Kumpulan Alat Fotografi Pemula dan profesional serta Fungsinya

Alat fotografi merupakan sebuah alat bantu yang mendukung dalam kegiatan pemotretan untuk memaksimalkan hasil dari pemotretan yang kita lakukan. Penggunaan alat bantu pendukung pemotratan ini sangat berpengaruh pada hasil pemotreatan yang akan kita peroleh nantinya. Selain bergantung pada alat bantu fotografi, hasil gambar atau foto yang akan diperoleh juga sangat bergantung pada teknik dan tingkat kreatifitas seseorang dalam mengambil foto.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang alat bantu fotografi, kita akan mengulas dulu nih tentang seni fotografi. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan fotografi itu? Fotografi sendiri merupakan sebuah proses melukis dengan menggunakan media cahaya. Atau ada juga sebagian orang yang menafsirkan istilah umum fotografi yang berarti sebuah proses atau metode untuk menghasilkan sebuah foto atau gambar dari suatu objek dengan cara merekam pantulan cahaya yang menyinari objek tersebut di dalam media yang peka terhadap cahaya.

Yap, setelah kita tau tentang pengertian fotografi, selanjutnya kita akan mengupas tuntas mengenai berbagai alat fotografi yang sering digunakan dalam membantu jalannya sebuah pemotratan. Yuk simak artikel lengkapnya ya.. stay tune terus hanya di elrajab.com.

1. Alat Fotografi Filter

alat fotografi

Filter ini merupakan salah satu alat penyaring cahaya yang masuk sehingga menghasilkan efek-efek tertentu yang kita inginkan dalam sesi pemotretan. Cara penggunaan filter ini yaitu dengan cara memasangnya pada ujung lensa. Terdapat 2 jenis filter yang biasa digunakan sebagai alat fotografi, yaitu square (kotak) dan circle (bulat).

 Pada penggunaan filter circle kita harus sangat memperhatikan ukuran diameter lensa yang kita gunakan agar masil foto yang didapatkan menjadi lebih bagus dan sesuai dengan yang kita inginkan. Namun jika kita menggunakan filter square, kita harus menambahkan ring khusus yang diletakkan tepat di depan lensa kamera.

2. Tudung Lensa

alat fotografi

Salah satu alat fotografi yang dipasang tepat di depan lensa ini berfungsi untuk menghilangkan sebagian cahaya yang tidak diinginkan dan dapat menyebabkan flare jika cahaya tersebut masuk ke dalam lensa kamera.

3. Tripod

alat fotografi

Kaki tiga atau biasa disebut dengan tripod ini berfungsi untuk menyangga kamera pada waktu pemotretan agar kamera tidak berguncang (shaking). Alat bantu fotografi ini biasanya digunakan pada saat pemotretan yang berkecepatan lambat. Alat ini juga berfungsi untuk menopang berbagai lensa dengan ukuran yang relatif panjang.

4. Alat Fotografi Monopod

alat fotografi

Monopod merupakan alat pendukung fotografi yang mempunyai fungsi mirip dengan tripod. Yang membedakan tripod dengan monopad ini terletak pada kakinya yang hanya berjumlah satu sehingga menjadi lebih praktis.

5. Kabel Release

alat fotografi

Kabel Release adalah salah satu alat fotografi yang berbentuk mirip seperti injeksi yang lentur. Kabel ini berfungsi untuk mencegah guncangan pada saat shutter ditekan. Cara penggunaan kabel ini yaitu dengan memasangnya pada soket kabel release yang biasanya terletak di tobol shutter.

6. Background

alat fotografi

Background ini merupakan alat bantu fotografi berupa kain dengan berbagai macam pola, gambar, serta warna yang digunakan sebagai latar belakang pemotretan di dalam studio.

7. Stand Background

alat fotografi

Stand background merupakan alat forografi yang digunakan sebagai penyangga background utama. Alat ini terdiri dari 2 stand yang dalam penggunaannya bisa dinaik turunkan sesuai dengan kebutuhan.

8. Alat Fotografi Flash

Di dalam sebuah pemotretan sangat diperlukan adanya alat bantu fotografi yang berupa flash ini. Alat ini biasanya digunakan pada saat pemotretan di malam hari dengan cahaya yan sangat minim. Namun, tak jarang juga yang menggunakan flash ini pada waktu siang hari yang bertujuan untuk fill in. Flash atau biasa disebut dengan blitz ini bisa digunakan sesuai dengan jraak, kekuatan, serta fasilitas khusus yang dimiliki.

