Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana dan Mudah untuk Pemula

Cara Membuat Kue Ulang Tahun – Ulang tahun merupakan momen spesial yang perlu dirayakan, mengingat momen tersebut adalah saat dimana seorang manusia pertama kalinya berhasil menghirup nafas di bumi. Ulang tahun kerap kali dianggap sebagai sebuah perayaan yang wajib digelar setiap tahunnya. Dalam sebuah perayaan pasti terdapat berbagai komponen wajib yang harus tersedia, salah satunya adalah Kue Ulang Tahun.

Kue Ulang tahun merupakan komponen terpenting di setiap perayaan ulang tahun. Menurut Wikipedia, Kue ulang tahun merupakan sebuah kue yang disajikan kepada seseorang pada hari ulang tahunnya/hari lahirnya. Kue ulang tahun biasanya dihiasi dengan nama seseorang yang sedang ulang tahun dan membawa pesan selamat untuknya. Jumlah lilin sama dengan jumlah tahun seseorang telah hidup (umurnya) juga ditempatkan pada kue. Ada juga tradisi untuk meletakkan satu lilin ekstra untuk membawa keberuntungan. Kue ulang tahun biasanya mempunyai tekstur spons dan rasa yang paling populer di kue ulang tahun adalah rasa cokelat.

Banyak sekali pihak (toko kue atau pembuat kue) yang menyediakan kue ulang tahun dengan berbagai variasi. Akan tetapi sering kali kita menemui bahwa kue yang disediakan kurang sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya dari segi ukuran, bentuk, rasa, tampilan, ataupun dari segi kemampuan finansial atau dana yang kita miliki. Solusi yang paling tepat agar dalam perayaan ulang tahun tetap tersedia kue ulang tahun adalah dengan membuat sendiri kue ulang tahun tersebut.

Terdapat berbagai macam bentuk dan jenis kue ulang tahun yang dapat dibuat sendiri, tentunya disesuaikan dengan selera masing-masing. Bentuk yang dimaksud dapat berupa kue tart manis, blackforest, brownies dengan bentuk yang unik, bahkan puding. Masing-masing jenis kue tersebut memerlukan cara yang berbeda dalam proses pembuatannya. Perlu adanya pembeda yang khas antara kue biasa dengan kue ulang tahun.

Keunikan dari Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Tampilan Meriah

kue ulang tahun

Kue ulang tahun yang meriah akan membuat kue ulang tahun menjadi mencolok dan menarik perhatian sebagai simbol adanya perayaan ulang tahun. Tampilan yang meriah bisa dilakukan dengan memberikan lapisan kue bagian luar yang menarik, adapun beberapa jenis lapisan tersebut antara lain:

Fondant

kue ulang tahun

Fondant ini sangat sering digunakan sebagai lapisan kue karena bentuknya yang elastis, sehingga mudah dibentuk Rasanya juga enak dan manis, jadi bisa membantu membangun cita rasa manis pada kue. Fondant mudah dikreasikan sendiri, sehingga untuk meminimalkan biaya tidak perlu membeli.

Buttercream

kue ulang tahun

Buttercream ini merupakan lapisan yang paling umum digunakan untuk membuat kue. Buttercream dapat dibuat dari bahan-bahan seperti gula dan mentega, tidak hanya rasanya yang manis, namun strukturnya yang lembut sangat lumer di mulut. Lapisan ini bisa dicampur dengan aneka pewarna dan menjadi hiasan kue sesuai tema kue ulang tahun yang diinginkan.

Icing

kue ulang tahun

Icing juga biasanya digunakan sebagai lapisan untuk menutupi cake dan biskuit. Tapi Icing dapat dipakai pada roti untuk menjadi aksen sehingga berbentuk kecil-kecil yang diletakkan di dalam cup. Setelah itu dapat dihias dengan cherry atau berbagai macam sponge cake. Akan tetapi, jangan gunakan Icing pada kue yang

banyak mengandung buah-buahan.

Topping yang Menarik

kue ulang tahun

Toping yang indah, unik dan berwarna akan membuat kue ulang tahun memberikan kesan menjadi tidak monoton. Terdapat berbagai macam pilihan yang bisa diterapkan dalam membuat topping, seperti buah-buahan. Banyak buah-buahan yang bisa menjadi pilihan toping. Toping buah selain memiliki kandungan vitamin juga memberikan cita rasa segar pada kue. Buah cherry yang segar dan cantik misalnya. Dengan warna merah yang mencolok akan membuat kue ulang tahun buatan kamu menjadi pusat perhatian.

