Inilah Daftar Makanan Khas Kebumen yang Harus Kamu Coba Sekali Seumur Hidup

Makanan khas Kebumen – Apakah kamu tahu Kebumen? Kebumen merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata. Selain wisatanya, Kebumen juga terkenal karena makanan khasnya. Jadi, jika kamu pergi ke Kebumen, jangan lupa untuk berwisata dan mencoba makanan khas dari Kebumen minimal sekali dalam seumur hidup.

Lantas, apa sajakah makanan khas Kebumen yang perlu kamu coba? Untuk mengetahui penjelasan terkait hal tersebut, simaklah ulasannya di bawah ini.

1. Makanan Khas Kebumen Nasi Penggel

makanan khas kebumen
bisniswisata.co.id

Makanan khas Kebumen yang harus kamu coba adalah nasi penggel. Nasi penggel ini terbuat dari nasi, kiki, jeroan sapi, dan sayur nangka atau yang di Kebumen dikenal dengan jangan gori. Nasi penggel ini berbentuk bulat dan penyajiannya di atas daun pisang yang dipincuk.

Rasa dari makanan ini sangat gurih. Nasi penggel ini cocok untuk kamu jadikan sebagai menu makan siang yang pastinya mengenyangkan. Harga satu porsi nasi penggel sangat terjangkau, yaitu sekitar 8 sampai 10 ribu.

2. Makanan Khas Kebumen Sate Ambal

makanan khas kebumen
www.ulinulin.com

Sate ambal juga termasuk makanan khas Kebumen yang harus kamu coba. Sate ambal ini merupakan sate ayam khas Kebumen yang legendaris. Nama ambal diambil dari daerah asal sate ambal ini dibuat, yaitu desa Ambalresmi yang berada di kecamatan Ambal. Tepatnya berada di selatan Kebumen.

Dari tampilannya, sate ambal ini terlihat seperti sate Madura. Namun, saat kamu mulai mencicipinya, pasti akan terasa perbedaannya. Sate Madura menggunakan sambal kacang sebagai sausnya. Berbeda dengan sate ambal yang menggunakan sambal tempe sebagai bumbunya.

Sate ambal ini biasanya disajikan dengan lontong. Harganya pun sangat terjangkau. Satu porsi sate ambal hanya sekitar 10 sampai 15 ribu. Maka dari itulah, saat berkunjung ke Kebumen kamu harus mencoba nikmatnya sate ambal ini.

3. Makanan Khas Kebumen Sale Pisang

makanan khas kebumen
makananringanasliindonesia.blogspot.com

Sale pisang merupakan makanan khas Kebumen yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Sale pisang khas Kebumen yang terkenal berasal dari desa Mangli, kecamatan Kuwarasan di Kebumen. Sale pisang terbuat dari buah pisang yang diiris tipis. Selanjutnya, pisang itu dijemur di bawah sinar matahari agar lebih awet.
Setelah pisang yang diiris tipis kering, pisang tersebut digoreng dengan tepung terigu. Hal inilah yang membedakan sale pisang khas Kebumen dengan sale pisang biasanya. Rasa sale pisang khas Kebumen ini sangat manis dan ada sedikit rasa gurihnya. Saat berkunjung ke Kebumen, kamu harus membeli oleh-oleh satu ini.

4. Makanan Khas Kebumen Soto Tamanwinangun

makanan khas kebumen
rasimunway.blogspot.com

Daerah yang terkenal dengan kelezatan sotonya bukan hanya Solo, Kudus, dan Semarang saja. Kebumen juga mempunyai soto tamanwinangun sebagai makanan khas Kebumen. Soto tamanwinangun ini dapat kamu temukan di Tamanwangun, Kebumen.

Biasanya soto menggunakan daging ayam atau sapi. Namun berbeda dengan soto khas Kebumen ini yang menggunakan daging itik serati atau entog. Bumbu soto tamanwinangun ini meresap pada tiap suwiran dagingnya.
Soto tamanwinangun ini tidak berkuah bening seperti soto biasanya. Soto ini menggunakan kuah santan dengan campuran kaldu entog yang menambah kenikmatan soto ini.

5. Makanan Khas Kebumen Yutuk Goreng

makanan khas kebumen
www.seputar-jateng.com

Apakah yutuk itu? Yutuk merupakan salah satu hewan laut yang mudah ditemukan di Kebumen. Yutuk ini diolah menjadi bakwan atau rempeyek yang mempunyai rasa gurih dan renyah. Makanan khas Kebumen satu ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai lauk pelengkap saat makan.

Harga yutuk goreng ini sangat terjangkau. Cukup dengan seribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati kelezatan yutuk goreng ini. Di kebumen, makanan khas ini dikenal juga dengan nama rempeyek undur-undur.

Tinggalkan komentar