16 Makanan Khas Gunung Kidul yang Syarat Akan Kelezatannya!

Makanan Khas Gunung Kidul– Gunung Kidul merupakan salah satu Kota Kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di daerah Gunung Kidul ini menyajikan beraneka ragam keindahan pantai pasir putih yang sangat indah dan menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan lokal maupun manca negara.

Tak hanya itu saja, Gunung Kidul tenyata juga mempunyai banyak kuliner khas yang pastinya tak akan kalian temuin di daerah lain. Bagi kamu yang sedang berwisata di Gunung Kidul, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya yang sangat enak dan lezat.

Inilah Makanan Khas Gunung Kidul yang Wajib Kamu Coba

1. Makanan Khas Gunung Kidul, Gatot

makanan khas gunung kidul
www.piknikdong.com

Makanan khas Gunung kidul yang pertama adalah Gatot. Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar singkong yang dikeringkan. Namun bukan singkong sembarangan yang digunakan untuk membuat Gatot ini. Gaplek atau singkong kering yang digunakan haruslah yang memiliki kualitas baik.

2. Walang Goreng Khas Gunung Kidul

makanan khas gunung kidul
yogyakeripik.com

Walang Goreng atau biasa kita menyeutnya dengan belalang goreng merupakan salah satu makanan khas Gunung Kidul yang patut kamu coba. Tenang saja, makanan khas ini dijain halal kok sobat.

Belalang ini dimasak dengan cara digoreng dan pastinya telah diberi bumbu khusus terlebih dahulu sehingga membuat cita rasa dari belalang goreng ini menjadi lebih nikmat.

3. Makanan Khas Gunung Kidul, Nasi Tiwul

makanan khas gunung kidul
selatannyaponorogo.blogspot.com

Makanan khas Gunung Kidul yang selanjutnya adalah Nasi Tiwul. Makanan khas ini terbuat dari tepung gaplek atau singkong yang telah dikeringkan terlebih dahulu lalu dibuat menjadi tepung singkong.

Nasi Tiwul merupakan makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Nasi Tiwuwl ini bukan hanya sekedar makanan pokok pengganti nasi saja, tetapi kini makanan khas yang satu ini telah menjadi kuliner yang dicari banyak wisatawan.

4. Sego Abang Jirak Khas Gunung Kidul

makanan khas gunung kidul
syahidhas.com

Makanan khas Gunung Kidul yang selanjutnya adalah Sego Abang Jirak. Makanan khas yang satu ini merupakan makanan sehat dan tentunya memiliki gizi yang sangat tinggi.

Bagi anda pecinta makanan organik, menu makanan khas yang satu ini sangat cocok untuk menjadi kuliner utama jika kamu sedang singgah di Gunung Kidul.

5. Makanan Khas Gunung Kidul, Sayur Lombok Ijo

makanan khas gunung kidul
cookpad.com

Sayur Lombok Ijo merupakan sayur khas Gunung Kidul yang terbuat dari santan kelapa, tempe, bumbu rempah, dan tak lupa Lombok Ijo yang menjadi primadona sayur ini tentunya.

Cita rasa yang ada pada makanan khas Gunung kidul ini sangatlah istiewa, yakni rasa gurih yang bercampur pedas sehingga membuat sayur ini menjadi pilihan yang paling pas.

6. Urap Trancam Khas Gunung Kidul

makanan khas gunung kidul
sportourism.id

Makanan khas Gunung Kidul yang tak kalah enak adalah Urap Trancam. Urap Trancam makanan khas yang tentunya menggunakan bumbu yang khas pula. Kelapa parut merupakan bumbu utama dalam pembuatan Urap Trancam ini. Selain itu sayur khas Gunung Kidul ini juga tidak dimasak, melankan semuanya dengan sayuran mentah.

7. Makanan Khas Gunnung Kidul, Sate Kambing

makanan khas gunung kidul
food.detik.com

Sate Kambing merupakan sebuah makanan yang tak asing lagi kita temukan di banyak daerah bahkan di seluruh Indonesia. Namun Sate Kambing khas Gunung Kidul ini berbeda dari sate kambing lainnya.

Perbedaan makanan ini terletak pada bumbu rempahnya yang begitu terasa sehingga dapat menciptakan cita rasa yang enak pada makanan khas yang satu ini.

8. Seafood Khas Pantai Gunung Kidul

makanan khas gunung kidul
www.sewamobiljogja.info

Gunung Kidul merupakan sebuah daerah dengan mayoritas daerahnya merupakan dataran tinggi. Namun jangan salah, dibalik sulitnya akses ke Gunung Kidul ini ternyata daerah ini memiliki berbagai pantai yang sangat menawan.

