11 Makanan Khas Arab yang Enak dan Populer di Dunia

Makanan Khas Arab– Timur Tengah atau biasa pula disebut dengan nama Arab Saudi merupakan negra yang terkenal dengan tempat suci bagi umat muslim. Tapi jangan salah, negara Arab Saudi atau Timur Tengah ini juga terkenal dengan makanan khasnya yang memiliki aroma rempah khas dan tentunya sangat menggugah selera.

Kuliner khas Timur Tengah ini ternyata banyak memiliki penggemarnya loh yaa. Selain karena aroma rempah yang ada di setiap masakannya, makanan khas negara Arab Saudi ini juga memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat serta dijamin kehalalannya.

Menu Makanan Khas Arab Saudi yang Wajib Kamu Coba

1. Makanan Khas Arab, Nasi Kebuli

makanan khas arab
www.sukita.info

Makanan khas Arab yang pertama adalah Nasi Kebuli. Makanan ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita masyarakat Indonesia. Nasi Kebuli ini terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan aromanya yang sedap karena makanan khas ini kaya akan bumbu rempahnya.

Nasi Kebuli dimasak dengan campuran daging kambing, kaldu kambing, dan susu kambing. Pokoknya mayoritas bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas ini berasal dari kambing. Dalam penyajiannya biasa ditambahkan acar, kismis, dan sambal sebagai pelengkap.

2. Kebab Khas Arab

makanan khas arab
pergikuliner.com

Kebab merupakan salah satu makanan khas Arab Saudi yang terdiri dari daging panggang, sayuran segar seperti tomat, selada, bawang bombay, dan mentimun. Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan saus sambal, dan mayones yang digulung di dalam tortila.

3. Makanan Khas Arab, Roti Maryam

makanan khas arab
www.tokomesin.com

Makanan khas Arab Saudi yang selanjutnya adalah Roti Maryam. Bentuk dari Roti Maryam ini hampir mirip dengan roti canai makanan khas Aceh serta roti Japati khas India. Makanan khas ini terbuat dari tepung terigu, telur, dna mentega.

Banyak varian rasa yang ada pada Roti Maryam ini antara lain rasa coklat, keju, kacang, dan juga rasa daging.

4. Samosa Khas Arab

makanan khas arab
mangcook.com

Samosa merupakan makanan khas Timur Tengah yang berbentuk segitiga. Makanan khas ini termasuk ke dalam jenis kue. Samosa terbuat dari bahan dasar daging cincang yang telah ditumis terlebih dahulu dan dicampur dengan bumbu rempah yang sangat khas.

Makanan khas Arab Saudi ini juga dimasak dengan tambahan beberapa sayuran seperti, kentang, kacang polong, bawang bombay, dan ketumbar. Dalam penyajiannya makanan khas ini dibungsus dengan kulit lumpia dan kemudian digoreng hingga kecoklatan.

5. Makanan Khas Arab, Hummus

makanan khas arab
blog.kulina.id

Makanan khas negara Arab Saudi yang selanjutnya adalah Hummus. Hummus sendiri merupakan salah satu makanan khas Timur Tengah yang berbahan dasar tepung roti, kacang yang telah dihaluskan, lentini, tahini atau biji wijen yang telah dihaluskan, minyak zaitun, air lemon, garam, serta bawang putih.

Hummus ini biasanya disandingkan dengan irisan tomat, chickpea, serta tak lupa tortila yang diletakkan di tengahnya. Roti tradisional khas Timur Tengah ini bisa juga disajikan dengan kentang yang telah dipanggang terlebih dahulu.

6. Katayef Khas Arab

makanan khas arab
www.pinterest.com

Makanan khas Timur Tengah yang satu ini merupakan makanan sejenis parsel yang terbuat dari adonan terigu yang diberi aroma kayu manis. Makanan khas Arab Saudi ini biasanya berisi kacang kenari dan gula.

