Jenis-jenis Kamera Video beserta Fungsi dan Karakteristiknya

Jenis jenis kamera video – Di jaman serba digital ini pasti kalian tak asing lagi dengan yang namanya kamera yang biasa digunakan sebagai komponen utama alat fotografi. Namun, kamera tak hanya diguanakan sebagai alat memotret saja tetapi juga ada kamera khusus yang digunakan khusus untuk pembuatan video. Kamera video sendiri merupakan sebuah kamera yang diguankan sebagai alat pengambilan sebuah gambar yang bergerak. Gambar bergerak atau biasa disebut dengan video tersebut biasanya digunakan untuk kepentingan periklanan, produksi video, maupun produksi siaran tv. Tak hanya itu saja, kamera video juga biasa digunakan dalam memperketat keamanan suatu tempat. Jenis-jenis kamera video pun terdapat beberapa macam, yang tentunya memiliki fungsi yang beragam pula.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi seputar jenis-jenis kamera video yang tentunya memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Perbedaan karakteristik dan fungsi tersebut sangat mendukung dengan kegunaan dari kamera tersebut. Yuk simak artikel lengkapnya berikut ini!

Jenis-jenis Kamera Video dan Fungsinya

  1. Kamera Studio

jenis jenis kamera video

Dilihat dari namanya saja pasti kita sudah tau ya bahwa kamera ini biasanya diguanakan untuk merekam sebuah gambar bergerak di dalam studio. Jenis-jenis kamera ini biasanya memiliki ukuran yang sangat besar. Ukurannya yang sangat besar ini juga menyebabkan beban kamera ini cukup berat dan kurang cocok jika digunakan di luar ruangan. Untuk menggerakkan kamera ini biasanya dipasangkan roda pada tripod nya.selain dengan menggunakan tripod, kamera ini juga dapat dikendalikan secara hidrolik atau pnematik yakni dengan menggunakan bantuan pedestal studio.

  1. Kamera Lapangan

jenis jenis kamera video

Kamera lapangan merupakan jenis kamera studio yang biasanya diguankan dalam kegiatan yang berlokasi di lapangan atau tempat terbuka. Kamera video jenis ini memiliki ukuran yang relatif kecil jika dibandingkan dengan kamera studio. Penggunaan kamera ini biasanya menggunakan lensa dengan rasio zoom yang lebih tinggi. Tak jauh berbeda dengan kamera studio, kamera ini juga menggunakan alat bantu tripod sebagai penyangganya.

  1. Camcorder

jenis jenis kamera video

Camcorder adalah singkatan dari camera recorder. Jenis kamera video ini merupakan kamera video portable yang dilengkapi dengan videotape recorder. Selain videotape recorder, kamera ini juga bisa ditampah dengan alat perekam gambar lainnya hingga membentuk suatu kamera yang lengkap dan bisa dibawa kemana pun dengan mudah. Kamera ini biasanya digunakan oleh para pemburu berita atau biasa kita sebut dengan wartawan untuk mendapatkan video informasi ter-update.

  1. HDV Camcorder

jenis jenis kamera video

HDV camcorder ini merupakan jenis kamera video porable dengan kualitas tinggi. Tingkat kualitas dari video yang bagus tersebut dikarenakan pada kamera portable jenis ini menggunakan lensa dengan kualitas tinggi serta tambahan alat video recorder superior.

  1. 3D Camcorder

jenis jenis kamera video

Jenis kamera video portable yang selanjutnya adalah 3D camcorder. Melalui 3D camcorder ini, gambar bergerak atau video yang diambil dapat disimpan ke dalam bentuk berkas digital.

  1. Kamera EFP

jenis jenis kamera video

EFP merupakan kepanjangan dari electronic field production. Jenis kamera video yang satu ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Selain itu, kamera ini juga memiliki kemiripan dengan kamera studio yang disertai dengan berbagai macam konfigurasi yang ada pada kamera.

  1. Kamera ENG

jenis jenis kamera video

Berbeda lagi dengan kamera ENG yang merupakan kepanjangan dari electronic news gathering. Jenis kamera video ini merupakan salah satu kamera yang khusus digunakan oleh operator jurnalistik  di tv. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang kamera ENG dapat pula digunakan dalam pembuatan film drama, dokumenter, serta dapat pula digunakan untuk perekaman video pelatihan pada suatu perusahaan.

  1. Kamera HDTV

jenis jenis kamera video

Kamera HDTV merupakan salah satu jenis kamera video yang dapat digunakan di dalam studio maupun di luar ruangan atau di lapangan. Kamera ini menghasilkan gambar yang tajam yang disertai pula dengan ketajaman warna pada video yang dihasilkan. Selain warna, kontras pada videonya pun sangat bagus, bahkan lebih bagus dari kamera televisi standar.

  1. Kamera Sinema Elektronik

jenis jenis kamera video

Jenis kamera video ini merupakan kamera camcorder yang dilengkapi dengan fitur sinematografis baik yang telah terpasang pada kamera atau pun yang belum terpasang pada kamera.10. Kamera Sinema Digital

Kamera DSLR

Kamera Smartphone

CCTV

SIMAK REVIEW CAMCORDER PRO SONY HXR MC 2500 BERIKUT:

Nah, itulah beberapa jenis kamera video yang tentunya memiliki fitur dan kegunaan yang berbeda-beda. Semoga artikrl ini bermanfaat ya sobat dan jumpa lagi di artikel kami selanjutnya. Stay tune terus hanya di elrajab.com.

 

 

Tinggalkan komentar

More in Teknologi
teknik pencahayaan fotografi indoor
6 Teknik Pencahayaan Fotografi Indoor untuk Pemula

teknik fotografi model outdoor
8 Teknik Fotografi Model Outdoor yang Wajib Kamu Tau!

Close