Makanan Khas Banten yang Terkenal dan Wajib Dicoba!

Makanan Khas Banten – Provinsi paling ujung di pulau jawa ini memiliki banyak destinasi wisata sejarah maupun wisata panorama alamnya. Provinsi Banten juga menjadi banyak saksi peristiwa sejarah bangsa ini. Namun, disisi lain Banten juga memilikikaya akan kuliner khasnya yang hanya dijumpai di Provinsi tersebut. Memang kekayaan suku dan budaya bangsa ini banyak menciptakan keragaman begitu pula dengan kulinernya. Berikut beberapa makanan khas Banten yang wajib diketahui para pecinta kuliner

1. Makanan Khas Banten Sate Bandeng

makanan khas banten

Mungkin sate ini sedikit asing ditelinga kita, atau bahkan kita bertanya-tanya bandeng kok disate?. Jangan heran makanan khas Banten yang satu ini, memang berupa sateyang berbahan dasar ikan bandeng. Sate bandeng ini di campur rempah-rempah yang membuatnya kaya akan rasa, dan tentunya bandeng yang digunakan sudah tanpa duri yah kawan.

2. Makanan Khas Banten Rabeg

makanan khas banten

Rabeg adalah makanan tradisional Banten dengan bahan dasar jeroan kambing yang dipadukan dengan bumbu yang khas. Gabungan beberapa bumbu dan rempah membuat makanan ini memiliki rasa yang sedap. Makanan khas Banten ini menjadi salah satu kuliner yang paling diburu bagi para pecintanya loh.

3. Makanan Khas Banten Nasi Sumsum

makanan khas banten

Hidangan yang satu ini berawal dari ide tukang potong hewan yang melihat bagian sumsum sapi atau kerbau sering dibuang begitu saja. Maka beliau mencoba berkreasi dengan mengolah sumsum yang tidak dikonsumsi pada waktu itu. Yang unik dari makanan khas Banten ini adalah proses pengolahan sumsum dan nasi yang dimasak dengan menggunakan daun pisang.

4. Makanan Khas Banten Soto khas Banten

makanan khas banten

Sudah sering mendengar masakan soto?. Tenang makanan khas Banten yang berupa soto ini berbeda kok dengan soto pada umunya. Soto dengan bahan baku jeroan sapi ini menjadikannya memiliki cita rasa yang berbeda dengan soto pada umunya.

5. Makanan Khas Banten Emping

makanan khas banten

Makanan khas Banten selanjutnya adalah emping. Emping adalah sejenis krupuk dengan bahan dasar melinjo ini banyak di gandrungi masyarakat. Tidak sekidit wisatawan mecari emping ini untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke propinsi Bnaten.

6. Makanan Khas Banten Balok

Balok adalah makanan khas Banten yang terbuat dari Ubi Kayu. Bagian dari makanan ini yang menjadikan kudapan ini unik adalah campurannya. Balok disajikan dengan serundeng serta bawang goring sebagai toping diatasnya, terbayang kan gurihnya.

7. Makanan Khas Banten Angeun Lada

makanan khas banten

Kuliner yang satu ini berasal dari kota lebak. Makanan khas Banten ini biasa disajikan saat hajatan atau pesta. Masakan berkuah berbahan baku daging sapi yang dimasak dengan daun walang, membuat aroma dan cita rasanya yang khas.

8. Kuliner Khas Banten Sate Bebek

makanan khas banten

Satu lagi kuliner unik dan tak biasa dari propinsi Banten. Sate yang berbahan dasar bebek merupakan makanan khas Banten yang berasal dari kota cilegon. Sate bebek tersebut diolah dan di kolaborasikan dengan sambal kacang terbuat dari berbagai bumbu tradisional.

9. Makanan Khas Banten Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan makanan khas Banten yang mudah dicari terutama di kota serang. Istimewanya dari makanan ini adalah dijajakan hampir 24 jam dan mudah ditemui. Nasi uduk bisa menjadi solusi jika kelaparan dimalam hari.

10. Makanan Khas Banten Pasung Merah

makanan khas banten

Ada yang unuk dari makanan yang berasal dari kota Pandeglang ini. Makanan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa adalah makanan khas Banten yang memiliki keunikan dari segi bentuk. Bentuk yang menjadikan makanan ini khas, berasal dari daun pisang yang dilipat untuk menghasilkan bentuk kerucut dari makanan tersebut.