Warna hijau pada buah kiwi juga memberikan nuansa segar dan nyaman pada kue. Kemudian ada buah persih yang memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat menyehatkan. Tinggal bagaimana kreativitas kamu untuk membentuk dan meletakkan kue tersebut menjadi toping sehingga terlihat menarik.

Dilengkapi Lilin

kue ulang tahun

Lilin tidak hanya menjadi simbolisasi perayaan ulang tahun. Tapi lilin juga bisa menjadi hiasan kue ulang tahun yang sempurna. Saat ini telah banyak aneka bentuk lilin yang menarik. Tinggal gunakan yang sesuai dengan tema kue ulang tahun buatan kamu. Lilin yang dapat digunakan untuk memeriahkan kue ulang tahun dapat berupa angka yang menunjukkan usia yang berulang tahun, huruf bertuliskan “Happy Birthday” ataupun lilin kecil dalam jumlah yang banyak. Ada juga lilin-lilin yang unik bisa dijadikan referensi untuk melengkapi kue ulang tahun, yaitu lilin ajaib (magic candy) yang tidak akan padam apinya hanya untuk satu kali tiupan.

Macam Cara Membuat Kue Ulang Tahun yang Mudah Dibuat

Setelah berbicara tampilan luar dari sebuah kue ulang tahun akan menarik dan menjadi point of view dalam sebuah perayaan ulang tahun, hal yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana cara membuat kue ulang tahun yang lezat dan disukai oleh semua orang. Pembuatan kue ulang tahun berbeda untuk masing-masing jenis kue.

1. Cara Membuat Kue Ulang Tahun Kue tart

cara membuat kue ulang tahun

Tart merupakan makanan panggang berbahan dasar kue pastri dan diisi dengan sesuatu yang manis atau gurih, dengan bagian atas tanpa penutup atau berlapis pastri. Kue tart modern biasanya dihiasi dengan berbagai macam topping, filling serta decorating. Hal tersebut membuat cita rasa lumernya makin mantap karena tampilannya yang meriah dan mewah. Resep kue tart ini tergolong mudah, murah, dan sederhana mengingat kita tidak harus memiliki oven untuk membuatnya, yakni hanya perlu panci untuk mengkukus.

Bahan-bahan cake:

  1. 125 gram tepung terigu
  2. 125 gram gula pasir
  3. 100 gram margarin
  4. 125 gram dark chocolate
  5. 4 butir telur ayam
  6. 1 sdt vanila bubuk
  7. ½ sdm baking powder
  8. 2 sdm tepung maizena
  9. 1 sdm cake emulsifier
  10. 1 sdm cokelat bubuk

Bahan untuk topping: selai, cherry, dan whipped cream secukupnya

Cara membuat :

  1. Langkah pertama siapkan wadah bersih ukuran sedang. Masukkan telur ayam, gula pasir, cake emulsifier dan vanila bubuk. Mixer dengan kecepatan tinggi agar hasil adonan menjadi maksimal, yaitu semua bahan kaku dan mengembang.
  2. Tambahkan bahan-bahan tepung seperti tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, tepung maizena ke dalam adonan telur dan gula. Jangan lupa untuk mengayaknya terlebih dahulu bahan-bahan tepung tersebut agar hasil kue lebih halus dan lembut. Aduk perlahan agar semua bahan menyatu sempurna, kemudian sisihkan.
  3. Tim atau cairkan dark chocolate hingga meleleh di panci yang bersih. Selanjutnya masukkan margarin lalu aduk rata bersama coklat. Masak sampai kedua bahan menyatu sempurna lalu matikan api dan biarkan sampai hangat kuku.
  4. Setelah hangat, masukan lelehan coklat dan margarin tadi pada adonan tepung, telur, dan gula. Aduk perlahan secara merata, lalu sisihkan.
  5. Siapkan loyang bersih lalu olesi bagian dalamnya dengan mentega. Pastikan untuk memanaskan panci kukus dengan api sedang sampai airnya benar-benar mendidih.
  6. Selanjutnya tuang adonan ke dalam loyang, kukus sampai matang (20-25 menit). Kemudian angkat kue tart kukus yang kini siap untuk dihias dengan selai, cherry, dan whipped cream sesuai selera.
  7. Topping yang sudah digunakan tersebut dapat kita kreasikan dengan berbagai macam topping lainnya seperti parutan keju, lelehan coklat, biskuit, dan lainnya. Padupadankan warna cerah untuk memberi tampilan yang lebih menarik.

