Mampir ke Kediri ? Kamu Wajib Coba Makanan Khas Kediri yang Menggiurkan ini

Makanan Khas Kediri – Kediri merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang merupakan pusat perdagangan utama yang terkenal pada bidang industri rokok maupun gula di Indonesia. Terdapat pula ikon yang sangat terkenal, yaitu Simpang Lima Gumul yang menjadi incaran wisatawan untuk berkunjung.

Selain industri rokok dan monumen indah yang terinspirasi dari Monumen L’Archde Triomphe di Paris, ternyata Kediri memiliki banyak sekali makanan khas yang menggiurkan loh! Kamu mampir ke Kediri ? Kamu wajib coba masakan khas Kediri yang menggiurkan berikut ini.

1. Makanan Khas Kediri Tahu Takwa

makanan khas kediri
ulinulin.com

Tahu takwa atau yang lebih dikenal dengan tahu kuning ini menjadi salah satu makanan khas Kediri yang tidak ada duanya. Nama tahu takwa berasal dari bahasa mandarin, yaitu takwa berarti aroma. Aroma disini bermaksud bahwa tahu takwa memiliki aroma yang khas dan unik, bahkan sebelum dirasakan oleh lidah.

Tahu takwa menjadi kudapan wajib yang harus dibeli untuk oleh – oleh. Selain berwarna kuning dan mempunyai aroma khas yang tidak dimiliki tahu lain, tahu takwa memiliki tekstur kulit yang crispy ketika digoreng namun memiliki bagian dalam yang tetap lembut.

2. Makanan Khas Kediri Nasi Pecel Tumpang

makanan khas kediri
darulmumtaz.com/

Siapa yang tidak tahu nasi pecel Tumpang yang legendaris sebagai makanan khas Kediri ini? Nasi pecel Tumpang ini memang terlihat hampir sama dengan nasi pecel pada umumnya, namun perbedaannya terletak pada cara penyajian. Nasi pecel tumpang disajikan diatas pincuk daun pisang yang membuat aromanya menjadi khas.

Nasi pecel tumpang biasanya disajikan dalam keadaan nasi yang hangat, dengan taburan daun pepaya diatasnya, kacang panjang dan sambal pecel membuatnya sangat istimewa. Serta tidak lupa pula lauk tempe, tahu, telor, ayam goreng dan juga rempeyek sebagai pelengkap kenikmatan yang tiada duanya ini.

3. Makanan Khas Kediri Soto Kediri

makanan khas kediri
pempeksetia.com

Soto merupakan kuliner khas Indonesia yang umum ada di berbagai daerah, salah satunya adalah Kediri. Soto kediri mempunyai rasa yang gurih, nikmat dan sedap yang tidak akan kamu temui pada soto – soto lainnya. Jika soto dari wilayah lain mempertahankan kuah soto yang bening, Soto Kediri mempunyai kuah dengan tambahan santan yang membuatnya semakin gurih dan menggiurkan untuk dicicipi.

4. Makanan Khas Kediri Sate bekicot

makanan khas kediri
bisnisbanyuwangi.com

Sate bekicot merupakan salah satu makanan khas Kediri yang cukup unik. Makanan ini berbahan dasar bekicot yang memang dapat ditemukan secara mudah di Kediri. Selain dijadikan sebagai sate, bekicot juga diolah menjadi krengsengan, kripik bekicot, oseng – oseng bekicot maupun olahan makanan lainnya.

5. Makanan Khas Kediri Gethuk pisang

makanan khas kediri
cookpad.com

Satu lagi makanan khas Kediri yang sangat menggiurkan dan tak boleh terlewatkan, yaitu gethuk pisang. Makanan ini terbuat dari pisang yang memiliki rasa manis, asam dan juga legit. Gethuk diolah dan dibentuk menyerupai lontong, serta dibaluti dnegan daun pisang. Kamu bisa membelinya di pusat oleh – oleh maupun di sepanjang jalan Dhoho.

6. Makanan Khas Kediri Stik Tahu Kediri

makanan khas kediri
cookpad.com

Selain digoreng menjadi lauk atau kudapan, tahu khas Kediri juga diolah menjadi stik tahu. Makanan khas Kediri yang tergolong makanan ringan ini terbuat dari tahu yang diolah dengan cara tradisional. Stik tahu ini memiliki tekstur yang lebih lembut namun tetap crispy saat digigit jika dibandingkan dengan lainnya. Maka, tidak ada salahnya untuk membeli stik tahu Kediri ini sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah karena sangat menggiurkan.

7. Nasi Goreng Arang Kediri

makanan khas kediri
www.foody.id

 

8. Sate Emprit

9. Sate Jamur

10. Kerupuk Upil

11. Tempe Kediri

12. Carang Mas

13. Makanan Khas Kediri Klepon

14. Makanan Khas Kediri Cenil Kediri

Tinggalkan komentar