makanan Khas Pekanbaru Sate

makanan khas pekanbaru

Untuk makanan sate khas Pekanbaru biasanya dijual dengan sop rusa. Rasa sate khas dari riau ini sangat enak dan sangat menggugah nafsu makan bagi yang memakannya.

6. Makanan Khas Pekanbaru Mieso

makanan khas pekanbaru

Kuliner ini sangat populer tidak hanya di Pekanbaru saja melainkan di berbagai wilayah lainnya seperti Medan dan Pekalongan. Meiso terbuat dari mie kuning, mie putih, dan suwiran ayam dan tulang ayam. Rasa dari kuliner khas Pekanbaru sangat istimewa dan sangat lezat.

7. Makanan Khas Pekanbaru Sup Tunjang

makanan khas pekanbaru

Makanan khas Pekanbaru ini terbuat dari daging sapi dan tulang sapi. Cara memasaknya di campur dengan bumbu-bumbu yang berguna untuk menghangatkan tubuh Seperti jahe, kayu manis, dan cengkeh. Makanan ini sangat cocok ketika udara sedang dingin. Makanan ini dihidangkan dengan sayur-sayuran dan wortel. Rasa dari makanan ini sangat istimewa untuk santai ketika udara sedang dingin.

8. Kuliner Khas Pekanbaru Mie Sagu

makanan khas pekanbaru

Makanan ini terbuat dari sagu. Makanan dari Pekanbaru ini terdapat di daerah Selat Panjang. Di daerah tersebut merupakan daerah penghasil sagu terbesar di Indonesia. Mie Sagu ini rasanya sangat kenyal dan cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Banyak makanan pelengkap untuk di sajiakn dengan mie sagu ini seperti tauge.

9. Makanan Khas dari Pekanbaru Roti Jala

makanan khas pekanbaru

Makanan yang sering datang ke pesta yaa roti jala ini. Roti jala yang terbuat dari tepung seperti mie sagu sering di hidangkan di pesta-pesta. Selain di makan dengan saus dan roti, makanan ini juga dimakan bersama kari ayam, kambing atau sapi. Rasanya tentu sangat nikmat.

10. Oleh-Oleh Khas Pekanbaru Ikan Asap Selais

makanan khas pekanbaru

Makanan ini terbuat dari ikan yang di asapi. Banyak di temukan di daerah Riau. Bentuknya pipih dan aromanya sangat khas dan menyengat. Pengasapan sendiri dilakukan selama 8 jam. Rasa makanan ikan asap ini sangat langka.

11. Makanan Favorit Pekanbaru Cicalok

makanan khas pekanbaru

Makanan Cicalok merupakan makanan khas yang sangat favorit di Pekanbaru. Tidak hanya di daerah tersebut, Cicalok juga terkenal di daerah kalimantan. Makanan khas ini yang di fermentasi yang menghasilkan mikroba yang menghasilkan aroma yang khas. Makanan ini terbuat dari udang pilihan yang di fermentasi didiamkan selama 25-30 hari. Cincalok sangat enak jika di makan dengan makanan pelengkap lainnya seperti ikan asin dan sambal.

12. Makanan khas Pekanbaru Asidah

makanan khas pekanbaru

Makanan khas Pekanbaru selanjutnya ada asidah. Makanan yang bisa ditemukan di daerah Riau ini dari kudapan khas Arab yang kemudian disesuaikan dengan selera lidah orang Melayu. Asidah adalah makanan khas Riau yang berasal dari orang Melayu. Saat ini, makanan asidah sekarang mulai sulit ditemui dan langka karena minimnya pengenalan dari orang tua kepada anak muda.

Bagi yang ingi tahu makaan asidah memiliki bentuk yang lembut dengan rasa kue manis gurih akibat perpaduan pandan, cengkeh, dan kayu manis untuk bahan perasa alaminya. Bentuk dari kue asidah juga berbentuk bulat, daun jambu, dan paling populer berbentuk bunga mawar. Untuk penghidangan dengan bawang goreng agar rasa lebih mantap.

13. Minuman Khas Pekanbaru Es Air Mata Pengantin

makanan khas pekanbaru

Es air mata pengantin adalah minuman yang dihidangkan dalam acara bahagia seperti pernikahan. Bentuknya cantik dalam penyajiannya menambah suasana acara menjadi cantik. Selain dalam acara pernikahan, makanan ini juga banyak ditemukan ketika bulan Ramadhan untuk berbuka puasa menjadi segar.

14. Makanan Asli Pekanbaru Gulai Belacan

makanan khas pekanbaru

Makanan berbahan dasar udang yang di sajikan dengan kuah santan makanan itu bernama Gulai Belacan. Makanan Gulai belacan sangat populer di daerah Riau. Berbumbu rempah-rempah jawa membuat makanan khas ini sangat enak rasanya.

15. Kuliner Bacah Daging

makanan khas pekanbaru

Bacah Daging merupakan makanan khas yang mirip dengan rendang. Biasanya makanan ini muncul jika hari Raya Idul Fitri saja dan di hidangkan dengan ketupat sebagai pengganti nasi. Rasa makanan khas Bacah Daging sangat istimewa karena di hidangkan dengan bersama keluarga tercinta saat hari lebaran saja.

16. Makanan Mewah Pekanbaru Ikan Cuka

makanan khas pekanbaru

Makanan khas Pekanbaru Riau yang satu ini terlalu istimewa untuk disantap. Ikan cuka merupakan berkuah cuka dengan campuran bawang merah iris, lada, garam, lada, pala, jeruk, dan serai. Sebelum di campur dengan bumbu tersebut ikan harus di goreng terlebih dahulu.

17. Makanan Khas Riau Gulai Siput

18. Mie Lendir dari Riau

19. Mie Tarempa Khas Pekanbaru

20. Makanan tradisional Riau Lakse Kuah

21. Lopek Bugi

22. Minuman Khas Riau Es Laksamana Mengamuk

makanan khas pekanbaru

Es Laksamana adalah minuman yang berasal dari cerita rakyat yang beredar dalam masyarakat Pekanbaru Riau tersebut. Kata laksamana mengamuk berasal dari seorang laksaman yang mengamuk di kebun yang di karenakan istrinya di bawah kabur. Terlepas dari cerita tersebut, sebenarnya es laksamana mengamuk terbuat dari potongan-potongan buah kuwini yang di campur dengan santan dan gula. Rasanya manis dan lembut.

23. Bolu Kemoja

24. Lempuk Durian

25. Kerupuk Atom

makanan khas pekanbaru

Demikian makanan khas Pekanbaru yang harus kamu coba atau sekedar buat referensi kamu jika berkunjung ke Pekanbaru. Lestarikan makanan khas Indonesia agar tetap terjaga keasliannya. Terima kasih sudah berkunjung ke sini yaa..