Inilah Makanan Khas Batam yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Saat Berkunjung Ke Batam

Makanan Khas Batam – Batam merupakan suatu kota yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Batam ini sangat dekat dengan Singapura. Di Batam juga banyak gadget dan tas branded uang dijual dengan harga yang miring. Batam ini juga merupakan sebuah kota yang maju dan tidak kalah dengan kota lainnya. Jika kamu mengunjungi Batam, jangan lupa untuk mencoba makanan khasnya?

Lantas, apa sajakah makanan khas Batam yang tidak boleh kamu lewatkan? Untuk mengetahui penjelasannya, simaklah ulasan di bawah ini.

1. Makanan Khas Batam Gong-Gong

Gong-gong merupakan makanan khas Batam yang terbuat dari siput laut dan tidak boleh kamu lewatkan. Gong-gong ini diolah dengan cara direbus dan juga dimasak dengan bumbu yang khusus. Gong-gong khas Batam ini mudah dijumpai di semua restoran sari laut yang ada.

Kamu bisa menikmati ikon kuliner Batam ini dengan keluarga dan teman kamu. Satu porsi gong-gong biasanya dijual sekitar 25 sampai 50 ribu. Harga yang terjangkau dengan sebuah kelezatan khas yang hakiki.

2. Makanan Khas Batam Bingka Bakar

makanan khas batam
www.idntimes.com

Makanan khas Batam selanjutnya adalah bingka bakar. Makanan satu ini berasal dari Kerajaan Melayu. Sekarang, makanan ini menjadi khas Batam dan banyak yang menjual bingka bakar ini. Bingka bakar ini cocok kamu jadikan sebagai oleh-oleh saat pulang dari Batam.

Bingka bakar ini disajikan dalam berbagai rasa. Seperti cokelat, stroberi, keju, pandan, dan wijen. Untuk mendapatkan kue ini cukup mudah. Kamu hanya perlu pergi ke toko oleh-oleh. Pasti akan banyak bingka bakar dengan beragam rasa yang dijual di sana.

3. Makanan Khas Batam Luti Gendang

makanan khas batam
www.alimuakhir.com

Makanan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Batam adalah luti gendang. Luti gendang ini bukanlah makanan berat, melainkan hanya camilan. Bentuk dari camilan ini hampir sama dengan kroket yang diisi dengan ikan yang dibumbui. Bisa dikatakan bahwa luti gendang ini merupakan roti goreng yang berisi ikan bumbu.

Makanan khas dari Batam ini cocok dijadikan camilan untuk teman minum kopi dan teh. Luti gendang ini dapat kamu beli dengan mudah di pedagang kaki lima di pinggir jalan. Camilan ini sangat cocok jika disajikan dalam keadaan masih hangat.

4. Makanan Khas Batam Sop Ikan Batam

makanan khas batam
id.tastemade.com

Sop ikan Batam juga menjadi makanan khas masyarakat Batam yang harus kamu cicipi dan jangat sampai terlewatkan saat ke Batam. Sop ikan ini menggunakan bahan utama ikan tenggiri. Rasa sop ikan Batam ini memang hampir sama dengan garam asem, namun tetap saja sop ikan Batam memiliki khas sendiri.

5. Makanan Khas Batam Mi Sagu

makanan khas batam
ksmtour.com

Sagu biasanya dijadikan sebagai bahan untuk membuat kue. Namun di Batam, sagu dijadikan sebagai bahan untuk membuat mi. Saat berkunjung ke Batam, kamu dapat menemukan makanan khas Batam ini, yaitu mi sagu. Mi sagu ini berukuran seperti mi pada umumnya.

Mi sagu memiliki aroma yang sangat kuat. Mi khas Batam ini biasanya diolah dengan cara digoreng layaknya kwetiau dan mi goreng. Jika kamu berkunjung ke Batam, mi sagu ini termasuk daftar makanan yang tidak boleh kamu lewatkan.

6. Makanan Khas Batam Kek Pisang Villa

makanan khas batam
bisnisukm.com

Kek pisang villa juga termasuk makanan khas dari Batam yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Makanan satu ini banyak diminati oleh para wisatawan. Bahan utama dari makanan ini adalah buah pisang. Kek pisang villa ini memiliki rasa yang beragam.

Untuk menambah kelengkapan makanan lezat satu ini, kamu bisa menambahkan topping seperti keju, cokelat, kacang, dan lainnya. Saat ke Batam, pastikan kamu tidak melewati makanan khas satu ini.

Tinggalkan komentar