ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.

8 Teknik Fotografi Model Outdoor yang Wajib Kamu Tau!

2 min read

teknik fotografi model outdoor

Teknik Fotografi Model Outdoor – Teknik fotografi yang bayak dikenal saat ini terdiri dari dua macam, yaitu teknik fotografi model indoor dan teknik fotografi model outdoor. Teknik fotografi model indoor adalah sebuah cara atau langkah-langkah yang dilakukan oleh seorang fotografer di dalam sebuah studio foto atau di dalam ruangan. Sedangkan teknik fotografi outdoor adalah cara pengambilan gambar yang berlokasi di luar rungan atau di ruangan terbuka. Kedua teknik tersebut harus wajib dikuasai oleh semua fotografer handal agar gambar atau foto yang dihasilkan berkualitas baik dan tentunya sesuai dengan keinginan kita.

Yap, Pada artikel sebelumnya kita membahas alat fotografi yang harus dimiliki oleh setiap fotografer. Pada kesempatan kali ini elrajab akan membagikan info penting mengenai beberapa teknik fotografi model outdoor yang sangat wajib kalian tau. Yuk, simak lebih rinci lagi sajian artikel kami mengenai Teknik Fotografi Model Outdoor di bawah ini!

Inilah 8 Teknik Fotografi Model Outdoor yang Harus Kamu Tau!

  1. Menentukan Lokasi Pemotretan

teknik fotografi model outdoor

Penentuan lokasi yang baik merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam teknik fotografi model outdoor. Lokasi tersebut merupakan faktor yang sangat penting dan sangat menentukan kualitas foto yang dihasilkan.

  1. Memilih Kamera yang Tepat

teknik fotografi model outdoor

Kualitas kamera yang baik juga merupakan salah satu teknik fotografi model outdoor. Penggunaan kamera yang berkualitas tinggi bertujuan agar gambar atau foto yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan keinginan kita.

  1. Memberi Jarak antara Fotografer dan Model

teknik fotografi model outdoor

Berbeda jauh dengan foto yang dilangsungkan di dalam sebuah studio foto, pada fotografi model outdoor ini kamu harus memperhatikan jarak dengan model. Pemberian jarak tersebut sangat membantu dalam memperoleh efek tertentu pada hasil foto. Namun hal tersebut juga dapat diakali dengan menggunakan alat fotografi berupa lensa panjang untuk memperoleh panorama yang indah.

  1. Mempertimbangkan Cahaya

teknik fotografi model outdoor

Pertimbangan cahaya pada teknik fotografi model outdoor sangatlah penting. Pengaturan cahaya ini dapat menggunakan cahaya alami maupun menggunakan flash.  Penggunaan flash ini dimaksudkan untuk memperoleh tambahan estetika dari seorang model. Sedangkan jika seorang fotografer memutuskan untuk menggunakan cahaya alami dalam teknik fotonya tersebut dapat menciptakan gambar atau foto dengan efek yang lebih natural.

  1. Menghindari Cahaya Matahari pada Siang Hari

teknik fotografi model outdoor

Jika seorang fotografer lebih memilih menggunakan pencahayaan alami dalam teknik fotografi model outdoor, maka hindari sinar matahari langsung. Maksud dari sinar matahari langsung ini jika pemotretan dilakukan pada siang hari. Karena pada waktu siang hari matahari tepat berada di atas kepala dan sinar yang dipancarkannya pun merupakan sinar yang paling terang. Kamera yang digunakan pun akan terkena cahaya yang terlalu keras dan tak bisa dikontrol lagi.

Oleh karena itu, hindari pengambilan foto pada tengah hari. Atau jika memang terpaksa harus dilakukan pada siang hari maka ambilah foto dengan berdiri tepat di atas bayangan. Teknik tersebut akan menghasilkan foto dengan efek yang lebih dramatis.

  1. Gunakan Selalu Format RAW

teknik fotografi model outdoor

Pengaturan format ini digunakan dalam teknik fotografi model outdoor. Format RAW sendiri akan memberikan lebih banyak keleluasaan untuk menyesuaikan gambar atau foto dalam proses pengeditannya. Kelemahan dari penggunaan format ini adalah memakan lebih banyak ruang penyimpanan.

  1. Mengatur ISO pada Tingkat Paling Rendah

teknik fotografi model outdoor

Teknik fotografi model outdoor selanjutnya adalah pengaturan ISO pada tingkat yang paling rendah. Pengaturan tersebut berkaitan dengan sensitivitas cahaya yang akan masuk ke dalam kamera.

  1. Gunakanlah Filter Polarisasi

teknik fotografi model outdoor

Teknik fotografi model outdoor yang harus diperhatikan adalah penggunaan filter polarisasi yang dipasang pada kamera. Filter tersebut berfungsi untuk membantu kamera dalam mengambil foto dengan cara membiarkan cahaya masuk pada suatu angle tertentu.

Nah, poin-poin yang telah disbutkan di atas merupakan penjelasan tentang beberapa teknik fotografi model outdoor yang sering digunakan oleh banyak fotografer. Bagi kamu yang punya hobi di bidang fotografi, jangan lupa praktekan teknik-teknik yang telah kami uraikan ya.. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Stay tune terus hanya di elrajab.

ardi Seorang yang hobi dalam dunia bisnis digital yang lahir dari salah satu desa di Kebumen, Jawa Tengah. untuk kerjasama bisa klik "Kirim Pesan" di kanan bawah.
× Kirim Pesan