9. Slave Unit

alat fotografi

Slave unit dalam fotografi juga biasa disebut dengan sebutan sensor. Alat ini bekerja dengan menangkap cahaya dari sumber cahaya yang kemudian digunakan untuk menyalakan sumber cahaya lain yang tentunya terhubung dengan slave unit.

10. Kabel Sinkro

alat fotografi

Alat fotografi yang selanjutnya adalah kabel sinkro. Alat ini berfungsi sebagai alat bantu dalam menyalakan tambahan flash atau bisa juga sumber cahaya lain dalam sebuah pemotretan. Penggunaan alat ini yaitu dengan cara meyambungkan kabel ini dari datangnya sumber cahaya tambahan ke body kamera.

11. Braket atau Holder

Perlengkapan fotografi yang satu ini tidak wajib digunakan setiap kali pemotretan. Alat ini digunakan hanya pada saat dimana perlu menggunakan flash tambahan. Holder ini berguna untuk menyangga slave unit atau flash tambahan dalam pemotretan. Holder ini biasanya dipasang pada body kamera.

12. Strobe

alat fotografi

Strobe merupakan alat bantu fotografi yang hampur mirip dengan flash. Perbedaan dari kedua alat ini terletak pada ukuran strobe yang lebih besar serta cahaya yang dihasilkannya pun lebih besar. Di dalam strobe terdapat sebuah sensor yang berfungsi untuk menangkap main ligth dari sumber cahaya utama.

13. Payung Reflektor

alat fotografi

Payung reflektor merupakan salah satu alat fotografi menghasilkan sifat cahaya lebih meluas sehingga cahaya serta bayangan objek secara keseluruhan menjadi lebih lembut. Alat ini terdiri dari berbagai macam warna. Warna standar yang sering digunakan adalah warna putih, namun ada pula yang berwarna perak.

14. Honeycomb atau Sarang Tawon

alat fotografi

Sarang tawon atau dalam istilah kerennya honeycomb merupakan salah satu perlengkapan fotografi yang berbentuk bulat seperti sarang tawon. Alat ini biasanya dipasang pada sumber cahaya. Sarang tawon berfungsi untuk menghaluskan cahaya yang jatuh tepat pada objek.

15. Ligth Stand

alat fotografi

Light stand adalah salah satu alat bantu fotografi yang berfungsi untuk menyangga lampu studio pada saat pemotretan.

16. Flash Meter

alat fotografi

Flash meter merupakan alat fotografi yang digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah sumber cahaya dalam sebuah pemotretan baik di dalam ruangan maupun pemotretan di luar ruangan.

17. Infrared Sender

alat fotografi

Alat pendukung fotografi ini memiliki fungsi untuk mengirimkan sinar infrared yang digunakan untuk memancing flash atau lampu studio.

18. Alat Fotografi Trigger

alat fotografi

Trigger merupakan alat fotografi yang memiliki fungsi yang mirip dengan infrared sender yakni berguna untuk menyalakan lampu studio atau flash. Perbedaan kedua alat ini yaitu terletak pada sumbernya. Trigger menyalakan lampu dengan menggunakan gelombang elektron.

19. Barndoors

alat fotografi

Perlengkapan fotografi ini memiliki bentuk persegi empat dengan warna yang gelap. Barndoors ini berfungsi untuk mengarahkan cahaya pada saat cahaya tersebut keluar dari sumber cahaya.

20. Soft Box

alat fotografi

Soft box merupakan alat fotografi yang bahan utamanya terbuat dari kain dengan kerangka di dalamnya yang berbentuk mirip seperti pyramid. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan sifat cahaya yang lembut. Sumber cahaya dari soft box ini berasal dari strobe.

21. Snoot

alat fotografi

Alat bantu fotografi yang satu ini berfungsi untuk memusatkan cahaya pada satu titik sehinga cahaya tersebut tepat mengenai sasaran dan tidak melebar.

Nah, gimana nih sobat, sekarang sudah tau kan macam-macam alat bantu yang biasa digunakan dalam dunia fotografi. Waahh.. ternyata banyak juga ya peralatan yang diguanakan dalam pemotretan hingga menghasilkan foto yang luar biasa. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa simak terus artikel-artikel kami selanjutnya yang pastinya akan menambah wawasan kalian tentang berbagai hal. Stay tune terus ya gaes hanya di elrajab.com.

Tinggalkan komentar

More in Berita, Teknologi
surat keterangan kerja
Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Perusahaan, dan Kuliah

contoh diksi dalam puisi
Contoh Diksi dalam Puisi Agar Puisi Semakin Bermakna

Close