6 Teknik Pencahayaan Fotografi Indoor untuk Pemula

Teknik Pencahayaan Fotografi Indoor – Pencahayaan merupakan salah satu hal yang vital dan sering kali menjadi momok terbesar di dalam dunia fotografi terutama dalam teknik pencahayaan fotografi indoor. Teknik pencahayaan tersebut sangat diperlukan dan boleh dibilang menjadi aspek terpenting dalam dunia fotografi. Tujuan utama penggunaan teknik pencahayaan yang benar tak lain dan tak bukan untuk menghasilkan gambar tangkapan atau foto yang berkualitas baik sesuai dengan yang kita inginkan.

Alasan kuat mengapa penggunaan teknik lighting dalam fotografi indoor ini sangat penting yaitu buruknya ketajaman foto. Hasil foto yang buruk tersebut disebabkan oleh kurangnya intensitas cahaya yang masuk. Pencahayaan yang buruk tersebut akan mengakibatkan munculnya titik-titik pada foto yang dalam dunia fotografi disebut dengan noise.

Selain karena faktor cahaya yang kurang maksimal, noise tersebut juga dapat timbul akibat dari settingan ISO yang terlalu tinggi. Tingginya ukuran ISO yang digunakan akan memicu munculnya noise yang otomatis akan mengurangi kualitas gambar. Namun jika ISO pada kamera disetting rendah maka gambar atau foto yang dihasilkan akan terlihat gelap bahkan menjadi blur berbeda dengan teknik fotografi outdoor.

Yap, untuk mengatasi masalah tersebut kita harus memperhatikan teknik pencahayaan fotografi indoor agar gambar hasil tangkapan kamera memiliki kualitas yang tinggi. Nah, kali ini kami akan mengupas tuntas tentang berbagai teknik pencahayaan fotografi dalam ruangan. Jangan sampai ketinggalan ya.. yuk simak artikel kami berikut ini!

Inilah 6 Teknik Pencahayaan Fotografi dalam Ruangan!

Sebelum masuk ke pembahasan teknik pencahayaan, Seorang fotografer harus mengetahui alat-alat fotografi yang akan dipakai terlebih dahulu agar gambar yang dihasilkan juga maksimal.

  1. Pencahayaan Lebar

teknik pencahayaan fotografi indoor

Pencahayaan lebar dalam teknik pencahayaan fotografi indoor sering kali disebut dengan sebutan teknik broad lighting. Teknik broad lighting ini merupakan teknik pencahayaan yang biasanya digunakan untuk perbaikan. Posisi dari lighting sendiri disetting sedemikian rupa untuk menerangi suatu sisi objek yang berada tepat dibagian kamera. Teknik pencahayaan lebar atau broad lighting ini digunakan ketika ingin memperoleh tampilan wajah yang lebih tirus, ataupun menjdikan wajah yang terlalu tirus menjadi sedikit lebar.

  1. Pencahayaan Pendek

teknik pencahayaan fotografi indoor

Teknik short lighting atau pencahayaan pendek pada teknik pencahayaan fotografi indoor ini digunakan untuk mengambil gambar model dengan wajah yang berbentuk oval. Teknik pencahayaan ini menekankan pada kontur wajah subjek. Short lighting ini mempunyai sebuah efek penyempitan. Efek tersebut sangat cocok bila digunakan pada subjek yang cenderung berwajah bulat atau subjek dengan berat badan berlebih.

  1. Butterfly Lighting

teknik pencahayaan fotografi indoor

Teknik pencahayaan fotografi indoor yang selanjutnya adalah butterfly lighting. Teknik ini dapat digunakan dengan cara menempatkan lampu utama tepat di depan wajah subjek. Selain ditempatkan tepat di depan wajah subjek, penggunaan teknik ini juga disesuaikan dengan tinggi subjek sehingga dapat menciptakan efek bayangan tepat di bawah subjek. Butterfly lighting ini sangat cocok jika digunakan pada subjek wanita dengan ramput panjang.

  1. Rembrandt Lighting

teknik pencahayaan fotografi indoor

Rembrandt lighting merupakan salah satu teknik pencahayaan fotografi indoor yang didapatkan dengan cara menggabungkan 2 teknik pencahayaan. Rembrandt lighting ini terbentuk dari teknik butterfly lighting dan teknik pencahayaan pendek. Lampu utama yang merupakan salah satu alat fotografi diposisikan lebih tinggi dan lebih jauh dari kamera.

  1. Mengatur ISO Tinggi

teknik pencahayaan fotografi indoor

Penggunaan ISO yang memang sengaja dibuat tinggi ini merupakan teknik pencahayaan fotografi indoor. Pengaturan ISO tinggi ini dimaksudkan agar gambar atau foto yang diambil dalam kondisi minim cahaya memiliki kualitas yang baik.

  1. Menggunakan Stabilizer

teknik pencahayaan fotografi indoor

Penggunaan stabilizer dalam teknik pencahayaan fotografi indoor ini dimaksudkan agar gambar  atau yang dihasilkan akan terlihat menjadi lebih jernih dan tajam.

Nah, bagaimana nih sobat, menarik bukan? Dari uraian artikel di atas kita dapat mengetahui berbagai teknik yang seyogyanya wajib diketahui fotografer pemula dalam melakukan pemotretan di dalam ruangan. Sekian dulu artikel dari kami ya.. semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa stay tune terus hanya di el-rajab.com.

Tinggalkan komentar

More in Teknologi
teknik fotografi model outdoor
8 Teknik Fotografi Model Outdoor yang Wajib Kamu Tau!

alat fotografi
Kumpulan Alat Fotografi Pemula dan profesional serta Fungsinya

Close