2. Cara Membuat Kue Ulang Tahun Pudding

cara membuat kue ulang tahun

Pudding menjadi alternatif pilihan kue ulang tahun yang dapat dikreasikan sendiri. Pembuatan pudding tidak memerlukan bahan-bahan yang kompleks seperti kue tart, hanya saja adonan agar-agar atau tepung puding yang sudah dikemas. Cara membuatnya juga sangat mudah hanya dengan dilarutkan dan didingkan hingga terbentuk. Kreasi pudding untuk ulang tahun dapat dilakukan dengan membuat pudding berlapis-lapis dengan warna yang bermacam-macam. Kemudian diberikan hiasan atau topping seperti buah-buahan atau pudding dengan warna lain yang dibentuk-bentuk. Berikut ini adalah tahapan pembuatan pudding untuk ulang tahun:

  1. Menyiapkan bahan-bahan (pudding, air, gula, susu, buah)
  2. Mencampur dan memasak bahan yang ada kecuali buah.
  3. Proses memasak dilakukan dengan mengaduk susu terlebih dahulu, setelah terlihat akan mendidih baru dimasukkan agar – agar bubuk dan gula
  4. Menyiapkan cetakan berbentuk bundar mirip kue tart, setelah adonan mendidih
  5. Memasak pudding yang lain kemudian menuangkannya kembali di wadah sebelumnya masing-masing setelah adonan pertama telah dingin
  6. Sebelum adonan terakhir pudding dimasukkan ke dalam cetakan terlebih dahulu diberi buah (leci dan ceri).

3. Cara Membuat Kue Ulang Tahun Blackforest

cara membuat kue ulang tahun

Blackforest merupakan kue yang berasal dari Jerman. Kue ini terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, dan cokelat bubuk sehingga warnanya jadi cokelat gelap. Ciri khas dari cake ini adalah penggunaan krim segar, serutan cokelat hitam, dan manisan ceri yang dijadikan sebagai topping-nya. Parutan cokelat hitam yang ada di atasnya membuat kue ini dinamakan blackforest alias hutan hitam. Meski blackforest termasuk dalam cake klasik, tapi sampai sekarang masih banyak orang yang lebih memilih blackforest sebagai kue ulang tahun terfavorit.

4. Cara Membuat Kue Ulang Tahun Brownies

cara membuat kue ulang tahun

Cara memBrownies memberikan perpaduan rasa manis dan sedikit pahit. Teksturnya brownies yang lembut serta hiasan yang melengkapi (keju parut atau ceri) membuat Brownies dapat juga menjadi pilihan untuk kue ulang tahun.

Bahan-bahan yang digunakan:

  1. 100 gram Margarin
  2. 175 gram Dark Cooking Chocolate yang sudah dipotong-potong
  3. 1 butir Telur
  4. 1/4 sendok teh Baking Powder yang sudah diayak
  5. 1/4 sendok teh Garam
  6. 200 gram Tepung Terigu
  7. 250 gram Gula Pasir
  8. 20 gram Coklat Bubuk

Cara membuat

  1. Dark Chocolate bersama Margarin dilelehkan, kemudian sisihkan.
  2. Aduk gula pasir bersama Telur menggunakan mixer hingga menjadi kental dan mengembang. Kecilkan mixer dan masukan tepung terigu. coklat yang telah dilelehkan serta Baking Powder, terus aduk sampai adonan merata.
  3. Siapkan Loyang Brownies yang telah diolesi margarin. Tuangan adonan ke dalam Loyang Brownies.
  4. Panaskan oven hingga suhu 160 derajat celsius, dan panggang adonan di dalam oven selama 1 jam.Setelah matang, angkat dan diamkan hingga dingin. Mulailah siapkan Cream, Coklat Parut dan Keju Parut untuk menghias brownies sesuai tema yang kamu inginkan.

Simak Video Membuat Kue Ulang Tahun Berikut:

Itu tadi beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk cara membuat kue ulang tahun dengan kreasi sendiri. Ada Juga Beberapa tahapan cara pembuatan kue ulang tahun yang sederhana dan bisa diterapkan kembali di rumah. Selamat mencoba. Jangan lupa untuk membaca artikel tentang makanan khas lainnya.

 

Tinggalkan komentar

More in Hiburan, Kuliner
makanan khas banten
Makanan Khas Banten yang Terkenal dan Wajib Dicoba!

makanan khas madura
Kumpulan Makanan Khas Madura yang Terkenal dan Penjelasannya

Close