Materi Lengkap Fungsi Organ Pencernaan Makanan Secara Berurutan Beserta Gambarnya

Fungsi Organ Pencernaan -Organ pencernaan adalah sistem yang cukup rumit sebagai dari anugrah Tuhan SWT. Organ pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus. Susunan Organ tersebut sudah berurutan dalam proses pencernaan. Pada web elrajab ini akan dijelaskan secara detail fungsi organ pencernaan pada manusia.

1. Fungsi Organ Pencernaan pada Mulut

fungsi organ pencernaan
http://slideplayer.info

Pada mulut terdapat tiga organ yang membantu dalam proses pencernaan, baik secara mekanik maupun kimiawi.

a. Gigi

Organ ini termasuk dalam membantu proses pencernaan secara mekanik. Gigi terdiri dari tiga jenis, seri, taring dan geraham. Masing-masing gigi mempunyai fungsi tersendiri dalam proses pencernaan.

  • gigi seri : befungsi untuk memotong makanan di mulut
  • gigi taring : berfungsi untuk mengoyak atau merobek makanan di mulut
  • gigi geraham: berfungsi untuk menguyah makanan di mulut

b. Lidah

Lidah mempunyai fungsi sebgai indra perasa pada makanan. Fungsi lain juga sebagai mengatur makanan pada saat di mulut.

bagian-bagian lidah dan fungsinya:

  • ujung: untuk rasa manis
  • samping depan untuk rasa asin
  • samping belakang untuk rasa asam
  • bagian belakang/ pangkal untuk rasa pahit

c. Kalenjer Ludah

Organ ini membantu dalam sistem pencernaan secara kimiawi. Fungsi dari kalenjer ludah untuk menghasilkan ludah. Kalenjer manusia mengandung enzim amilase dan enzim ptialin yang berfungsi untuk mengubah amilum menjadi maltosa.

Karena dengan bantuan enzimlah, maka proses ini disebut dengan proses kimiawi.

2. Kerongkongan

fungsi organ pencernaan
https://biohasanah.wordpress.com

Organ ini merupakan jalan untuk menjembatani antara mulut dan lambung. Pada kerongkongan terdapat alat yang namanya esophagos. Di Kerongkongan juga terdapat faring yang berfungsi untuk mengatur makanan masuk agar tidak masuk ke saluran pernafasan dengan cara menutup otomatis.

Pada kerongkongan terdapat gerak peristaltik. Gerak peristaltik adalah gerakan meremas yang dilakukan oleh kontraksi otot-otot kerongkongan sehingga dapat mendorong makanan masuk ke dalam lambung dengan cepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Lambung

fungsi organ pencernaan
https://obatlambungmurah.wordpress.com/

Lambung merupakan organ yang mempunyai andil cukup besar dalam proses pencernaa. Alat ini terdapat enzim-enzim yang berguna dalam proses pencernaan secara kimiawi.

Macam-macam enzim di lambung dan fungsinya:

  • enzim HCl berfungsi mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin dsn dapat membunuh bakteri di dalam makanan
  • enzim lipase berfungsi untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
  • enzim renin berguna untuk mengumpalkan protein di dalam susu
  • enzim mukus berguna untuk melindungi lambung dari asam lambung atau HCl yang dapat mengakibatkan cidera pada lambung

Setelah melalui proses pencernaan mekanik maupun kimiawi di lambung, makan akan diteruskan menuju usus halus.

4. Usus Halus

fungsi organ pencernaan
https://biologigonz.blogspot.com

Usus halus mempunyai panjang sekitar 8 meter. Usus halus mempunyai fungsi sebagai tempat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Pencernaan makanan dilakukan oleh duodenum dan jejunum sedangkan penyerapan makanan dilakukan oleh ileum. Pada usus halus juga terdapat pencernaan kimiawi oleh enzim yang dihasilkan oleh pankreas.

Enzim yang terdapat di usus halus ada dua,  yaitu: disakaridase yang berfungsi memecah disakarida menjadi monosakarida. Sedangkan enzim erepsinogen berguna mengubah pepton menjadi asam amino.

Sebenarnya organ pencernaan usus halus ini juga ada banyak enzim-enzim yang terdapat di usus 12 jari. Silahkan cari di lain artikel lain saja. di sini hanya sebagian besarnya saja.

5. Usus Besar

fungsi organ pencernaan
https://www.pinterest.co.uk

Usus besar mempunyai beberapa bagian penting dalam proses pencernaan. Bagian usus besar tersebut meliputi usus besar naik, melintang, dan turun. Makanan yang sudah melewati usus halus akan mengalami pembusukan di usus besar ini.

Usus besar dalam melalukan proses pembusukan di bantu oleh bakteri E. Coli . Makanan yang berupa air dan mineral akan diserap kembali oleh usus besar lagi. Setelah makanan sudah tidak ada lagi zat-zat yang berguna bagi tubuh akan di teruskan menjadi tinja melewati anus.

6 Anus

fungsi organ pencernaan

http://genggaminternet.com

Organ anus ini adalah tempat terakhir makanan kita melukan pencernaan. Anus sebagai tempat keluar tinja sisa-sisa makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh. Di anus juga ada gerak peristaltik agar proses keluarnya feses/ tinja menjadi cepat.

Demikian Proses Pencernaan makanan pada tubuh manusia dari awal sampai akhir, semoga dapat menjadi referensi teman-teman untuk mencari materi. Jangan lupa kalau mengutip sertakan linknya yaa! terima kasih

 

Tinggalkan komentar