Katayef Biasanya disajikan dengan sirup madu sebagai hidangan berbuka puasa ataupun sebagai makanan pencuci mulut. Tak hanya rasa original saja yang terdapat pada Katayef ini. Makanan khas Timur Tengah ini juga memiliki banyak varian seperti rasa keju, kurma, kismis, kacang tanah dan masih banyak lagi varian yang ada pada akanan khas Timur Tengah ini.

7. Makanan Khas Arab, Falafel

makanan khas arab
www.albiladuniversal.co.id

Makanan khas Arab Saudi yang selanjutnya bernama Falafel. Makanan yang disajikan dalam bentuk mirip dengan perkedel ini memiliki cita rasa pedas yang khas.

Bahan dasar untuk embuat makanan bercita rasa pedas ini diantaranya adalah adonan kacang Faca atau biasa disebut dengan buncis tanah serta tak lupa dengan bumbu remph-rempah ciri khas makanan negeri Timur Tengah.

8. Baklava Khas Arab

makanan khas arab
food.idntimes.com

Baklava merupakan salah satu jenis makanan khas Arab Saudi namun berasal dari negara Turki yang hampir serupa dengan kue bolen pisang khas Indonesia. Makanan khas Timur Tengah yang satu ini memiliki cita rasa manis dengan tambahan potongan kacang walnut yang disandingkan dengan madu ataupun sirup.

9. Makanan Khas Arab, Manakeesh

makanan khas arab
www.kata.co.id

Makanan khas Arab yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang hampir mirip dengan pizza khas Itali jika dilihat dari bentuk penyajiannya. Namun bahan baku yang digunakan untuk membuat makanan khas Timur Tengah ini sangat berbeda dengan bahan dasar pembuatan pizza Itali.

Manakeesh ini terbuat dari tepung terigu, madu, gula, minyak zaitun, serta tak lupa tambahan bumbu rempah yang menjadi ciri khas makanan Timur Tengah. Manakeesh ini juga memiliki toping, namun toping yang digunakan sangat berbeda dengan toping yang ada di dalam pizza pada umumnya.

Toping yang digunakan dalam makanan khas Timur Tengah ini adalah keju putih dengan cita rasa yang dominan asin atau bisa juga dengan keju ackawi. Selain itu, ada pula Manakeesh yang bertopingkan daging cincang, irisan tomat, dan tak lupa disiram dengan saus pedas.

10. Mutaqab Khas Arab

Makanan khas Saudi Arabia ini banyak dipercaya masyarakat sekitar sebagai makanan yang berasal dari Kota Yaman. Meski begitu, namun makanan khas Arab yang satu ini sangat populer dan menjadi hidangan pembuka di Kerajaan Arab Saudi.

Makanan khas Saudi Arabia ini terbuat dari lapisan kue tipis yang diisi dengan campuran bahan-bahan lain seperti telur, daging cincang, tomat, piterseli, bawang, dan jalapeno pepper. Di Indonesia sendiri makanan sejenis ini sering kita kenal dengan sebutan Martabak.

11. Makanan Khas Arab, Luqaimat

makanan khas arab
saudiarabianrecipes.blogspot.com

Makanan khas Saudi yang satu ini biasa dikenal sebagai makanan penutup. Luqaimat memiliki bentuk bulat dan bertekstur renyah pada bagian luarnya namun tentunya sangat lembut di bagian dalamnya.

Luqaimat memiliki cita rasa yang manis dan jangan ditanya lagi untuk kelezatan dari makanan ini. Makanan khas yang satu ini bisanya sangat ditunggu-tunggu saat buka puasa tiba. Di Indonesia sendiri Luqaimat identik dengan Donat, walaupun masih banyak perbedaan diantara keduanya.

Yap, itulah makanan khas Arab Saudi yang sangat lezat dan recommended banget buat kamu barang kaliyang sedang beribadah di tanah suci, jangan lewatkan untukk mencicipi makanan khas Saudi Arabia ini.

 

Tinggalkan komentar