Lezat Dan Nikmat, Ini Makanan Khas Papua Yang Wajib Kamu Tahu

Makanan Khas Papua – Papua merupakan pulau di bagian paling timur indonesia. Papua memiliki berbagai macam keindahan alam, serta berbagai macam kebudayaan yang sangat unik sekali. Sehingga banyak para wisatawan yang mengunjungi pulau papua untuk sekedar menikmati keindahan alam ataupun untuk mempelajari berbagai kebudayaan yang ada di papua.

Selain keindahan alam dan kebudayaannya, papua juga menyimpan keanekaragaman kuliner yang tak kalah lezat dan sehat. Sehingga kamu wajib sekali untuk mencicipi makanan khas papua ini. apa saja sih makananan khas papua ? yuk simak ulasannya agar kamu lebih mengetahui tentang makanan khas papua.

1. Makanan Khas Papua Ikan Bakar Manokwari

makanan khas papua
id.tastemade.com

Seperti namanya, makanan papua ini berasal dari manokwari, papua barat. Jika kamu berwisata ke papua, jangan lupa untuk menikmati sensasi dari rasa ikan bakar manokwari ini. Ketika memakan ikan bakar manokwari kamu pasti akan merasakan rasa ikan tongkol yang khas serta rasa sambal khas papua yang sangat pedas.
Jika kamu tertarik mencicipinya, ikan bakar manokwari ini mudah sekali ditemukan di sepanjang jalan raya.

2. Makanan Khas Papua Ikan Bungkus

makanan khas papua
www.rumahmesin.com

Selain ikan bakar manokwari, makanan khas papua yang tak kalah lezat yaitu ikan bungkus. Ikan bungkus ini dibuat dari berbagai macam rempah pilihan sehingga rasa wangi dan bau yang harum akan tercium jika kamu menikmati ikan bungkus ini.

Proses pembuatannya yang cukup lama dan dibakar diatas api, membuat semua bumbu dari ikan bungkus ini meresap kedalam dagingnya. Sehingga kamu tak perlu meragukan lagi rasa dari ikan bungkus ini. dijamin pasti kamu akan merasa ketagihan dan ingin mencoba lagi makanan khas papua yang satu ini.

3. Makanan Khas Papua Papeda

makanan khas papua
food.idntimes.com

Papeda merupakan makanan khas papua yang sangat terkenal sekali dikalangan wisatawan. Makanan ini selalu membuat penasaran para wisatawan yang berkunjung karena memiliki tekstur yang lengket dan kental. Hal ini dikarenakan papeda ini terbuat dari bahan sagu sehingga memiliki tekstur yang sangat kental dan lengket.

Selain itu, cara makan papeda ini pun cukup unik sekali. Cara memakannya yaitu dengan menggulung makanan menggunakan gata-gata yang terbuat dari bambu. Baru papeda ini siap dimakan. Jika kamu berkunjung ke papua, jangan lupa untuk mencoba makanan papeda ini dan rasakan sensasi yang berbeda ketika memakan makanan khas papua yang unik ini.

4. Makanan Khas Papua Udang Selingkuh

makanan khas papua
www.wisataku.id

Kuliner khas papua ini mempunyai nama yang cukup unik bukan ?. dinamakan udang selingkuh, karena makanan khas papua ini terbuat dari udang namun memiliki bentuk capit seperti kepiting. Sehingga orang papua menyebutnya udang selingkuh karena berbedda dengan kebanyakan udang pada umumnya.

Udang selingkuh ini, biasanya dimasak dengan bumbuh rempah yang khas sehingga memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan lezat. Sehingga, sangat disayangkan jika kamu pergi ke papua tidak mencicipi udang selingkuh ini.

5. Makanan Khas Papua Kue Bagea

makanan khas papua

cookpad.com

Selain memiliki berbagai jenis makanan, papua juga memiliki makanan ringan yang khas. Salah satunya yaitu kue bagea. Tekstur kue bagea yang lembut dan pastinya lumer dimulut, akan membuat kamu ketagihan dengan kue yang satu ini.

Kue bagea sendiri terbuat dari kelembutan abon yang digulung dan dengan diberi berbagai macam isian seperti ayam, coklat, stroberi dan masih banyak varian isian dari kue bagea ini. jika dilihat dari bentuknya, kue bagea ini serupa dengan bentuk bolu gulung.

Kue bagea ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh untuk orang tersayang kamu. kue bagea ini banyak sekali ditemukan di setiap toko oleh-oleh yang ada di Papua. Sehingga, kamu tidak terlalu kesulitan untuk mendapatkan kue bagea ini.

Tinggalkan komentar