Di samping wisata pantainya yang sangat menawan, di daerah ini kamu juga dapat menikmati berbagai jenis olahan seafood yang sangat cocok dinikmati sembari melihat pemandangan pantai yang sangat indah.

9. Makanan Khas Gunung Kidul, Sambel Bawang

makanan khas gunung kidul
blog.lezatacademy.com

Sambal merupakan makanan pelengkap nasi yang wajib ada ketika kita hendak menyantap berbagai makanan. Berbagai sambal dan cara pembuatannya pun tak luput dari perhatian masyarakat Indonesia.

Sambal khas dari Gunung Kidul yang mudah dalam pembuatannya adalah Sambal Bawang. Sambal ini paling enak jika dinikmati dengan nasi hangat, ikan asin, tempe goreng, maupun tahu goreng.

10. Ayam Goreng Khas Gunung Kidul

makanan khas gunung kidul
kotajogja.com

Makanan khas Gunung Kidul yang pastinya enak adalah Ayam Goreng. Tapi jangan salah yaa sobat, Ayam Goreng ini begitu khas dan berbeda dengan Aya Goreng lainnya. Perbedaan ini terletak pada bumbunya yang kaya akan rempah-rempah sehingga menjadikan Ayam Goreng khas Gunung Kidul ini layak unttuk dijadikan menu utama saat berada di Gunung Kidul.

11. Makanan Khas Gunung Kidul, Oseng Daun Pepaya

Sayur Daun Pepaya merupakan sayuran yang sering dijadikan pelengkap masakan, tak terkecuali di Gunung Kidul sendiri. Daun pepaya memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh loh, bahkan sayur ini bisa dijadikan obat bagi penderita hipertensi.

Cita rasanya yang enak membuat Daun Pepaya ini banyak disukai oleh para wisatawan. Bagi kamu pecinta masakan berbahan dasar Daun Pepaya, kamu dapat memilih menu masakan sesuai dengan kesukaan mu karena banyaknya olahan dari daun Pepaya ini.

12. Empal Khas Gunung Kidul

Makanan khas Gunung Kidul yang selanjutnya adalah Empal daging. Makanan ini merupakan salah satu olahan masakan yang terbuat dari daging sapi yang tentunya kaya akan protein dan rendah lemak.

Empal daging ini dihidangkan dengan parutan kelapa yang telah diberi bumbu khas dendeng ragi. Bagi kamu yang suka dengan makanan berbahan dasar daging, wajib hukumnya untuk mencoba makanan yang lezat khas gunung Kidul ini.

13. Makanan Khas Gunung Kidul, Sambal Goreng Krecek

Makanan khas asal Gunung Kidul ini tentunya sangat recomended banget bagi kamu pecinta makanan dengan cita rasa pedas. Nah, makanan yang satu ini merupakan makanan khas yang terbuat dari krecek atau kulit sapi yang telah dikeringkan dan dioreng terlebih dahulu tentunya dengan rasa pedas yang membakar lidah.

Makanan ini biasanya ditambahkan dengan kuah yang terbuat dari santan kelapa yang tentunya akan menambah rasa gurih pedas pada masakan.

14. Oseng Buga Pepaya Khas Gunung Kidul

Kalau tadi ada masakan khas Gunung Kidul yang terbuat dari Daun Pepaya, nah kali ini kita akan menawarkan menu lain yakni Oseng Bunga Pepaya. Rasanya memang tak beda jauh dengan daun pepaya yang pahit. Namun jika dimasak dengan cara khusus maka rasa pahit yang ada pada bunga pepaya itu akan hilang.

Makanan khas ini biasanya dimasak dengan menggunakan campuran teri dan tak lupa cabai serta bumbu rempah yang akan menambah cita rasa yang khas dari makanan yang satu ini.

15. Makanan Khas Gunung Kidul, Tahu Bacem

Makanan yang satu ini tentunya tak asing lagi ya bagi masyarakat Indonesia. Yap, Tahu Bacem merupakan makanan yang berasal dari kedelai yang telah diolah terlebih dahulu. Tahu Bacem ini memiliki cita rasa yang dominan manis. Jadi makanan khas Gunung Kidul yang satu ini sangat cocok buat kau pecinta makanan manis.

16. Bothok Manding Khas Gunung Kidul

Makanan khas Gunung Kidul yang satu ini merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar dari tanaman Lamtoro atau biasa kita sebut dengan tanaman Pete Cina. Makanan khas yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan terdapat sedikit rasa pedas.

Bothok Manding ini biasanya disuguhkan dengan cara membungkusnya dengan daun pisang sehingga membuat aroma dari makanan khas Gunung Kidul ini menjadi lebih istimewa.

Yap, itulah beberapa menu makanan khas yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, jika kamu singgah ke Gunung Kidul, jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi makanan khas Gunung Kidul yang sangat menggugah selera.

 

Tinggalkan komentar