11. Sambel Burog

makanan khas banten

Nama Burog sendiri berasal dari nama kendaraan Nabi Muhammad SAW waktu pergi naik Isra’  Mi’raj. Sambal ini memang hanya ditemukan saat waktu musim haji saja. Biasanya disajikan kepada orang yang sedang menjenguk orang yang baru pulang dari pergi haji. Bahan dasar sambel burog adalah kulit mlinjo yang dicampur dengan bawang putih, salam, dan kemiri. Rasa sambal ini sangat pedas sekali. Meski sangat pedas tapi tidaka akan kapok untuk mencoba sambal burog ini.

12. Gerem Asem

Makanan yang satu ini juga tidak kalah pedasnya. Gerem asem terbuat dari daging ayam atau daging bebek yang sebelumnya dibakar terlebih dahulu. Campuran bumbu terdiri dari bahan yang sangat kuat rasanya sehingga lidah tidak akan berbohong akan kelezatannya masakan yang satu ini. Karena sangat pedasnya, kepala anda akan mengalir keringat membasai wajah anda. Jadi siap-siap untuk membawa tisu yaa,,hehe. Makanan ini sering muncul jika ada hajatan besar saja yaa gaes, jadi mohon bersabar saja,hehe.

13. Pecak Bandeng

makanan khas banten

Pecak bandeng adalah makanan khas Banten yang sangat popular dijaman sekarang. Dulunya makanan ini berasal dari pedesaan yang merupakan menu bekal petani kesawah. Makanan ini sangat sederhana, hanya sambal atau pecak dan ikan bandeng saja. Penyajiannya hanya bandeng diletakkan di atas sambal dan disnatap dengan nasi putih hangat. Sekarang peminatnya tidak hanya orang pedesaan saja loo. Banyak warung-warung makan yang menyediakan konsep pedesaan terdapat makana khas ini. Silahkan mencobanya yaa teman.

14. Gecom

Gecom merupakan singkatan dari toge dan oncom. Mendengar dari namannya saja sudag aneh yaa. Tapi setelah mencicipi aslinya akan ketagihan. Cara memasak gecom ini juga sangat unik, yaitu dengan wajan datar yang sering digunakan untuk membuat martabak loo gaes. Gecom biasa disajikan untuk makanan pelengkap nasi saat makan Bersama keluarga di rumah, Buruan cari resep bagaimana cara membuat gecom ya gaes.

15. Sayur Besan

makanan khas banten

Mungkin mendengar dari namanya saja akan ketahuan kalua makanan ini ada hubungannya dengan pernikahan. Ternyata memang benar, makanan ini merupakan makanan tradisi banten ketika akan lamaran. Bahan-bahannya juga harus ada empat, yaitu: trubuk, petai, bihun, dan kentang. Makanan ini menjadi simbol pernikahan antara dua saudara mempelai agar menjadi erat dalam persaudaraan.

16. Oleh Oleh Khas Banten Balok Menes

Makanan Banten bisa dibilang getuk jika berada di Jawa tengah. Yaps, Balok menes terbuat dari singkong yang dibentuk seperti balok berbeda dengan gatuk yang sangat halus. Toping balok menes ini dari serundeng atau gorengan kacang yang ditumbuk halus. Silahkan mencoba yaa teman.

17. Nasi Sambal Belut

makanan khas banten

Makanan yang sangat sederhana ini sangat diburu oleh para wisatawan dari luar daerah. Makanan nasi sambal belut ini hanya nasi dan belut yang berukuran besar dan empuk. Cara memasak belut digoreng kemudian dilumuri sambal yang sangat pedas dan digeprek. Rasa sangat menggoda selera, apalagi untuk pencinta kuliner pedas bisa dicoba nasi sambal belut ini.

18. Makanan Khas Banten Laksa Tangerang

makanan khas banten

Makanna yang sederhana tapi rasa bintang lima yaa Laksa Tangerang ini. Hanya bebahan dasar mie putih, suwiran daging ayam, kacang hijau, dan taburan daun kucai ini membuat penikmatnya klepek-klepek. Penyajiannya disiram dengan kuah yang berbumbu khas dapur yang sangat harum aromanya.

Sate Bebek Cibeber

Ketan Bintul

Rengginang

Opak

Kue Jojorong

Gipang

Leumeung

Kue Cucur

Kue Apem

Lepet

Kue Pasung

Demikian makanan khas Banten yang bisa kami jelaskan sesuai dengan pengetahuan saya. Silahkan baca juga cara membuat makanan khas Nusantara lainnya seperti membuat seblak, membuat cilok yang enak, dan cara membuat donat yang sederhana. Semoga bermanfaat. 

 

Tinggalkan komentar

More in Hiburan, Kuliner
makanan khas madura
Kumpulan Makanan Khas Madura yang Terkenal dan Penjelasannya

jenis burung kenari
Jenis Burung Kenari yang Bagus dan Populer di Indonesia

Close