Rekomendasi Bakpia Khas Jogja yang Cocok Untuk Oleh-Oleh

bakpia khas jogja
gudegkaleng.Blogspot.com

Bakpia Khas Jogja – Pengunjung yang datang ke Jogja akan mencari oleh-oleh yang khas dari kota Jogja ini untuk saudara di rumah. Yakni Bakpia khas Jogja.

Makanan ini mempunyai ciri bentuknya yang bulat dan rasa yang manis yang menjadi kue favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Istimewa ini. Makanan Khas Jogja ini sebenarnya berasal dari Negara China. Kata Bakpia berasal dari kata ” Bak” yang artinya daging, dan “Pia” yang artinya kue. Dengan mengacu dari arti kata tersebut maka arti Bakpia sebenarnya adalah kue yang berisi daging.

Pada awal munculnya Bakpia berasal dari daerah Pathuk. Dengan sejarah tersebut , maka Bakpia di sebut juga dengan nama Bakpia Pathuk. Makanan ini juga merupakan hasil revolusi makanan, yang dahulu awalnya berisi daging babi , sekarang menjadi berisi kacang hijau, nanas, dan lain-lain di karenakan mayoritas penduduk Yogyakarta adalah muslim. Hal itu membuat penikmat bakpia menjadi ketagihan dengan banyaknya varian rasa yang di inginkan sesuai selera masing-masing dan tentunya halal.

Nama dari Bakpia biasanya berasal dari nomor urut produsen bakpia, misalnya bakpia 25, 75, 155, dan seterusnya. Tapi, pada zaman sekarang bakpia muncul dengan nama tersendiri sesuai dengan keinginan produsen, misalnya Kurnia sari, Bakpia Merlino, atau bakpia stik.

Di daerah Yogyakarta sendiri ada banyak sekali nama bakpia kira-kira lebih dari 100 merk bakpia di Yogyakarta. Banyak toko-toko bakpia besar di pingir jalan yang ramai pengunjungnya setiap harinya.

Inilah beberapa macam nama Bakpia versi elrajab.com yang harus kamu tahu :

Bakpia Khas Jogja yang Pertama, Bakpia Pathuk 25

Nama bakpia pathuk 25 ini sangat terkenal di kota jogja dari dahulu. Ada banyak rasa dibakpia pathuk ini, misalnya rasa kacang hijau, nanas, cokelat,  durian, dll.

Jika kamu berkunjung ke Jogja, silahkan mampir di Bakpia Pathuk 25 yang alamat pembuatannya di Jalan AIP 2 KS Tubun NG I/504, Yogyakarta. Atau bisa order di alamat websitenya bakpia25.com

Bakpia Pathuk 75 Bediri Sejak 1948

Makanan Khas Jogja ini juga termasuk dalam kategori makanan legendaris kota Istimewa ini. Berdiri sejak tahun 1948. Rasa Bakpia 75 ini memiliki rasa yang sangat enak dan khas tersendiri. Jika kamu berkunjung ke Jogja wajib menicipi Bakpia khas Jogja ini sebagai oleh-oleh saudara di rumah atau teman. baca juga: Makanan Khas Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang Sangat Enak

Alamat produksi bakpia ini berada di jalan KS TUBUN No 75 dan 83, Yogyakarta. Harga bakpia ini sangat terjangkau, bisa kiloan atau eceran.

Bakpia Pathuk 145

Penjual Bakpia Pathuk ini sangat diminati konsumen. Hal itu dikarenakan penjualnya tidak hanya menjual bakpia saja, tetapi menjual berbagai makanan khas jogja lainnya, seperti Ampyang, yangko, geplak, dan lain sebagainya.

Jika kamu akan membeli bakpia ini, silahkan datang langsung aja ke Jalan Gambiran No 40 Yogyakarta. Bakpia Pathuk ini juga sudah mempunyai cabanganya di Kota jogja ini. Cabangnya berada di dekat Gudek Yu Djum wijilan dan Jalan Kaliurang Km 5,6 dan Di Jalan Solo Km 8 Yogyakarta.

Bakpia Kurniasari

Bakpia ini merupakan bakpia baru yang seperti saya katakan di atas. meskupun baru, tapi bakpia ini tidak kalah enakanya dengan bakpia yang legendaris lainnya. Rasanya enak dan kulitnya sangat lembut jika di gigit.

Rasa dari bakpia ini sangat banyak, ada rasa kacang hijau, nanas, kopi, cokelat, keju, dll. Alamat toko bakpai ini berada di Jalan Glagahsari No 97C dan No 112, Yogyakarta.

Bakpia Merlino

Sebagai bakpia pendatang baru, bakpia Merlino mempunyai cita rasa yang khas dari pada bakpia lainnya, yakni rasa cappuccino tea. Alamat Toko bakpia ini berada di Jalan Pakuningratan No 55. Bakpia ini juga mempunyai variasi ukuran , ada yang kecil dan besar. Jika kamu sedang berlibur ke kota Jogja, silahkan membeli bakpia ini di alamat yang tertera di atas.

Demikian Nama-Nama Bakpia yang legendaris dan yang baru. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: