Tempat Wisata Alam Magelang Terbaru dan Menakjubkan

4 min read

wisata alam magelang

Wisata Alam Magelang – Magelang merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Selain Kota Bersejarah dan terdapat berbagai macam budaya yang unik, kota Magelang menyimpan berbagai macam keindahan alam yang tak kalah menarik dengan kota lainnya. Karena keindahan alamnya, di Kota Magelang juga memiliki berbagai macam wisata alam yang kerap dijadikan incaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Jika kamu pergi ke Kota Magelang, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai wisata alam di Kota yang bersejarah ini. nah apa saja sih wisata alam khas magelang yang bisa kamu kunjungi ? yuk simak ulasan di elrajab berikut agar bisa mengetahui tentang wisata alam magelang

1. Wisata Alam Magelang Air Terjun Kedung Kayang

wisata alam magelang

Wisata Alam yang terdapat di Magelang yang pertama yaitu air terjun. Jika kamu berkunjung ke Kota Magelang, tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke air terjun yang terdapat di Kota bersejarah ini. Berwisata ke air terjun mempunyai kenikmatan tersendiri. Kamu bisa menikmat gemricik air dan panorama alam yang menakjubakan.

Salah satu wisata air terjun yang berada di Kota Magelang yaitu Air Terjun Kedung Kayang.

Air Terjun ini terletak di antara dua wilayah yaitu wilayah desa Wonodelo, kecamatan Sawangan magelang dan desa Klakah kecamatan selo boyolali. Air Terjun Kedung Kayang merupakan wisata alam Magelang dengan air setinggi 40 meter.

Aliran air terjun kedung kayang yang sangat deras, dapat membuat kita terasa sejuk dan segar kembali. Untuk dapat menikmati wisata alam magelang satu ini, kamu cukup membayar Rp 2.500. murah sekali bukan ?

2. Wisata Alam Magelang Air Terjun Sekar Langit

wisata alam magelang

Wisata alam dari magelang berikutnya yaitu air terjun sekar langit. Air terjun sekar langit mencapai ketinggian sekitar 25 meter. Di air terjun sekar langit, kamu dapat menikmati jernihnya air yang didominasi dengan warna hijau yang berasal dari tumbuhan. Kamu pasti akan merasa betah jika berkunjung ke Air Terjun Sekar Langit ini.

3. Wisata Alam Magelang Gunung Andong

wisata alam magelang

Wisata alam magelang yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berada di magelang yaitu wisata alam gunung. Gunung yang berada di Magelang tentunya memiliki pesona yang indah dan tak kalah menarik dengan wisata alam gunung di Kota lain. Salah satu wisata alam gunung yang terdapat di magelang yaitu Gunung Andong.

Gunung andong merupakan salah satu gunung yang terdapat di kabupaten magelang. Gunung andong ini mencapai ketinggian mencapai 1.726 mdpl.

Untuk kamu yang pemula dalam hal mendaki, gunung andong ini sangatlah mudah untuk diakses. Ketika kamu sampai di Gunung Andong ini, kamu akan di suguhkan berbagai pemandangan yang indah. Kamu bisa melihat keindahan kota magelang dari atas ketinggian.

4. Wisata Alam Magelang Bukit Tidar Magelang

Wisata alam khas magelang selanjutnya yaitu wisata bukit. Jika kamu menginginkan suasana yang tenang, dan jauh dari keramaian kota, wisata alam bukit bisa menjadi alternatif kamu ketika berkunjung ke Jawa Tengah. Salah satu wisata bukit yang berada di Jawa Tengah yaitu Bukit Tidar Magelang.

Bukit Tidar merupakan taman terbuka hijau yang bisa menyejukkan mata kamu. Selain itu, hamparan tanaman hijau yang sangat luas dapat membuat pikiran kamu terasa fresh dan dapat menghilangkan penat karena padatnya aktivitas.

5. Punthuk Mongkron

wisata alam magelang

Wisata alam ini memiliki panorama yang sangat indah. Bukit dengan ketinggian hampir atau sekitar 624 Mdpl juga tidak kalah indah dengan Punthuk wisata alam lainnya. Lokasi berada di Desa Giritengah, Borobudur, Kab. Magelang, Jateng. Jangan lupa waktu liburan berkunjung ke sana yaa!

6. Bukit Gunung Gono

wisata alam magelang

Bukit Gunung Gono ini termasuk wisata alam yang baru di Kabupaten Magelang. Meski masih baru tapi pengunjung sudah mulai banyak berdatangan dari berbagai kota. Wisata alam ini menyajikan keindahan alam gunung merapi, merbabu, dan hamparan sawah yang sangat hijau. Wisata alam ini sangat cocok untuk selfi dan menikmati keindahan sunrise dan sunset yang bagus. Lokasi berada di Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah.

7. Gardu Pandang Silancur

wisata alam magelang

Wisata alam ini berada di Dadapan, Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa tengah. Jangan lupa berkunjung kawan!

8. Bukit Grenden Pakis

wisata alam magelang

Sesuai dengan namanya, wisata alam ini menyajikan keindahan pohon pinus atau pakis. Banyak spot foto yang bagus di sini. Lokasi berada di Kecamatan Pakis. Magelang, Jawa tengah.

9. Punthuk Sukmojoyo

wisata alam magelang

Wisata ini menyajikan hamparan pohon yang sangat indah di lihat dari bukit. Punthuk Sukmojoyo berada dalam ketinggian sekitar 1000 m dari permukaan air laut. Di sini juga dapat menyaksikan sunrise jika cuaca mendukung. Wisata ini termasuk wisata alam baru di Kabupaten Magelang, tetapi pengunjungnya sudah banyak. Lokasi wisata ini berada di desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang. Musim liburan merupakan pilihan tepat untuk dapat berkunjung ke Puthuk Sukmojoyo ini.

10. Punthuk Setumbu

wisata alam magelang

Satu lagi ni tempat wisata yang cocok untuk mengisi waktu liburan sobat, Punthuk Setumbu namanya. Tinggi dari wisata alam Magelang ini berada di 400 mdpl. Kamu juga dapat melihat sunrise yang sangat indah jika cuaca mendukung. Di sana disediakan tempat untuk bersantai smabil menikmati pemandangan alam seperti kursi dan rumah panggung. Lokasi Punthuk Setumbu berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM 3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng.

11. Gardu Pandang Cepogo

wisata alam magelang

Wisata alam yang sangat populer di Magelang salah satunya adalah Gardu Pandang Cepogo yang berada di Desa Girimulyo, Windusan ini terkenal bagi kalangan muda. Di sana ada spot foto yang berbentuk ikon Love dan dikenakan biaya 5000 untuk masuknya. Silahkan berkunjung untuk menghilangkan kejenuhan setelah sepekan bekerja. Selamat liburan!

12. Omah Pring Magelang

Omah pring sebenarnya pada awalnya adalah tempat untuk belajar membatik. Tempatnya terbuat dari serba pring (bambu). Namun setelah banyaknya pengunjung, tempat ini dijadikan tempat wisata dan kegiatan outdoor bagi kaum pelajar. Lokasi berada di Jalan Borobudur-Sendangsono km 3, Candirejo, Borobudur, Magelang.

13. Punthuk Kendil Magelang

14. Punthuk Mangir Magelang

wisata alam magelang

Wisata yang sangat kekinian adalah Puntuk Mangir Magelang. Tempat ini menjadi tempat selfi dan foto bersama teman, pacar, atau keluarga yang sangat hits. Suasananya sangat sejuk di bawah pohon pinus yang rindang. Lokasi berada di Desa Bawang, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah.

15. Balkondes Wringin Putih

wisata alam magelang

Balkondes Wringin Putih adalah tempat wisata alam pedesaan yang sangat indah bisa melihat perbukitan yang cantik. Di sana banyak terdapat bangunan terbuat dari bambu dan spot foto yang sangat menarik untuk di coba. Lokasi berada di Wringinputih, Borobudur, Magelang.

16. Balkondes Ngadiharjo

17. Balkondes Majaksingi

18. Ketep Pass Magelang

19. Taman Kyai Langgeng

20. Kebun Bibit Senopati

21. Taman Badakan Magelang

22. Kolam Renang Gladiol

23. Bukit Sleker Asri

24. Gending Sukorejo

25. Bukit Barede Magelang

Selain menikmati keindahan alam di bukit tidar magelang, disini kamu bisa sekaligus berwisata religi ke magam syeh subakir, yaitu ulama dari persia yang menyebarkan agama islam di Jawa Tengah. Jangan lupa jua menikmati makanan khas Magelang yang sangat nikmat.